Home >> Kesehatan >> BPJS Kesehatan >> Pengertian, Cara Mendaftar Dan Berobat Dengan BPJS Kesehatan

Pengertian, Cara Mendaftar Dan Berobat Dengan BPJS Kesehatan

Pengertian, Cara Mendaftar Dan Berobat Dengan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan adalah salah satu lembaga social masyarakat yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dalam taraf Nasional. BPJS Kesehatan sendiri memiliki landasan hukum yang kuat yaitu undang-undang dasar 1945 nomor 40 tahun 2011 mengenai Lembaga Jaminan Sosial Masyarakat. Bagi masyarakat yang ingin menikmati kemudahan dalam pelayanan kesehatan adalah dengan mendaftar menjadi perserta BPJS Kesehatan. Untuk saat semua masyrakat bisa menjadi peserta BPJS dengan mendatangi kantor BPJS yang ada di setiap provinsi, bagi masrayakat yang tidak mau keropotan dalam soal pendaftaran. BPJS Kesehatan sudah menyiapkan aplikasi ponsel dan website untu proses pendaftaran secara online. Informasi mengenai pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan secara online akan kami ulas dibawah artikel ini.

BPJS Kesehatan sendiri mempunyai fungsi untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan terhadap peserta maupun pemberi kerja yang sudah terdaftar secara resmi di lembaga Ini. Dahulunya lembaga ini adalah PT. Askes Indonesia yang juga merupakan lembaga Jaminan social, kemudian diambil alih dan berubah nama menjadi BPJS Kesehatan. Adapun Tugas dari BPJS Keseatan sendiri adalah mengambil dan memungut iuran dari peserta dan juga pemberi kerja sesuai dengan tarif jaminan kesehatan yang dipilih, kedua adalah memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan peraturan dan tarif yang sudah ada. Tugas-tugas BPJS lainnya bisa and abaca di halaman berikutnya. Selanjutnya kami akan memberikan penjelasan seperti apa proses pendaftaran BPJS Kesehatan secara online melalui website resmi.

Cara Mendaftar Dan Berobat Dengan BPJS Kesehatan

Prosedur Pendaftaran Secara Online Melalui Website Resmi BPJS Kesehatan

Sebelum kita melanjutkan untuk daftar menjadi peserta BPJS melalui aplikasi website online,  pastikan anda mempunyai koneksi internet terlebih dahulu. Kemudian di dalam tata cara daftar BPJS secara online, prosedur yang diberlakukan juga hampir sama ketika anda mendaftar secara langsung. Beberapa dokumen penting ayng perlu anda siapkan adalah KTP ( Kartu Tanda Penduduk ), KK ( Kartu Keluarga ), NPWP ( Pajak ) dan Nomor ponsel yang masih aktif. Disamping itu juga yang perlu anda siapkan adalah alamat EMAIL yang masih aktif. Anda bisa menggunakan alamat Gmail dari Google. Tujuan adanya alamat email ini adalah untuk menerima balasan ataupun kiriman E-Id dari pihak BPJS.

Tahap pendaftaran peserta BPJS Via Online

  1. Tahap pertama silahkan buka terlebih dahulu website resmi BPJS kesehatan dengan format http://bpjs-kesehatan.go.id melalui PC atau Laptop ataupun bisa mendaftar di warnet.
  2. Kemudian langkah berikutnya adalah dengan melakukan klik Kolom pendaftaran yang ada di bagian Pojok Kanan atas.
  3. Langkah berikutnya anda dsuruh untuk mengisi beberapa data yang diminta, contohnya seperti identitas secara lenhkap, meliputi nama lengkap, alamat, tempat dan juga tanggal lahir. Kemudian isikan Alamat email anda serta alamat email kantor cabang BPJS yang ada di Kota anda. Selain itu anda bisa memilih beberapa jelas faskes dari tingkat rendah hingga tingkat atas. Untuk masalah tariff, setiap tingkatan Faskes mempunyai tarif yang berbeda-beda.  ( Untuk Tarif Tingkat satu Rp. 80.000. Tarif tingkat 2 Rp. 51.000, Tarif tingkat 3 Rp. 25.000 ). Sesuaikan dengan kemampuan anda dalam melakukan iuran setiap bulannya.
  4. Setelah anda selesai dalam mengisi lembar formulir secara online, maka simpanlah data tersebut dan tunggu beberapa menit nomor registrasi anda. Biasanya pihak BPJS akan mengirimkan nomor registrasi ke email yang sudah anda cantumkan tadi.
  5. Langkah berikutnya anda bisa langsung mencetak atau print lembar virtual tersebut agar tidak lupa
  6. Lakukan pembayaran bisa dengan menggunakan bank BRI, BNI dan BCA
  7. Setelah itu BPJS anda akan aktif dan bisa digunakan segera

Prosedur Berobat Dengan Menggunakan BPJS Kesehatan

Setelah kita membahas mengenai prosedur pendaftaran peserta BPJS Kesehatan, langkah berikutnya adalah cara menggunakan BPJS Kesehatan yang sudah aktif. Berikut ini ulasan prosedur berobat dengan memanfaatkan kartu BPJS yang sudah jadi.

  1. Untuk dapat menikmati fasilitas BPJS, Maka anda berhak menggunakan kartu BPJS yang sudah aktif. Dan perlu di ingat jangan sampai kartu BPJS Tersebut hilang beitu saja. Walaupun anda sudah terdaftar dan kartu hilang, Pihak Rumah Sakit biasanya akan tetap menolaknya. Maka dari itu pastikan keamanan kartu BPJS benar-benar aman.
  2. Setelah itu berobatlah di klinik atau puskesmas terlebih dahulu dan menjadi fakses pertama , anda akan mendapatkan surat rujukan yang bisa dibawa ke rumah sakit.
  3. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti fotocopy surat rujuan, kartu BPJS, KTP dan juga KK yang masing-masing harus di copy terlebih dahulu menjadi 4 lembar.
  4. Kemudian langkah berikutnya anda bisa membawa kartu BPJS ke loket rumah sakit, tujuannya untuk menghindari antrian panjang dan jangan lupa untuk ambil nomor antrian yang sudah diberikan.
  5. Setelah nomor antrian anda dipanggil, berikan semua berkas berserta dengan kartu BPJS ke petugas untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu.
  6. Setelah itu anda akan dipersilahkan untuk memasuki poli yang anda tuju
  7. Setelah selesai pemeriksaan, anda akan diarahkan ke apotek untuk mengambil obat
  8. Kemudian jika apotek meminta berkas-berkas, maka serahkan semua berkas yang anda bawa
  9. Anda bisa pulang dan membawa kartu BPJS anda kembali.
  10. Dari sini prosedur berobat dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan sudah selesai.

Nah itulah beberapa pengertian, cara pendaftaran hingga prosedur berobat dengan menggunakan kartu BPJS. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.