Home >> Kesehatan >> Manfaat Kunyit Bagi Tubuh
Manfaat Kunyit Bagi Tubuh
Manfaat Kunyit Bagi Tubuh

Manfaat Kunyit Bagi Tubuh

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang banyak ditemui di Indonesia. Selain sebagai rempah yang biasa dicampur dalam makanan, kunyit juga menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari kesehatan tubuh bagian luar maupun dalam hingga dalam hal kecantikan. Berdasarkan dari hasil penelitian, kunyit terbukti mengandung senyawa Kurkuminoid yang tersusun atas Kurkumin dan juga Desmetoksikuimin, yang dimana senyawa tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu Kunyit juga mengandung cukup tinggi Vitamun C dan juga Antiseptik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit atau Kecantikan.

Berikut ini saya akan menerangkan beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan, antara lain :

 

            1.Mengatasi Peradangan

Mengatasi Peradangan
Mengatasi Peradangan

Peradangan merupakan salah satu penyakit kulit yang mengalami proses terjadinya bentuk infeksi pada kulit yang biasanya disebabkan oleh bakteri maupun radikal bebas pada tubuh, yang dimana hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya pelepasan pada senyawa Sitokin. Dan disini Kunyit juga mengandung Curcumin yang bermanfaat dalam hal penyembuhan peradangan pada kulit dan serta dapat menambah sistem kekebalan sel imun.

            2.Mencegah Kanker

Disini kanker merupakan salah satu penyakit yang menempati urutan ke tiga terhadap peluang penyebab kematian tertinggi di Dunia. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit Kanker salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat, terjadinya infeksi yang disebabkan oleh Virus atau Bakteri dan juga masuknya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas tersebut merupakan salah satu senyawa yang dapat memicu kerusakan gen yang dapat mempengaruhi terjadinya sel kanker.

Berdasarkan dengan hasil penelitian, kunyit merupakan salah satu bahan yang mengandung Antioksidan yang dimana senyawa tersebut dapat mengurangi terjadinya pertumbuhann pada Sel Kanker. Selain itu kunyit juga mengandung senyawa Curcumin yang dapat membunuh sel kanker.

            3.Mencegah dan Mengurangi Gejala Arthritis

Mencegah dan Mengurangi Gejala Arthritis
Mencegah dan Mengurangi Gejala Arthritis

Arthristis meruapakan penyakit peradangan yang terjadi pada sendi. Sehingga penyakit tersebut menimbulkan rasa yang cukup sakit pada persendian. Dan salah satu obat dari penyakit tersebut adalah kandungan  Curcuminoid dan minyak essensial yang terdapat dalam Kunyit. Senyawa tersebut dapat mengurangi dan juga menghambat proses peradangan pada sendi.

Berdasarkan dengan hasil penelitian, senyawa aktif pada kunyit tersebut akan bekerja secara optimal jika dikonsumsi sebelum rasa sakit tersebut muncul.

            4.Meredakan Maag

Meredakan Maag
Meredakan Maag

Maag merupakan penyakit yang terjadi pada lambung. Salah satu faktor terjadimya Maag adalah bentuk pola makan yang tidak teratur, dan bisa juga diakibatkan oleh terjadinya infeksi pada dinding lambung. Berdasarkan dengan penelitian, Kunyit merupakan salah satu bahan yang mengandung senyawa Curcumin yang dapat memberikan lendir pelindug bagi dinding lambung.

Selain itu, kandungan Curcumin pada kunyit juga dapat mengontrol produksi asam lambung yang akan menimbulkan rasa perih bagi penderita Maag. Riset menunjukan bahwa mengonsumsi kunyit secara rutin dapat membantu melimbas segala penyakit dalam lambung.

