Home >> Kesehatan >> Manfaat Kopi yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh.

Manfaat Kopi yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh.

Kopi adalah suatu minuman yang berwarna hitam dengan ciri khas cara pahit yang dimilikinya. Kopi ini sangat popular sebagai minuman yang disajikan di pagi hari untuk menemani memulai hari dan di malam hari untuk menemani saat begadang sampai larut malam. Walaupun kopi ini tidak termasuk dalam jenis minuman kesehatan, tetapi sudah banyak ilmuan yang mengungkapkan bahwa dengan meminum kopi ini setidaknya satu kali dalam sehari dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Meskipun nyatanya memang minuman kopi ini dapat meningkatkan jumlah hormon stress bagi tubuh dan akan memicu efek kecanduan terhadap kafein. Ternyata kopi ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Asalkan tidak melebihi dengan takaran yang ada, yaitu maksimal minum kopi ini dua sampai tiga cangkir saja dalam sehari. Dan perlu anda ketahui bahwa waktu terbaik untuk minum kopi ini pada pukul 10 pagi.  Berikut ini beberapa manfaat yang dapat anda ambil dari kopi:

  • Dapat Meningkatkan Memori Dan Mencegah Penyakit Dimensia.
Mencegah Terjadinga Dimensia
Mencegah Terjadinga Dimensia

Kopi ini ternyata dapat meningkatkan dalam hal mengingat memori, baik memori dalam jangka pendek maupun memori dalam jangka panjang sekalipun. Dan menurut dalam sebuah penelitian di Radiological Society of North America pada tahun 2005 mengungkap bahwa dengan meminum dua cangkir kopi berkafein dapat membantu meningkatkan memori dalam jangka pendek dan kecepatan reksi.

Dan beberapa penemuan yang lain menjelaskan bahwa resiko yang dimiliki oleh peminum kopi itu 65% lebih rendah terkena Alheimer dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Alheimer ini merupakan penyakit penurunan kemampuan syaraf yang menjadi penyebab utama seseorang bisa mengalami dimensia di waktu ia berumur 65 tahun keatas.

  • Dapat Mencegah Dan Mengurangi Encok.

Baik kopi regular maupun kopi kopi tanpa kafein dapat memberikan dampak positif untuk mencegah sekaligus mengurangi encok. Yaitu mereka yang minum enam cangkir dalam sehari mempunyai resiko sebesar 60% lebih rendah untuk terhindar dari encok. Selain itu dibuktikan juga ada sebuah penelitian yang melibatkan 50.000 pria, dalam penelitian itu menunjukkan bahwa resiko terkena encok akan berkurang dengan diiringi meningkatnya konsumsi kopi ini. Serta ada banyak lagi penelitian yang mengungkapkan mengenai hal ini yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

  • Dapat Menurunkan Terkena Resiko Diabetes Dan Kanker.

Jika dipadukan kedua penyakit ini adalah gabungan penyakit yang sangat mengerikan. Tetapi dengan cara mengonsumsi kopi ini resiko akan terkena penyakit diabetes dan kanker akan berkurang. Yang mana hal ini dikarenakan efek senyawa yang dimiliki kopi ini akan menghalangi hiAAp, polipeptida. Yaitu suatu zat yang dapat menghasilkan serat protein abnormal yang biasanya banyak ditemukan pada orang yang terkena diabetes tipe2.

Sedangkan untuk mengenai kanker sendiri, dengan cara mengonsumsi kopi setidaknya dua sampai tiga cangkir dalam sehari akan menurunkan resiko terkena kanker payudara. Namun tidak hanya itu saja sebuah studi Harvard School of Public Health baru-baru ini menemukan bahwa kopi ini juga bisa menurunkan terkena kanker prostart.

  • Sebagai Sumber antioksidan yang Tinggi.
Kopi Sebagai Sumber Antioksidan yang Tinggi
Kopi Sebagai Sumber Antioksidan yang Tinggi

Ternyata kopi juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang sangat besar. Taukah anda bahwa ternyata kopi ini memiliki antioksidan yang lebih tinggi daripada yang dimiliki beberapa sayuran dan buah-buahan? Bahkan yang lebih menarik lagi pada sebuah studi pada tahun 2005 menemukan kopi ini menduduki urutan pertama sebagai sumber antioksidan bagi orang Amerika. Selain itu, kopi ini sudah termasuk sebagai minuman yang paling sehat yang ada di bumi.

Itulah beberapa manfaat kopi yang dapat saya sampaikan. Cukup sekian dan semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.