Home >> Tips Dan Trik >> Tips Memilih Tas Ransel untuk Sekolah
Tips Memilih Tas Ransel untuk Sekolah

Tips Memilih Tas Ransel untuk Sekolah

Bagi anak sekolahan, memilih tas untuk sekolah merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Anak sekolahan akan benar-benar memilih tas sekolah yang terbaik dan akan memikirkan mengenai model, warna, dan segala halnya.

Anak sekolahan juga akan mempertimbangkan faktor yang sangat penting yaitu fungsi tas dan bisa berapa banyak muatan yang bisa termuat di tas tersebut, ikutilah tips berikut ini agar tas yang kalian pilih sesuai dengan apa yang kalian inginkan dan cocok untuk kalian.

Memilih Fitur Tas

Fitur Tas Ransel
Fitur Tas Ransel

1. Ukuran dan Kantungnya. Tentukan ukuran tasnya dan berapa banyak muatan yang akan kalian bawa ke sekolahan, kalian juga harus memikirkan kantung yang di perlukan. Mahasiswa, anak SMA, SMP, TK, dan SD memiliki kebutuhan yang berbeda-beda tidak ada yang sama, inilah beberapa hal yang harus kalian ingat ialah :

  • Apakah kalian membutuhkan ruang untuk laptop?
  • Apakah kalian membutuhkan tempat untuk menyimpan kunci, alat tulis atau benda kecil yang lain?
  • Berapa banyak buku catatan atau buku sekolah yang akan kalian bawa setiap kali sekolah?
  • Apakah kalian membutuhkan tempat untuk meletakkan makan siang?
  • Apakah kalian membutuhkan tempat untuk meletakkan ponsel atau botol?

2. Pilihan Kainnya. Kain dari tas ransel ini akan menentukan beratnya, keawetan dan ruang untuk udaranya, kalian kalau tidak benar-benar memilih kain yang bagus dan awet nanti akan sangat kecewa di akhirnya.

  • Kain sintetis yang baru akan sangatlah awet, akan tetapi kalau bahan kulit bisa menua dan akan memberi karakter pada tas tersebut.
  • Kain sintetis akan lebih ringan di bandingkan dengan kulit. Jika kalian memilih tas yang berbahan kulit, tas akan lebih berat meskipun belum di isi dengan barang-barang.
  • Kain sintetis seperti halnya nilon dan polyester bisa lebih tahan air jika di bandingkan dengan serat alami seperti kain katun.
  • Serat alami seperti halnya rami sifatnya lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan dari pada kain sintetis, jika kalian menginginkan tas yang bisa ramah lingkungan maka pilihlah tas yang berbahan serat alami.

3. Periksalah ritsletingnya. Perhatikan penutup dari kantungnya, pastikan kuat dan mudah di tutup agar kalian tidak kesulitas di dalam menutupnya.

  • Pilihlah ritsleting yang berkepala ganda, agar memiliki akses yang sangat mudah.
  • Carilah ritsleting yang kuat dan tidak mudah rusak agar bisa di gunakan dalam jangka waktu lama.

4. Pertimbangkan Gaya Masa Kini. Gaya atau model ialah fitur yang harus di perhatikan untuk memilih tas sekolah, kalian pasti menginginkan tas yang terbaik, tas keren dan serupa seperti halnya tas yang sedang trend sekarang ini.

  • Tas dengan kain yang bermotif memanglah sedang trend sekarang ini, walaupun seperti itu kalian juga harus mempertimbangkan kain yang berwarna polos, karena tas ini yang akan kalian gunakan di sekolah setiap hari dan harus sesuai dengan beragam busana yang kalian gunakan.
  • Sekitar dari setengah jumlah tas yang di produksi oleh perusahaan pembuat tas terbesar yaitu tas yang berwarna hitam, kalau kalian menginginkan tas yang tidak berwarna mencolok dan cocok untuk busana apapun pilihlah tas yang berwarna hitam karena warna hitam merupakan warna yang netral.
  • Cobalah untuk memilih tas yang ramah lingkungan, tas yang terbuat dari bahan daur ulang atau yang ramah dengan lingkungan sekarang ini sangat trendi.

Pilihlah Tali dan Busa Bahu

Tali dan Busa Bahu Pada Tas Ransel
Tali dan Busa Bahu Pada Tas Ransel

1. Pertimbangkan Tali dan Busa Bahu Pada Tas. Kalian juga harus memikirkan kenyamanan tali pada tas, seberapa banyak atau seberapa tebal busa yang kalian butuhkan untuk membawa beban pada tas agar tetap nyaman dan aman untuk kalian.

  • Di dalam memilih tas juga harus memperhatikan tali bahunya, pilihlah tali bahu yang lebar dengan busa untuk menopang bobot pada bahu kalian. Jangan kalian memilih tas yang tali bahunya tidak ada busanya, karena kalau tidak ada busanya akan membuat kalian tidak nyaman menggunakannya.

2. Pilihlah Tas dengan Tali Bahu yang Bisa di Atur. Mengapa tali bahunya harus bisa di atur? Karena supaya kalian bisa menempatkan tas dengan kuat pada bagian yang terkuat pada punggung kalian.

  • Jika tas kalian terlalu panjang atau terlalu pendek maka akan membuat bahu kalian sakit punggung yang akhirnya membuat kalian tidak nyaman, apalagi kalau muatan yang ada ada tas sangat berat. Menurut akademi Pediatri Amerika, tas ransel anak-anak harus terletak sekitar kurang lebih 5 cm di atas pinggang.

