Home >> Ragam Manfaat >> Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak kenal dengan Madu ? Cairan kental yang mirip seperti sirup ini merupakan salah satu cairan yang dihasilkan oleh lebah ataupu serangga lain yang diambil dari nektar Bunga. Sejak dulu Madu dipercaya menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Madu banyak mengandung Gula, dan sisanya adalah Vitamin dan juga Mineral. Namun banyak orang yang menyatakan bahwa Madu juga memiliki senyawa Antioksidan, mulai dari vitamin C, pinobanksin, chrysin, dan katalase. Jadi tidak heran jika saat ini madu telah menjadi salah satu obat alternatife bagi kesehatan tubuh maupun medis. Biasanya kalangan masyarakat menggunakan madu sebagai obat dalam seperti untuk mengobati diare, alergi, dan semacamnya. Selain itu Madu juga mampu mengobati penyakit luar seperti permasalahan pada kulit semacam borok, jerawat, hingga gatal – gatal.Dan berikut ini saya akan membahas tentang berbagai manfaat Madu bagi kesehatan tubuh dan juga Kecantikan, di antaranya adalah :

 

1.Untuk Mengobati Luka dan Borok

 

Menyembuhkan Luka dan Borok
Menyembuhkan Luka dan Borok

Sejak zaman dahulu madu telah dipercaya sebagai obat dalam proses penyembuhan luka dan borok. Kadungan madu yang berupa  glukosa dan oksidase glukosa, merupakan salah satu kandungan yang memiliki sifat antiseptik yang kuat sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka secara cepat. untuk hasil yang maksimal, sebaiknya anda jangan memakai madu kemasan. Karena untuk mengaktifkan Enzim dalam madu, Madu murni membutuhkan PH antara 5,5 hingga 8,0. Karena dengan PH yang cukup tinggi, akan membantu proses pembentukan Hidrogen Peroksida dalam darah. Dan itulah beberapa alasan kenapa Madu mampu ngobati luka dan juga borok.

2.Membantu Pertumbuhan Jaringan Kulit

Kandungan propolis, enzim, vitamin dan mineral dalam Madu dapat membantu proses pertumbuhan pada pembentukan jaringan baru pada kulit. Jadi tidak heran jika banyak orang maupun medis yang menggunakan Madu sebagai pengobatan dalam membantu proses penyembuhan pada luka semacam luka bakar dan juga mampu memudarkan bekas dari luka tersebut.

3.Menghaluskan Kulit

Madu mengandung asam glukosat dan juga kandungan yang lainnya yang mampu membantu melepaskan sel – sel kulit mati sehingg dapat mempercepat dalam proses pertubuhan sel – sel kulit yang baru. Selain itu kandungan tersebut juga dapat mengurangi keriput pada kulit, mengontrol produksi minyak, dan juga membuat kulit menjadi lebih kenyal dan kencang. Kandungan madu yang lainnya adalah gula dan asam amino yang mampu mempertahankan kelembaban pada kulit.

4.Sebagai Antioksidan Yang Kuat

Madu menyimpan kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan pada madu disebut degan Pinocembrin, yang dimana senyawa tersebut hanya bisa ditemukan pada madu saja. Yang berarti senyawa tersebut tidak akan bisa ditemukan pada jenis makanan dan minuman apapun. Jadi hal itulah yang dapat membuat tubuh anda semakin kuat dalam menolak berbagai penyakit. Selain itu anda juga akan terlihat lebih awet muda.

5.Dapat Menurunkan Glukosa dan Kolesterol Darah

Pasti anda juga bertanya – tanya kenapa madu yang rasa manis ini dapat menurunkan diabetes ?. Jadi meskipun madu memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan gula, namun madu memiliki kandungan indeks glikemik yang cukup rendah sehingga darah dapat menyerapnya secara bertahap. Bagi penderita diabetes sebaiknya agar tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan indeks glisemik yang tinggi karena hal tersebut dapat meningkatkan glukosa darah.

Selain itu, Madu juga sebagai salah satu bahan pemanis yang baik digunakan dan aman bila dibandingkan dengan gula dan juga gula sin tesis. Berdasarkan dengan hasil penelitian, madu mengandung mineral dan juga vitamin alami yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol pada tubuh. Anda bisa melakukannya hanya dengan menyiapkan dua sendok makan madu asli dan tiga sendok teh kayu manis bubuk yang kemudian dicampurkan beersamaan dengan 454 gram air teh. Selain itu dengan mengonsumsi madu setiap harinya juga dapat mengurangi resiko gangguan pada kolesterol.

