Home >> Kesehatan >> Beberapa Manfaat Jeruk Lemon yang Belum Anda Ketahui
Manfaat Jeruk Lemon
Manfaat Jeruk Lemon

Beberapa Manfaat Jeruk Lemon yang Belum Anda Ketahui

Jeruk lemon mempunyai banyak sekali manfaat dan sangat menguntungkan bagi kesehatan, karena buah yang termasuk dalam golongan jeruk sangat dipercaya mempunyai banyak manfaat yang mirip satu dengan yang lainnya. Tapi masing masing jenis jeruk memiliki manfaat khas sendiri, karena disetiap jenis jeruk memiliki nutrisi yang berbeda beda. Mungkin  jeruk lemon jarang sekali dikonsumsi oleh banyak orang tidak seperti jenis jeruk yang lain, mungkin karena harganya yang lumayan mahal jadi hal ini bisa dimaklumi, buah lemon biasanya dijadikan sebagai bahan untuk memperlezat cita rasa makanan atau mempersegar minuman.

Memakan jeruk lemon akan mempunyai dampak yang baik terutama bagi kesehatan tubuh kita, jeruk nipis sering dijadikan sebagai obat obatan alami, dengan memakan buah jeruk lemon dipercaya dapat menyembuhkan bebagai jenis penyakit. Jeruk lemon juga dapat membantu untuk mengurangi berat badan, Berikut ini kami akan mengulasa tentang manfaat jeruk lemon bagi kesehatan.

Manfaat Jeruk Lemon

Manfaat Jeruk Lemon
Manfaat Jeruk Lemon

Satu  buah jeruk nipis yang masih dalam keadaan sempurna dengan berat sekitar 60 gram memiliki 17 kalori, 5,4 gram kabihidrat, 0,6 gram protein, 0,2 gram lemak. Jeruk lemon juga kaya akan vitamin C dan kalium. Bila anda memakan satu buah jeruk lemon setaip harinya maka kebutuhan vitamin C anda sudah terpenuhi, karena jeruk lemon mempunyai kandungan nutrisi yang bemacam macam membuat buah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut.

Menurunkan Resiko Terkena Stroke dan Serangan Jantung

American Heart Association menyatakan bahwa jika memakan buah jeruk lemon dalam jumlah yang lumayan banyak, rutin dan teratur maka akan mengurangi kita terutama seorang perempuan terkena stroke otak. Berdasarkan catatan penelitian mereka menyatakan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi jeruk lemon setiap harinya hanya memiliki resiko sekitar 19% lebih rendah untuk terkena penyakit stroke dibandingkan dengan wanita yang tidak memakan buah jeruk lmomn setiap harinya. Selain itu jeruk lemon juga dapat mengatasi resiko terkenanya penyakit serangan jantung kerena kandungan yang dimiliki dapat menjaga pembuluh darah dari penimbunan kolesterol yang terlalu berlebihan.

Mencegah Penyakit Kanker

Buah jeruk lemon kaya akan vitamin C, dan ini bisa menjaga kesehatan kulit tubuh kita, karena kandungan vitamin C yang cukup memedai didalam tunuh kita akan membantu pembuatan kolagen didalam tubuh, karena kolagen adalah salah satu zat penyusun kulit manusia maka dari jika kita mengonsumsi buah jeruk lemon secara teratur maka akan menjaga kulit kita dari keutan dan menambahkan kualitas kulit.

Membaantu Manstabilkan pH Tubuh

Keseimbangan basa tubuh dan asam adalah hal yang begitu penting bagi kesehatan tubuh, para peneliti telah menyatakan pH tubuh yang terlalu asam tidak bagus untuk metabolisme tubuh, dan salah astu manfaat dari buah jeruk lemon adalah menetralisirkan asam yang berlebihan yang terdapat dalam tubuh kitan yang unik dari kandungan jeruk lemon adalah asamnya, karena ketika sudah sampai kedalam lambung asam tersebut akan menjadi basa, jadi buah ini juga dapat mengobati penyakit maag yangs sering kambuh dan memecah batu ginjal.

Mencegah Sesak Napas atau Asma

Adapun manfaat dari buah jeruk lemon berikutnya adalah dapat mencegah sesak napas, karena vitamin C yang banyak dapat mencegah terjadinya asma, para peneliti telah meneliti seseorang yang mengonsumsi jeuk lemon ternyata lebih sedit terkena asama atau sesak napas, maka dari itu buah ini sangat cocok untuk anda yang menderita penyakit asma.

