Home >> Kesehatan >> Ketahui Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

Ketahui Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Selain buahnya yang enak untuk di konsumsi ternyata daunya juga bisa anda manfaatkan sebagai obat. Hal tersebutlah yang membuat si daun sisrak ini akhir akhir ini menjadi sangat populer di dunia kesehataan. Dan sudah di lakuan penelitian bahwa si daun sirsak ini bisa mengobati kangker. Jadi sangatlah baik manfaat daun sirsak yang memiliki kandungan khusus yang mampu mengobati penyakit kronis. Daun sirsak memiliki senyawa senyawa yang sangat baik untuk tubuh,  karena senyawa tersebutlah daun ini bisa menjadi obat berbagai penyakit kronis. Dan berikut manfaat daun sirsak yang bermanfaat untuk tubuh di antaranya:

Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sisrak Untuk Kesehatan

  1. Meredakan Demam

Dengan anda menderita demam berarti bisa di jadikan indikator kalau tubuh anda terdapat masalah. Saattubuh anda megakami peradaangan, maka tubuh anda akan bereaksi memunculkan sinyal yang akan di lanjutkan ke otak lalu tubuh anda akan naik. Maksud dari naiknya suhu tubuh tersebut bertujuan membunuh bakteri yang ada dalam tubuh anda. Namun dengan naiknya tubuh akan membuat ketidak nyamanan dan merasa tergangu jadi bagi orang yang menderita demam harus segera di tangani, namun jangan kuatir dengan daun sirsak anda bisa mengobati demam tersebut. Caranya mudah tinggal ambil beberapa helai daun sirsak kemudian rebus dengan segelas air lalu tunggu kira kira 10 menit, minumlah air rebuan tersebut selagi hangat.  Daun sirsak memiliki senyawa aktif yang bisa menurunkan suhu.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

 

Daun sirsak kaya dengan kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas pada kulit anda. Selain bisa menangkal radikal bebas daun sirsak juga mengatasi masalah masalah dikulit seperti jerawat dan eksim. Kandungan senyawa anti inflamasi dan anti bakteri inilah yang bisa mengobati peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat dan mencegah jerawat meningalkan noda. Tingal tumbuk aja beberapa helai daun sirsak lalu oleskan atau tempel pada kulit yang bermasalah,  lakukanhal tersebut secara rutin dan lihat hasilnya.

  1. Mencegah Dan Mengobati Kanker

Kasiat daun sirsak yang tak terduga selanjutnya adalah dapat mengobati kanker. Daun sirsak memiliki senyawa annonaceous acetogenins yang bisa membunuh sel kanker dan bia memicu apoptosis yaitu dimana mekanisme bunuh diri sel. pada umumnya sel yang rusak dalam tubuh secara alami akan membuh dirinya agar tidak menular ke sel lainya. Namum pada sel kanker tidak bisa mengendalikan dirinya dan akan pembelahan. Dengan ekstrak daun sirsak akan membunuh sel kanker dan juga bisa menghambat asupan nutrisi dan energi ke sel tumor.

  1. Mengobati Peradangan

Daun sirsak memiliki senyawa aktif yang  bisa bekerja menjadi zat anti inflammatori yaitu pereda rasa sakit. Oleh karena itu rebusan air sirsak ataupun ekstraknya bisa mengobati radang, entah itu radang kronis ataupun pada sistem cerna seperti lambung dan usus.

  1. Mengobati Malaria

Anda harus waspada dengan penyakit malaria, penyakit yang di sebabkan parasit plasmodium ini secara langsung di tularkan oleh nyamuk  yang mengigit anda. Sudah banyak sekali kasus kematian akibat malaria ini di indonesia. Kandungan pentana yang terdapat pada daun sirsak ini di percaya bisa mengobati penyakit malaria ini. ini lah mengapa masyarakat di negara negara tropis menjadikan daun sirsak sebagai penawar malaria,

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

Sebuah penilitan sudah membuktikan bahwa daun sirsak bisa mengobati hipertensi atau darah tinggi tanpa mempengaruhi kinerja jantung.  Tekanan darah tinggi sendiri di sebabkan arteri atau pembuluh darah yang membengkak. Dengan anda minum rebusan dari si daun sirsak ini dengan rutin akan membantu mengontrol tekanan darah.

