Home >> Kesehatan >> Ternyata Otak Manusia Butuh Membaca
girl reading book

Ternyata Otak Manusia Butuh Membaca

Manfaat Membaca Untuk Otak

Membaca adalah salah satu kegiatan yang telah dilupakan oleh kebanyakan orang, mereka lebih memilih menonton video daripada mempelajari sesuatu dari membaca. Begitu juga yang diajarkan pada anak-anak, mereka hanya diajarkan cara membaca dan setelah itu mereka tidak diajak untuk terus membaca.  Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya otak kita sangat memerlukan membaca untuk terus membuat memori otak kita berkembang. Selain itu kami merangkum otak manusia butuh membaca bagi otak kita.

Manfaat Membaca Untuk Otak

Otak Manusia Butuh Membaca :

  1. Membaca Mampu Melatih Otak

Hasil sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa dengan membaca buku yang bagus dapat meningkatkan konektifitas otak dan juga perubahan saraf permanen yang sama halnya dengan latihan otot. Itu terjadi karena membaca dapat mengaktifkan berbagai lokasi otak secara serentak. Juga saat membaca otak akan bekerja lebih keras secara neurobiologis dibandingkan ketika otak memproses suatu  rangsangan visual atau audiovisual.

Terlebih bagi anak-anak yang masih berada dalam usia emas, otak akan mengalami perkembangan yang sangat pesat dan tentunya sangat baik bagi perkembangan sang anak. Hasil dari sebuah penelitian juga menunjukan bahwa membaca untuk anak dengan gaya interkatif dapat meningkatkan IQ hingga mencapai 6 poin.

  1. Membaca Memberikan Pengalaman Baru Tanpa harus Mengalami Langsung

Dan mungkin kita pernah merasakan membaca suatu cerita yang sangat menarik dan membuat kita seolah-olah benar-benar berperan sebagai pelaku utamanya. Dan itu ternyata sudah terbukti menurut penelitian dan benar-benar terjadi secara harfiah, karena membaca dapat membawa perubahan biologis pada otak pembaca. Hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa dengan membaca buku dapat meningkatkan kegiatan otak pada daerah temporal bagian kiri yang sangat berhubungan dengan penerimaan bahasa.

  1. Membantu Mempertajam Ingatan

Ini dikarenakan ketika kita sedang membaca kita diharuskan mengingat akan banyak hal dari latar belakang, ambisi, karakter, nuansa, serta berbagai alur cerita lainnya yang ada sepanjang dalam cerita. Meski kelihatan terlalu banyak untuk diingat oleh otak kita, ternyata otak merupakan organ yang sangat luar biasa istimewa karena mengingat suatu kejadian tersebut tidaklah terlalu sulit untuk otak kita.

Dan setiap memori yang dibuat oleh otak akan membentuk sinapsis (jalur otak) atau sebuah ruangan baru dan juga memperkuat ingatan atau memori yang sudah ada. Tentunya ini akan sangat bermanfaat dalam membantu mengingat memori jangaka pendek juga menstabilkan suasana dalam hati. Dan yang lebih mengagumkan lagi itu akan menjadi permanen ada dalam otak kita.

  1. Membantu Meningkatkan Analisa

Di saat kita membaca otak kita juga akan dituntut untuk menganalisa dan juga mensortir beberapa informasi yang ada di dalam cerita atau sebuah bacaan. Tentunya hal ini sama halnya dengan kita membaca sebuah cerita detektif atau misteri, dimana kita dituntut untuk berusaha ikut menganalisa dengan memperhatikan keterangan-keterangan yang ada dalam bacaan agar dapat menentukan pelaku atau tokoh antagonisnya.

  1. Melatih Konsentrasi

Di era yang selalu mengandalkan internet ini memang membuat kita tidak bisa berfokus pada satu kegiatan saja. Dalam waktu 5 menit saja kebanyakan orang akan membagi tugasnya antara membaca artikel, chat dengan beberapa orang, memantau keadaaan social media, dan melakukan interaksi lainnya. Namun dengan membaca sesuatu yang menarik itu dapat membuat kita berkonsentrasi dan berfokus hanya pada satu bacaaan dan itu dapat meningkatkan tingkat konsentrasi kita dalam melakukan sesuatu.

Itulah sedikit mengenai penjelasan otak manusia membutuhkan membaca agar dapat terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.