6.Meringankan Penyakit Pernapasan

Meringankan Penyakit Pernapasan
Meringankan Penyakit Pernapasan

Madu juga sangat bermanfaat bagi proses penyembuhan penyakit pernapasan. Hal ini terbukti setelah dilakukan penelitian di Bulgaria pada sekitar 18.000 pasien telah membuktikan bahwa madu dapat meringankan gejala pernapasan seperti penyakit bronchitis asma, rhinitis kronis, dan yang lainnya. Selain itu madu juga cocok untuk obat pilek dan juga flu.

7.Mengobati Kerontokan Pada Rambut

Mengobati Kerontokan Pada Rambut
Mengobati Kerontokan Pada Rambut

Jika anda memiliki masalah dengan rambut rontok, anda bisa mencoba melakukan tips campuran dari bahan madu berikut ini. Siapkan minyak zaitun panas, kemudian tambahkan dengan satu sendok makan madu asli, dan kemudian campurkan dengan satu sendok the bubuk kayu manis. Setelah semua telah tercampur, lalu olehkan campuran tersebut ke rambut secara menyeluruh, dan diamkan kurang lebih selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

8.Mengobati Encok atau Permasalahan Pada Sendi

Mengobati Encok atau Permasalahan Pada Sendi
Mengobati Encok atau Permasalahan Pada Sendi

Bagi anda yang menderita penyakit encok maupun peradangan pada sendi, anda bisa mencoba minuman dari campuran madu ini. Berikut adalah cara membuatnya :

  1. Siapkan madu dan juga air hangat suam kuku.
  2. Tambahkan 1 sendok teh kayu manis bubuk.
  3. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut.
  4. Kemudian oleskan panda bagian yang sakit, dan pijat secara perlahan.

Dengan menggunakan resep ini rasa sakit encok pada tubuh anda akan mereda setelah kurun waktu 1 hingga 2 menit.

Selain itu madu juga mampu mengobati penyakit peradanagn pada sendi seperti penyakit Arthtritis. Berikut adalah cara membuatnya :

  1. Siapkan madu sebanyak 1 sendok makan.
  2. Siapkan juga setengah sendok the kayu manis bubuk.
  3. Setelah kedua bahan sudah siap, kemudian campurkan kedua bahan tersebut.
  4. Jika sudah tercampur, berikan kepada pasien yang membutuhkan.

Berdasarkan dengan penelitian di Copenhagen University, dengan mengonsumsi obat tersebut telah banyak pasien sembuh total dari penyakit Arthritis kronis.

9.Mengobati Penyakit Jantung

Bagi anda yang menderita penyakit jantung, anda bisa mengonsumsi menu sarapan ini setiap harinya, yaitu siapkan madu serta bubuk kayu manis yang kemudian diolehkan pada sepotong roti. Karena disini madu serta kayu manis telah dipercaya dapat mengurangi kolesterol pada pembuluh arteri, dan juga menguranginresiko terkena seragan jantung.

Selain itu, dengan mengonsumsi Madu dan kayu manis dipercaya dapat melancarkan pernapasan sehingga detak jantung menjadi stabil dan kuat.

10.Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan

Kandungan dalam madu juga mampu menurunkan berta badan dan juga kegemukan. Caranya adalah, usahakan minum air hasil rebusan dari madu dan juga bubuk kayu putih disetiap pagi hari atau setengah jam sebelum anda sarapan dan bisa juga saat perut anda masih kosong. Jika mengonsumsi minuman ini secara rutin dan teratur dapat menurunkan berat bandan bahkan jika anda memiliki tingkat kegemukan yang cukup tinggi, dapat juga diatasi dengan memgonsumsi minuman ini setiap paginya secara rutin. Karena kandungan yang terdapat pada madu dan kayu putih, dapat mencegah lemak menjadi terakumulasi di dalam tubuh.

11.Mengatasi Kelelahan

Mengatasi Kelelahan
Mengatasi Kelelahan

Berdasarkan dengan penelitian, kandungan gula yang terdapat pada madu memiliki banyak manfaat salah satunnya adalah untuk mengatasi kelelahan. Hal ini terbukti jika Lansia yang mengonsumsi madu serta bubuk kayu putih dengan takaran yang sama, maka peforma tubuhnya akan menjandi lebih bugar dan fleksibel. Selain itu, dengan mengonsumsi madu serta bubuk kayu putih yang dilarutkan dalam air putihsecara rutin juga mampu meningkatkan vitalitas pada tubuh dalam jangka waktu satu minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.