Home >> Tips Dan Trik >> Tips Merawat Rambut Bagi Perempuan Muslimah yang Berhijab.

Tips Merawat Rambut Bagi Perempuan Muslimah yang Berhijab.

Rambut tentunya telah menjadi sebuah mahkota bagi setiap perempuan. Sehingga rambut adalah salah satu bagian tubuh yang harus dirawat dan dijaga. Meskipun sering kali ditutupi terus-menerus, bukan berarti perempuan muslimah tidak bisa merawat dan menjaga kesehatan rambutnya. Memang cara merawat rambut bagi perempuan muslimah yang berhijab sedikit berbeda dengan rambut orang yang tidak berhijab. Tapi jika anda merawatnya dengan cara yang benar dan tepat maka andapun juga bisa mendapatkan rambut yang sehat meskipun di sepanjang hari selalu berhijab.

Sering kali permasalahan yang diimiliki oleh perempuan yang berhijab adalah rambut yang menjadi lepek, merasa berkeringat dan berminyak, berketombe, bahkan rontok sekalipun. Karena memang seharusnya rambut itu dasarnya harus terkena udara dan sinar matahari yang cukup. Tetapi tak usah risau akan cara merawat rambut bagi anda perempuan yang berhijab. Berikut ini saya sudah merangkum beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk bisa merawat rambut anda meskipun dalam keadaan berhijab. Inilah beberapa tipsnya:

  • Selalu pastikan rambuat anda dalam keadaan kering sebelum mengenakan hijab.

Untuk yang pertama ini hukumnya sangat wajib bagi anda yang tetap ingin merawat dan menjaga kesehatan rambut anda meskipun dalam keadaan berhijab. Karena jika anda teruru-buru mengenakan hijab dalam keadaan rambut yang masih basah, hal ini akan membuat rambut anda berbau tidak sedap, akan memunculkan ketombe karna kondisi kulit kepala yang masih lembab, dan dapat memicu adanya rasa gatal pada kulit kepala.

Selain itu, bagi anda yang memiliki masalah rambut rontok, hal ini akan lebih memperparah kerontokan rambut anda. Tak mau bukan jika semua hal yang diatas terjadi pada rambut anda? Maka dari sekarang pastikanlah rambut anda dalam kondisi selalu kering sebelum mengenakan hijab. Namun, jika anda dalam kondisi terlalu terburu-buru untuk mengeringkan rambut anda dapat menggunakan bantuan dari hairdyer guna untuk mengeringkan rambut anda dengan lebih cepat.

  • Rutin mencuci rambut dan keramas.

Hal ini berlaku guna untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut anda. Dan juga merupakan faktor terpenting diantara beberapa cara merawat rambut yang lain. Kebersihan rambut juga perlu dijaga, bagai mana bisa mendapatkan rambut yang sehat jika kita jarang untuk membersihkannya? Anda harus rajin dan rutin untuk membersihkan rambut anda setiap dua hari sekali atau setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Kalau bisa pilihlah shampo yang dilengkapi dengan vitamin untuk menjaga kesehatan rambut. Dan anda juga dapat melengkapinya dengan memberikan condisioner dan masker untuk rambut. Kedua hal ini akan sangat membantu anda untuk bisa merawat rambut dengan benar. Serta jangan lupa juga untuk membeberikan vitamin untuk rambutada di saat setelah keramas.

 

  • Pilihlah jenis hijab yang dapat menyerap keringat dan dengan warna yang soft.
  • Pintar Dalam Memilih Jenis Hijab
    Pintar Dalam Memilih Jenis Hijab

Pemilihan jenis hijab juga penting untuk merawat rambut anda. Seiring dengan trend fashion yang terus berkembang menyebabkan adanya berbagai jenis dan warna hijab yang tersedia sampai dengan saat sekarang ini. oleh karena itulah, pilihlah hijab yang mempunyai bahan dapat menyerap keringat dan  yang berwarna lembut atau soft.

Karena biasanya di saat memakai hijab rambut seseorang itu akan lebih cepat terasa lepek dan berkeringat. Nah, keringat yang berlebih inilah akan menjadi faktor utama munculnya berbagai masalah pada rambut. Anda dapat lebih memilih hijab yang berbahan katun atau kaos dalam masalah ini. dan juga usahakan untuk hanya memilih hijab yang berwarna sost saja, karena hal ini akan membuat kulit kepala terasa lebih sejuk dibandingkan dengan warna lain.

  • Jangan pernah mengikat rambut dengan terlalu kuat dan kencang.

Di saat sedang mengenakan hijab rata-rata perempuan akan mengikat rambutnya. Namun, ingatlah untuk tidak mengikat rambut ini terlalu kuat dan kencang. Sehingga hal ini akan membuat rambut anda rusak dan mudah patah. Selain itu, hal ini juga akan bisa membuat rambut anda bercabang. Apalagi jika anda ingin mengikat rambut dalam keadaan masih basah, hal ini pastinya juga tidak akan diperbolehkan jika anda tetap ingin merawat rambut anda.

Dan jangan lupa untuk mengistirahatkan rambut anda dengan cukup. Pada saat rambut anda beristirahat lepaslah ikatan rambut anda karena rambut juga perlu bernafas setelah sekian lama diikat. Hal ini akan membuat rambut anda terlihat lebih segar dan lebih sehat. Serta akan meminimalisir kerontokan dan adanya ketombe pada rambut.

  • Mengonsumsi makanan yang rendah lemak.
    Berbagai Macam makanan Rendah Lemak
    Berbagai Macam makanan Rendah Lemak

Setelah mengoptimalkan beberapa usaha anda agar dapat merawat rambut dari luar. Anda juga perlu untuk merawatnya dari dalam. Yakni dengan mengonsumsi makanan yang rendah lemak. Serta yang kaya akan protein, vitamin C, Vitamin B12, vitamin B6, dan zat besi yang dapat memberikan nutrisi penting yang diperlukan oleh rambut. Bebrapa makan ini seperti bebrapa jenis buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Nah, sekarang anda lebih memahami bagaimana caranya agar bisa merawat rambut meskipun dalam kondisi memakai hijab bukan? Jadi, tak akan ada lagi alasan untuk tidak mengenakan hijab karena takut rambut akan menjadi rusak. Itulah tadi beberapa tips yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.