Home >> Sepeda Motor >> Waspada! Inilah Penyebab Ban Motor Menjadi Cepat Botak Atau Gundul
Penyebab Ban Motor Cepat Gundul

Waspada! Inilah Penyebab Ban Motor Menjadi Cepat Botak Atau Gundul

Ban merupakan salah satu dari bagian sepeda motor yang sangat penting dan krusial. Dengan adanya kondisi ban yang prima dan baik tentunya akan membuat perjalanan seseorang akan menjadi lebih nyaman dan aman. Namun sebaliknya, jika kondisi ban sepeda motor yang kita kendarai dalam kondisi yang botak atau halus, pasti tentunya hal tersebut akan menjadikan perjalanan kita menjadi tidak nyaman dan bahkan penuh rasa kekuatiran dan kecemasan terhadap keselamatan diri kita sendiri.

Dan yang menjadi salah satu penyebab seringnya terjadi kecelakaan adalah karena masalah ban yang botak atau tipis. Pada umumnya ban sepeda motor dibuat atau didesain untuk dapat bertahan selama 1,5 sampai 2 tahun. Akn tetapi terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ban sepeda motor menjadi cepat botak atau halus yang tidak sesuai dengan kondisi ketahanan ban tersebut.

Penyebab Ban Motor Cepat Gundul

Beberapa penyebab ban sepeda motor menjadi cepat botak 

  • Jarang Membersihkan Ban Sepeda motor

Pastinya kita menggunakan sepeda motor dalam setiap harinya, maka sudah dapat di pastikan jika ban sepeda motor yang kita kendarai sehari – hari akan bersentuhan dengan berbagai macam benda atau bahan yang ada dijalanan. Dan tidak  jarang sekali apabila ban sepeda motor yang kita kendarai menginjak  benda atau bahan – bahan yang terdapat dijalan tersebut, dan pastinya tidak semua bahan atau benda yang terdapat di jalanan itu baik, terkadang terdapat bahan – bahan yang berbahaya yang tumpah di jalanan dan terinjak oleh ban sepeda motor pengendara. Dan ban sepeda motora yang terkena bahan atau benda yang berbahaya tersebut pasti akan mengalami kondisi yang tidak baik. Dan bahan – bahan kimia yang sering kali menjadi  laganan terinjak oleh ban sepeda motor adalah seperti oli, bensin, cat dan lain – lainya. Padahal bahan – bahan kimia yang seperti itu sangat tidak baik terhadap kondisi ban sepeda motor, terlebih – lebih jika ban sepeda motor terkena atau terdapat benda – benda pada yang menempel pada ban sepeda motor, tentunya hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap keselamatan atau konbdisi ban sepeda motor , hal demikian jika tidak kita perhatikan dengan sungguh – sungguh akan menyebabkan kondisi ban sepeda motor menjadi cepat halis atau bahkan akan terjadi ban meletus. Maka untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya anda sering – seringlah untuk membersihkan ban sepeda motor yang anda miliki, terlebih – lebih di saat ban dalam kondisi yang sangat kotor sehabis digunakan untuk melakukan perjalanan di jalan yang sangat kotor. Maka dengan seringnya kita membersihkan ban sepeda motor, hal tersebut dapat mengatasi atau menimalisir terjadinya kerusakan pada ban termasuk ban gundul atu tipis.

  • Berkendara Dengan Kecepatan Yang Tinggi

Salah satu penyebab cepatnya ban benjadi botak atau gundul yaitu karna seringnya menggunakan atau mengendarai sepeda motor dalam kedaan kecepatan yang tinggi. Hal tersebut dapat dibuktikan karna berkendara dengan menggunakan sepeda motor dalam kecepatan yang tinggi, maka anda pastinya juga akan lebih sering melakukan pengereman secara mendadak, tentunya hal itu sangat berpengaruh dan tidak baik terhadap kondisi ban sepeda motor yang anda kendarai. Maka kebiasan mengebut di saat mengendarai sepeda motor  lebih baik anda hindari demi menjaga kondisi ban sepewda motor agar dapat awet dan perima juga tidak cepat botak atau tipis.

  • Kurangnya Tekanan Angin

Kurangnya tekanan angin pada ban mungkin hal yang sangat sepele, namun perlu anda ketahiu hal yang sepele seperti kekurangan angin pada ban sepeda motor akan berdampak buruk terhadap kondisi ban sepeda motor. Kondisi ban sepeda motor yang kekurangan tekanan angin akan membuat ban menjadi cepat keausan dan tidak hanya itu, kondisi ban yang kekurangan tekanan angin akan membuat ban mengalami kebocoran dan kerusakan pada pelek sepeda motor. Maka dari itu sebelum anda mengendarai sepeda motor alangkah baiknya anda memperhatikan terlebih dahulu terhadap kondisi ban sepeda motor anda apakah kekurangan angin atau tidak. Dan usahakan untuk menyesuaikan tekanan angi pada ban sepeda motor sesuai dengan rekomendasi dari pabrik ban motor tersebut.

  • Mengangkut Beban Yang Berat

Dan penyebab yang selanjutnya yang dapat menyebabkan ban sepeda motor menjadi cepat botak atau gundul adalah ban terlalu banyak mengangkut beban yang berat – berat dalam waktu yang lama dan keseringan. Padahal beban yang dimuat yang melebihi bobot maksimum sepeda motor, maka hal itu dapat menyebabkan bahaya. Dengan semakin banyaknya beban yang di angkut, maka permukan ban sepeda motor akan semakin tertekan pada aspal atau jalan yang lainya dan ban akan semaki melebar. Maka dampaknya jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan kondisi ban akan cepat mengalami kerusakan salah satunya yaitu akan cepat botak atau tipis. Maka ketika anda akan mengangkut beban, maka sesuaikanlah dengan kapasitas beban yang telah di tentukan agar tidak membuat ban atau sepeda motor anda cepat rusak.

Maka dengan adanya beberapa beberapa penyebab tersebut, tentunya kita harus lebih memperhatikan kondisi sepeda motor kita terutama kondisi ban motor. Karena kondisi ban motor juga akan sangat mempengaruhi terhadapa kenyamanan dan keamanan seseorang di saat berkendara. Dan jika kita tidak bisa memperhatikan hal tersebut dengan benar bahkan mensepelekan maka hal tersebut akan sangat membahayakan kita anda.  Dan tentunya didalam berkendara kita harus lebih mengutamakan masalah keamanan dan kenyamanan, sehingga diri kitapun dapat terselamatkan dari bahaya – bahaya yang ada di jalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.