Home >> Kesehatan >> Tips Meningkatkan Energi Dan Aktif Sepanjang Hari

Tips Meningkatkan Energi Dan Aktif Sepanjang Hari

Bagi anda yang sering mengalami lemah, lesu, letih, kelelahan, frustasi berarti itu tanda kalau energi anda menurun. Hal hal tersebut wajar terjadi karena gaya hidup anda yang sibuk dan banyak sekali pikiran. Namun bagi anda yang memiliki kebiasan buruk yang mengakibatkan menurunnya energi sekarang ada solusi meningkatkan energi menjadi normal dan membuat tubuh anda menjadi lebih semangat. Cara meningakatkan energi tergantung anda sendiri karena berhubungan perasaan, diet, dan kegiatan yang membuat hasil bagus dalam seketika. Dan berikut tips bagaimana cara meningkatkan energi agar tetap aktif serta membuat diri lebih semangat, berikut tipsnya antara lain:

Tips Meningkatkan Energi Serta Tetap Aktif Setiap Hari

  1. Sarapan Makanan Yang Tinggi Karbohidrat Dan Serat

Dengan anda sarapan seral tinggi serat dengan susu yang rendah lemak akan memberikan energi yang di butuhkan sampai makan siang. Jadi bagi anda sarapan dengan makanan yang tinggi karbohidrat serta serat akan lebih aktif sampai  makan siang anda. Tidak itu saja jika anda rutin sarapan  akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan.

Sumber Energi Sehat
  1. Sering Seringlah Makan Biji-bijian Dan Kacang-kacangan Sebagai Cemilan

Tahukah anda pada kacang kacangan dan biji biSian mengandung magnesium, dimana zat magnesium tersebut akan selalu menjaga energi pada tingkat tinggi. Jadi dengan anda rutin mengkonsumsi makanan ringan tersebut maka energi anda akan tetap terjaga.  Jadi bagi anda yang kurang mengkonsumsi biji bijian dan kacang kacangan maka energi anda akan rendah dan akan mengakibatkan di anda lemah, lesu, letih.

  1. Makan Ikan Dua Kali Seminggu

Minimal konsumsilah ikan 2 kali dalam seminggu, karena ikan memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan seperti asam lemak omega 3, serat dengan protein, vitamin serta mineral.  Dengan anda sering mengkonsumsi ikan resiko akan terkenan penyakit jantung akan menurun, lalu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan serta menambah energi anda.

  1. Berjalan Dipagi Hari

Di pagi hari adalah waktu yang baik untuk menghirup udara segar, karena oksigen yang tersedia masih banyak. Dengan anda bejalan minimal 10 menit sebelum serapan akan memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh seperti meningkatkan metabolisme, membakar kalori dan mambangun organ. Namun lebih baiknya lagi jogging di pagi hari karena bisa membakar kalori lebih banyak dan membuat tubuh menjadi sehat

  1. Istirahat Disiang Hari

Setelah bekerja keras di pagi hari pasti membuat tubuh dan otak lelah.  Dengan kerja yang keras otak dan tubuh perlu istirahat, cara yang tepat untuk mengistirahatkan badan disiang hari yaitu tidur singkat setelah makan. Dengan anda tidur singkat di pagi hari akan memberikan efek baik selaian meningkatkan energi yaitu penghilang stress dan juga mengistirahatkan jantung agar tetap baik.

  1. Olahraga Disore Hari

Pastinya sehabis kerja di pagi dan siang hari tubuh terasa sangat capek, dan sore adalah waktu yang cocok untuk istirahat. Iya menang enak buat istirahat tetapi alangkah lebih baiknya dibuat berolahraga. Olahraga disore hari juga memberikan enrgi di fisik maupun mental, jadi jika anda punya waktu luang di sore hari buatlah olahraga ntah itu jogging ataupun olahraga berat. Lakukan olah raga di sore hari secara teratur.

  1. Tetap tenang dan Mengatur Emosi

Dalam kondisi marah maka energi pada tubuh akan terkuras yang berakibat setelah marah di anda akan lelah dan letih. Jadi mulai sekarang agar lebih tenang dalam ngatasai apapun. Karena dengan tenang membuat anda tidak gelisah.