            5.Meredakan Stress dan Depresi

Meredakan Stress dan Depresi
Meredakan Stress dan Depresi

Biasanya masalah ini terjadi pada orang – orang yang memiliki beban pikiran, beban hidup, dan juga tekanan batin yang dapat memicu terjadinya Stress dan juga Depresi. Masalah seperti ini banyak diderita oleh kalangan masyarakat modern, terutama oleh kalangan orang yang sangat amat sibuk dalam hal pekerjaan dan juga Belajar. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit yang telah dicampur dengan suplemen atau bisa juga dicampurkan dengam susu.

Peneliti dari Government Medical College mengemukakan bahwa senyawa curcumin dalam kunyit dapat membantu menenangkan saraf dan juga meredakan stress.

            6.Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak

Otak meruapakan Organ terpenting dalam tubuh manusia yang dapat mengontrol pergerakan pada tubuh, dan juga kemampuan dalam berpikir serta sebagai memori seseorang. Kandungan zat pada kunyit dapat meningkatkan aliran nutrisi dan juga asupan oksigen ke otak, sehingga otak dapat bekerja secara maksimal.

            7.Mencegah Diabetes

Mencegah Diabetes
Mencegah Diabetes

Diabetes atau biasa disebut dengan penyakit kencing manis ini merupakan penyakit yang mengganggu proses metabolisme. Penyakit ini timbul akibat terjadinya gangguan pada sel pancreas, dan juga melemahkan sistem kerja hormone insulin sehingga tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah. Hal seperti ini dapat diatasi dengan mengonsumsi Kunyit secara rutin. Karena senyawa curcumin pada kunyit dapat menstabilkan dan juga mengontrol kadar gula dalam darah.

            8.Mengobati Asma

Mengobati Asma
Mengobati Asma

Asma atau penyakit pernafasan yang disebabkan oleh alergi maupun peradanagan pada saluran pernafasan ini dapat diatasi dengan mengonsumsi satu sendok kunyit bubuk yang telah dicampurkan dengan segelas susu hangat.

 

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kunyit juga meyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan kulit dan kecantikan. Berikut manfaat kunyit bagi kesehatan kulit dan kecantikan :

Manfaat Kunyit Bagi Kecantikan
Manfaat Kunyit Bagi Kecantikan

            1.Mengobati Jerawat

Kunyit juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan kecantikan salah satunya adalah untuk mengobati jerawat. Untuk melakukannya, anda perlu menyiapkan satu sendok bubuk kunyit kemudian dicampur dengan madu dan yoghurt. Kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat, diamkan sekitar kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

            2.Menyamarkan Kerutan serta Mencegah Penuaan Dini

Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam kunyit juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, misalnya dalam mengatasi kerutan dan juga dapat menghambat proses penuaan dini. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, anda hanya perlu membuat masker yang terbuat dari campuran 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan jus tomat. Kemudian oleskan secara merata pada wajah dan leher, diamkan hingga 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

            3.Mengatasi Pigmentasi

Kunyit mengandung senyawa antiseptik, yang dimana antiseptic tersebuk cocok digunakan untuk mengatasi pigmentasi pada kulit dan juga mendinginkan kulit yang terkena paparan sinar matahari. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit yang telah dicampur dengan jus timun, kemudian oleskan pada wajah, biarkan hingga kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

            4.Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Jika anda mengalami masalah pada rambut anda, seperti rambut rontok dan ketombe maka anda bisa memanfaatkan kunyit untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan mengoleskan parutan kunyit di kulit kepala hingga merata. Karena disini kunyit menyimpan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan rambut dan juga kulit kepala.

            5.Mengangkat Sel Kulit Mati

Kandungan pada kunyit bisa juga digunakan untuk mengankat sel kulit mati tanpa harus membuat iritasi pada kulit. Caranya adalah dengan scrub tubuh yang terbuat dari campuran bubuk kunyit yang dicampur dengan tepung chickpea. Hasil dari scrub ini adalah kulit menjadi bercahaya dan lebih cerah.

 

Itulah beberapa manfaat kunyit bagi kesehetan tubuh kita, mulai dari kesehatn organ – organ dalam tubuh hingga kesehatan kulit atau kecantikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.