Home >> Peternakan >> Manfaat Sarang Walet untuk Pengobatan
Sarang Burung Walet

Manfaat Sarang Walet untuk Pengobatan

Sarang walet sudah banyak dikenal dan digunakan semenjak beratus-ratus tahun yang lalu, namun mungkin banyak di antara kita yang belum pernah memakannya karena berbagi alasan seperti harganya yang tinggi, jarang ditemui di pasaran hingga karena tidak tahu apa manfaatnya.

Sarang dari burung walet ini tersusun dari air liur burung walet itu sendiri, teksturnya seperti agar-agar (gelatin) dengan aroma seperti putih telur. Sarang walet dapat diolah menjadi minuman yang menyegarkan maupun dicampur dengan sup yang lezat.

Sarang walet dari dulu sangat populer di China, mulai pertama kali dibawa oleh Jendral Cheng Ho yang membawa oleh-oleh berupa olahan dari sarang walet yang didapatkan saat berlabuh ke Asia Tenggara, kemudian diberikan kepada Kaisar Dinasti Ming sebagai hadiah.

Setelah itu sarang walet mulai dikenal luas dan bebas dijualbelikan. Tak hanya pada masyarakat biasa, sarang walet ini juga menjadi salah satu kegemaran bagi keluarga kerajaan. Negara-negara lain pun juga turut bertambah peminatnya karena manfaat yang didapat dari sarang walet begitu besar.

Manfaat sarang walet

Sarang walet memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti protein, mineral, karbohidrat, garam anorganik, dan serat yang baik untuk tubuh. Semua kandungan dalam sarang walet berkhasiat meningkatkan kinerja organ tubuh.

Protein-protein dalam sarang walet seperti kalsium, besi, fosfor, magnesium, kalium, dan natrium merupakan protein yang mudah larut dalam air, sehingga protein tersebut dapat diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Kandungan dalam sarang walet dapat membantu menghasilkan sel-sel baru yang berperan dalam sistem metabolisme tubuh dan sistem kekebalan tubuh yang membuat tubuh akan selalu sehat terhindar dari penyakit.

Sarang walet pun juga telah dimanfaatkan dalam dunia kecantikan, yaitu untuk menjadikan kulit lebih sehat dan menunda penuaan dini. Dengan adanya kandungan kolagen di dalamnya, mengkonsumsi sarang walet dapat mencegah keriput dan membuat kulit lebih awet muda.

Sarang walet sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa pun dan dari segala usia baik untuk anak-anak, orang dewasa, para orang tua, dan ibu hamil. Di anjurkan untuk para orang tua dan ibu hamil yang mulai rentan terhadap penyakit untuk rutin mengkonsumsi sarang walet, sehingga sistem daya tahan tubuh mereka tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.