  1. Mengobati Jaundice

Daun sirsak memiliki kandung ekstrak ethanol senyawa tersebut memiliki efek positif untuk organ hati. Dengan kandungan diaun sirsak ini di percaya mampu melindungi hati dari racun radikal bebas.  Di negara ghana menjadi daun sirsak sebagai ramuan untuk mengatasi dan membersihkan masalah pada organ hati dan liver sperti penyakit kuning yang di akibatkan virus hepatitis.

  1. Memperkuat Sistem Imun

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun sirsak mampu meingkatkan sistem imun atau kekebalan yang sebagai benteng dari penyakit.  Selain anti oksidan terapat juga kandungan zinc yang juga berfungsi memperkuat sisitem kekebalan dan berdampak tidak mudah terserang penyakit.

  1. Mengobati Penyakit Maag

Maag ini merupakan penyakit yang di sebabkan bruknya pola makan dan infeksi pada saluran cerna. Jangan angap remeh penyakit ini karean jika tidak segera di tangani akan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.  Kandungan anti ulcenritis di dalam daun sirsak ini lah yang dapat menghambat produksi asam lambung dan anti peradangan.  Serta melindungi lambung anda anda membung bakteri bakteri yang akan membuat infeksi di saluran pencernaan. Jika anda menderita penyakit maag ini minumlah rebusan air dari daun sirsak ini karena akan mngurangi infeksi dan menetralisir rasa sakit akibat infeksi.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Jika anda memilki luka pada kulit, tumbuklah beberapa helai dari daun sirsak ini lalu tempelkan atau oleskan padakulit yang luka. Kandungan anti oksidan dan senyawa etil asetat akan mempercepat embuh luka anda.

  1. Mengatasi Depresi dan Strees

Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

Tidak banyak yang tau kalau si daun yang bermanfaat ini bisa mengobati ganguan mental contohnya depresi. Daun sirsam memiliki beberapa kandungan yang berfungsi sebagai anti depresent.  Senyawa dari daun sirsak tersebut dapat menenang kan saraf dan perlahan menghilangkan strees.

  1. Menurunkan Korestrol

Tahukah anda bahwa daun sirsak dapat menurunkan kolestrol.  Peran senyawa daun sirsak pada kolestrol sangtlah baik karena menurunkan kadar lemak buruk dan meningkatkan leemak baik di dalam tubuh . senyawa anti hiperlipidemia ini lah yang menurunkan lemak buruk serta menaikan kadar lemak baik. Jika kolestrol jahat pada tubuh anda menumpuk akan menyebabkan tekanan darah tinggi yang akan berakibat mningkatkan resiko jantung koroner.

  1. Mengobati Diare

Penyakit yang di sebabkan bakteri escherischa coli  di tandai dengan meningkatnya buang air besar.  Indonesia mendapatkan peringkat 13 dengan angka kematian di karenakan diare. Kandungan eksdtrak methanol dalam daun sirsak terbukti mencegah bakteri penyebab diare.

  1. Menyembuhkan Bisul

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun sirsak sangat baik untuk mengobati bisul, meskipun bisul ini kecil namun sakit dan membuat tidak nyaman.jika anda tengah menderita penyakit bisul ambilah beberapa helai daun sirsak yang agak muda kemudian tumbuk dan taruh di kulit yang terkena bisul. Hal ini sudah saya buktikan sendiri dan sangat ampuh.

Banyakan manfaat dari daun sirsak, jika anda pekerja berat bisa mengkonsumsi rebusan air dari daun sirsak ini karena  juga bisa  menambah energi. Dan jika anda menderita penyakit yang sudah disinggung di atas konsumsilah secara rutin rebusan dari daun  sisrak. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.