  1. Mengendalikan Stress

Jika anda berhasil mengendalikan stress akan berefek baik pada tubuh karena bisa menjaga lebih baik energi dan bisa di gunakan untuk kegiatan penting lainnya. Tahukah anda kalau stress dapat membuat otak, tubuh dan perut menjadi lelah.jadi jaga diri anda agar tidak stress seperti: yoga, meditasi, relasi dan berkumpul dengan teman teman serta keluarga.

  1. Tetapkan Prioritas

Mungkin sebagaian orang memiliki banyak hal yang perllu di lakukan, dengan banyaknya kegiatan tersebut sampai sampai tidak ada waktu untuk istirahat. Jadi mulai sekarang pikirkan lagi prioritas anda dan jangan lakukan hal hal yang tidak perlu karena bisa menghabiskan banyak energi bahkan bisa mnegelurkan uang anda.

  1. Minum Kopi Pada Batas Yang cukup

Bagi anda yang memiliki jadwal di esok hari di usahakan jangan minum kopi di malam hari, karena kopi mengandung kafein yang membuat insomia. Dengan anda minum kopi di malam hari maka akan susah tidur yang berakibat keesokan harinya anda kelelahan.  Meskipun banyak orang mencari bebrapa prodakkopi untuk meningkatkan energi, itu memang benar namum konsumsilah pada batas yang cukup.

  1. Kurangi Mengkonsumsi Alkohol Dan Rokok

Kandungan alkohol sebenarnya sangat tidak baik untuk tubuh, selain membuat tubuh insom alkohol juga bisa  memutuskan beberapa saraf pada otak. Selain itu alkohol juga bisa membuat organ pencernaan menjadi busuk. Jadi bagi anda yang sering mengkonsumsi alkohol  segera lah berhenti karena selain menguras energi karena juga tidak baik untuk kesehatan. Selain alkohol yang tidak bagus untuk kesehatan, perlu anda ketahui bahwa anda sering merokok  juga membuat anda sering kelelahan. Jadi berhentilah merokok dan mengkonsumsi rokok karena tidak memiliki efek positif.

  1. Tidur Nyenyak Dimalam Hari

Istirahatlah di malam hari sekitar 7-8 jam, karena tubuh membutuhkan istirahat setelah seharian penuh bekerja. Jika anda malam begadang maka ke esokan harinya anda akan merasa lesu letih dan tidak fit. Selain itu begadang juga tidak baik untuk kesehatan,jadi tidurlah dengan nyenyak agar di keesokan harinya anda akan fit dan aktif dalam  bekerja.

  1. Perbaiki Mood

Mood ini sangat penting untuk membangun energi, jika suasana hati anda buruk pasti untuk melakukan pekerjaaan atau beraktifitas akan males. Carilah kegiatan yang bisa membuat suasana hati anda bisa senang seperti menonton vidio atau film, pijitan dan banyak lagi. Setelah suasana hati anda senang maka untuk beraktifitas  akan senang dan mudah.

  1. Mendengarkan Musik Faforit

Sudah terbukti bahwa musik bisa meningkatkan energi.  Frekuensi dari musik akan menambah energi pada perasaan anda yang lelah letih. Jadi bagi anda yang memiliki pekerjaan yang membuat diri anda jenuh, bekerja lah  dengan di iring i musik karena akan membuat diri  anda senang dan lebih berenergi. Namum terkadang ada seseorang yang sedang bekerja tidak bisa di ganggu dan tidak suka di iringi musik, jadi sesuikan dengan diri anda sendiri anda pada tipe mana suka bekerja dalam keadaan tenang atau bekerja sambil di iring i musik.

  1. Peregangan dan Break Sesaat Dengan Teratur

jika anda bekrja d kantor atau bekerja hanya di depan komputer dalam waktu berjam jam.lakukan lah break setiap 30 menit ntah itu melemaskan otot atau melihat cendela sambil minum. Kelihatannya hal tersebut sangat simpel namun sangatlah penting untuk kesehatan.

Nah tadi cara untuk meningkatkan energi,lakukanlah secara teratur pada keseharian anda.  Dengan anda melakukan kegiatan tersebut secara teratur selain menambah energi namun juga bisa membuat tubuh menjadi sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.