3. Pilihlah Tas yang Memiliki Tali Dua Bahu Bukan Hanya Satu. Pilihlah tas yang memiliki tali bahu yang sepasang, jika kalian menggunakan tas dengan tali bahu yang hanya satu nanti akan menimbulkan masalah kesejajaran punggung dan masalah tulang punggung atau bisa juga terjadi cedera leher dan bahu.

4. Pertimbangkan Penggunaan Tali Pinggang. Jika kalian memanglah sering membawa muatan yang banyak yang akhirnya bobotnya berat maka kalian supaya memilih tas yang memiliki tali pinggang, karena dengan menggunakan tali pinggang bisa membagi bebannya dengan merata.

5. Pertimbangkan Bagian Punggung dengan Busa. Kalian juga harus memperhatikan hal ini, karena hal ini juga penting untuk memilih tas ransel untuk sekolah

  • Beberapa tas ada yang tidak memiliki busa di bagian punggungnya dan ada yang memiliki busa di bagian punggungnya agar pemakainya nyaman.

Memilih Jenis Tas Ransel

Jenis Tas Ransel Messenger
Jenis Tas Ransel Messenger

1. Pertimbangkan Tas dengan Gaya Messenger. Tas yang memiliki dua tali bahu akan membagi bebannya secara merata dan lebih baik serta nyaman untuk punggung kalian, akan tetapi tas dengan gaya messenger juga bergaya, tentukan mana yang lebih baik bagi kalian.

2. Lihat Tas dengan Bukaan Atas dan Tas dengan Retsleting Penuh. Tas ransel klasik mempunyai retsleting yang berawal dari bagian satu sisi, melewati bagian atas sampai dengan sisi yang satunya. Ada beberapa tas yang lain yang hanya memiliki bukaan di atas dan mungkin saja memiliki tutup yang bisa di lipat sebagai ganti dari retsleting.

  • Tas yang mempunyai retsleting penuh dapat memudahkan kalian untuk mengeluarkan barang dengan ukuran yang besar atau beberapa barang sekaligus.
  • Tas yang memiliki bukaan atas bisa memberikan ruang yang lebih, karena penutup yang atas bisa di kancingkan untuk mengikat barang yang menjuntai seperti halnya jaket.

3. Pertimbangkan Tas dengan Roda. Pada beberapa tahun belakangan ini tas ransel yang memiliki roda yang bisa di tarik bukanlah di angkat sekarang ini menjadi popouler, tas seperti ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk kalian yang selalu membawa barang yang banyak dan dengan bobot yang berat.

  • Ingatlah bahwa tas yang memiliki roda akan lebih berat meskipun belum di isi dengan barang-barang karena ada tmbahan kerangka, roda, dan pegangannya. Jika tas ini untuk anak-anak, pastikan mereka bisa membawanya, saat kalian harus mengangkatnya bobotnya akan lebih berat dari pada tas yang lainnya.
  • Tas yang memiliki roda akan lebih sulit jika di pindahkan, jika sering pergantian kelas maka jangan memilih tas seperti ini.
  • Tas dengan roda sangat baik dan cocok untuk kalian yang membawa barang dengan beban yang berat seperti buku pelajaran jika memang kalian tidak mau menggendongnya di punggung.
  • Beberapa sekolah ada yang tidak memperbolehkan membawa tas roda, maka jika kalian ingin membelinya periksalah terlebih dahulu.

Menentukan Tempat untuk Membelinya

Membeli Tas di Internet
Membeli Tas di Internet

1. Tentukan Membelinya Lewat Internet atau Langsung. Banyak keuntungan jika membelinya di internet, akan tetapi lebih baiknya agar kalian pas dengan apa yang kalian inginkan ya membelinya secara langsung di tokonya.

  • Membelinya lewat internet atau membeli secara online bisa mendapatkan banyak pilihan dengan harga yang lebih rendah.
  • Berbelanja secara langsung memungkinkan kalian memilih dengan tepat yang sesuai keinginan kalian, bisa mencobanya, melihat fitur-fitur tambahan yang terdapat pada tas tersebut.

2. Pilihlah Sebuah Toko. Tas ransel tersedia di berbagai toko, toko yang besar akan menawarkan dengan harga yang lebih rendah, akan tetapi toko-toko khusus memiliki banyak pegawai yang ahli, maka dari itu pertimbangkan hal ini juga.

  • Toko-toko online biasanya mempunyai harga yang lebih rendah.
  • Kalian bisa membeli di toko yang besar, karena di sana banyak pilihannya agar kalian bisa memilih tas yang cocok untuk kalian.
  • Membeli di perusahannya secara langsung atau di pabriknya, agar kalian dapat mendapatkan harga yang lebih murah daripada di toko-toko lain.

3. Cobalah Memakai Tas Secara Langsung. Mungkin sangat menggoda jika kalian membelinya di internet, akan tetapi lebih baiknya jika kalian mencobanya secara langsung agar kalian lebih tahu apakah ada tambahan fitur yang kalian butuhkan atau tidak dan cocok dengan kalian atau tidak.

  • Cobalah tas yang akan kalian beli, untuk memastikan bahwa kalian nyaman atau tidak memakainya dan bisa di sesuaikan sampai kalian cocok dengan tas tersebut.
  • Saat kalian melihat tas secara langsung, lihatlah bagian dalam tas tersebut agar kalian mengetahui fitur-fitur tambahan. Sering kali fitur tersebut tidak di perlihatkan di toko online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.