Meningkatkan Sistem Pertahanan Tubuh

Makanan atau buah buahan yang mengandung banyak vitamin C dapat mengoptimalkan sistem yang terdapat pada tubuh kita supaya tubuh kita tetap kuat dan tidak gampang terkena penyakit, kami menyarankan supaya mengonsumsi jeruk lemon diwaktu badan dalam keadaan tidak enak, sedang melakukan banyak aktivitas fisik yang cukup berat dan dalam cuaca yang dingin. Selain itu jeruk lemon juga dapat membantu menyembuhkan sakit ringan, tapi jika anda sudah memakan obat dari dokter sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu kepada dokter boleh memakan jruk lemon apa tidak.

Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah atau zat besi dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit anemia, zat besi digunakan untuk pembentukan sel darah merah yang berasal dari makanan yang kita makan sehari hari, tapi ada syaratnya zat besi yang kita makan harus bisa diserap oleh sel usus supaya dapat bekerja dengan baik didalam tubuh kita. Vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk lemon yang kita makan sebelum memakan makanan yang mempunyai zat besi cukup tinggi dapat membantu penyerapan zat besi dengan baik, kami sarankan sebaiknya anda mencampurkan buah jeruk lemon dengan makanan yang mempunyai zat besi cukup tinggi seperti bayam.

Menurunkan Terkena Radang Sendi

Radang sendi mempunyai nama latin Rheumatoid Arthritis, ini adalah penyakit yang menyebabkan persendian tubuh terasa sakit atau kaku. Berdasarkan catatan para peneliti bahwa orang yang memakan makanan yang mengandung banyak vitamin C bisa membantu menurunkan reisko terkena penyakit ini dibandingkan dengan orang yang jarang memakan makanan yang mengandung banyak viamin C.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Diet

Manfaat Jeruk Lemon untuk Diet
Manfaat Jeruk Lemon untuk Diet

Para ahli keshatan sudah menyepakati bahwa dngan memakan jeruk lemon dapat mmbantu untuk menrunkan berat badan. Karena buah ini mempunyai bermacam macam manfaat yang sangat menguntungkan bagi yang mengonsumsinya, sama halnya dngan jeruk nipis. Menggunakan jeuk lmon untuk mnurunkan berat badan anda bisa melakukannya dengan cara menjadikan jeruk lemon menjadi infused water dengan mengabungkan buah buahan yang lainnya, atau anda juga bisa membuat jeruk lemon sebagai minuman sederhana.

Melancarkan Metabolisme dalam Tubuh

Perasan dari jeruk lemon yang diminum ketika pagi hari sebelum memakan apapun sangat baik untuk ubuh kita, untuk mengasilkan hasil yang lebih baik sebaiknya air lemon tersebut tidak dicampuri dengan gula atau sejenisnya, karena para peneliti telah menyatakan bahwa kondisi yang terlalu banyak asam itu kurang baik untuk menjalankan metabolisme tubuh. Kandungna yang terdapat dalam jeruk lemon bisa membantu menetralisirkan asam yang berada dalam tubuh yang membuat metebolisme berjalan dengan lancer, selain itu kandungannya juga dapat membantu mengeluarkan zat berbahaya dan zat yang tidak berguna dari dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Dengan memakan jeruk lemon pada pagi hari dapat membantu tubuh anda dalam menjalankan sistem pencernaan, hal ini begitu bermanfaat apalagi terhadap orang yang terkena konstipasi. Meminum perasan air jeruk lemon dipagi hari dengan keadaan perut kosong bisa membantu memperlancar BAB, dengan sistem pencernaan yang lancar maka akan membantu anda dalam proses meringankan berat badan, karena penyerapan nutrisi makanan menjadi optimal.

Mempertahankan Rasa Kenyang

Jeruk lemon mengandung zat pektin yang berfungsi untuk menahan rasa lapar dan memppertahankan rasa kenyang, dengan meminum minuman yang mempunyai sari lemon setiap hari dapa membantu anda untuk menjaga porsi makan. Lebih lebih jeruk lemon menganung banyak serat dan sedikit kalori yang bermanfaat untuk diet.

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat jeruk lemon apakah anda menjadi berminat untuk menjadikannya sebagai menu tambahan atau menjadikan sebagai menu utama untuk menjaga kesehatan fisik, atau tubuh kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.