Home >> Kesehatan >> Berbagai Macam Manfaat Daun Salam
Manfaat Daun Salam

Berbagai Macam Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam
Manfaat Daun Salam

Apakah anda tahu tentang daun salam? benar daun salam biasa digunakan untuk mengharumkan sebuah masakan. Banyak sekali warga Indonesia khususnya para kaum hawa menggunakan rempah rempah ini sebagai pengharum masakan mereka, dikarnakan setiap masakan yang terdapat daun salam pasti aromanya sudah sangat tercium dan lezat. Tetapi itu hanyalah salah satu manfaat dari bermacam macam manfaat yang dimiliki oleh daun salam. Nah untuk hari ini kami akan mengulas tentang manfaat daun salam, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

1. Sebagai Kesehatan Pencernaan

Manfaat yang pertama yang akan kita dapatkan dari daun salam selain untuk memasak adalah dapat membantu tubuh kita dalam proses pencernaan,  caranya dengan meminum satu gelas air yang sudah direbus bersama daun salam. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam daun salam dapat melancarkan dan mencegah bermacam macam masalah pencernaan, jika anda mempunyai masalah pada pencenaan anda seperti diare, sembelit, atau yang lain sebagainya, minumlah rebusan daun salam sampai sakit tersebut hilang, dan jangan lupa untuk ditambahkan dengan sedikit garam.

Manfaat lain yang akan kita peroleh dari daun salam yaitu bisa menjadi obat penyakit maag, walaupun itu maag ringan atau maag akut. Anda bisa merebus 15-20 daun salam dengan ½ liter air, dan hal yang harus diperhatikan adalah airnya harus mendidih dengan sempurna  dan jika anda menghendaki untuk masakan rasa yang berbeda anda jua bisa menambahkan gula, atau pemanis lainnya. Jadi daun salam cocok sekali bagi anda yang sedang menderita penyakit maag.

2. Dapat Mengatasi Hipertensi

Salah satu masalah yang sering dialami oleh orang yang sudah berumur yaitu hipertensi atau darah tinggi. Bahkan akhir akhir ini hipertensi sudah banyak dialami dikalangan muda. Nah dengan daun salam ini anda dapat mengatasi masalah tersebut, zat senyawa seperti rutin, salisilat, asam caffeic, dan fiitonutrein yang terkandung dalam daun salam, dapat menjaga kestebilan jantung dan mencegah terkenanya stroke. Kandungan flavanoid dapat membantu menormalkan darah bagi orang yang sedang menghadapi hipertensi.

Kandungan mineral yang terdapat dalam daun salam juga dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh kita dan juga dapat menurunkan tekanan darah. Jika ingin mendapatkan khasiat yang lebih besar anda bisa menambahkan daun sambilito, meskippun rasanya akan pahit, tapi ini pantas untuk dicoba supaya bisa kembali lagi berkumpul dengan keluarga kita yang bahagia.

3. Dapat Mengatasi Asam Urat

Selain itu asam urat adalah penyakit yang biasa dialami oleh lansia, asam urat adalah penyakit yang menyerang pada bagian sendi kitayang membuat kita merasa kesakitan. Nah daun salam dapat meringankan rasa sakit yang kita alami, tapi didalam daun salam lterkandung kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita yaitu tannin dan flavonoid. Bahkan daun salam juga bisa meyembuhkan asam urat dengan meminum rebusan air daun salam setiapp hari dan mengikuti intruksi dari dokter.

4. Mengatasi Diabetes

Diabetes adalah penyakityang disebkan oleh insulin yang dihasilkan pangkreas tidak bisa berfungsi dengan baik yang menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap gula darah. Diabetes termasuk dalam salah satu penyakit yang cukup mematikan, karena telah banyak orang yang direngut gara gara penyakit ini. Manfaat daun salam sangat terbukti efktif didalam mengobati diabetes tipe 2, menurunkan kolesterol, trigliserida, dan kolesterol, dan biasanya daun yang ijadikan sebagai obat adalah daun yang sudah dibubuk samapai halus. JIka ingin mendapatkan hasil yang maksimal anda harus mengonsumsinya selama 1 bulan, karna kandungan antiooksidan yang terkandung dalam daun salam bisa membantu ginjal memperoleh insulin secara lebih efisien. Tentusaja hal ini sangat menguntungkan bagi para penderita diabetes dan bagi orang yang sedang mengalami kekurangan hormone insulin.

5. Mengurangi Kolesterol yang Jahat

Didalam tubuh kita terdapat 2 kandungan kolesterol yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Tetapi kebanyakan orang jika mendengar kata kolesterol pasti yang ada didalam fikirannya hanyalah kolesterol jahat, kolesterol jahat bisa berdampak sangat buruk bagi tubuh jika keberadaannya terlalu banyak. Daun salam dippercaya menjadi obat alami yang dapat mengurangi kandungan kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh kita. Supaya bisa mendapatkan khasiat dari daun salam untuk menangani kolesterol jahat, yang harus anda lakukan yaitu dengan membuatnya sebagai air minum. Adapun caranya bisa kita simak dibawah ini.

Bahan yang Dibutuhkan

  • 7 lembar daun salam
  • 3 gelas atau 600 cc air matang
  • 30 gram daun cermai

Langkah Pembuatan

  1. Cucilah dedaunan yang telah disiapkan pada air yang bersih, supaya kotoran yang menempel pada daun hilang.
  2. Rebuslah dedaunan tersebut kedalam panic yang sudah berisikan 600 cc atau 3 gelas air
  3. Kemudian tunggu sampai ainya mendidih
  4. Jika telah mendidih saringlah air tersebut dan minumlah air tersebut 2 kali sehari, setiap pagi diusahakan sebelum melakukan aktivitas dan sore hari setelah melakukan kegiatan.

Sekali lagi saya ingatkan jangan sekali kali mengangap kolesterol itu sebagai hal yang remeh,  karna sudah banyak orang yang terkena penyakit kolsterol yang berujung kematian dan yang terkena penyakit tersebut bukan hanya orang yang gemuk saja atau orang yang tua, tapi berdasarkan data yang telah ada banyak juga anak remaja yang terkena penyakit kolesterol. Jadi anda harus lebih brhatii hati lagi dalam menjaga pola makan dan kesehatan anda.

6. Pencegah Kanker

Daaun salam mengandung asam catechin, caffeic, euganol, dan quercetin. Keempat zat tersebut akan membantu melawan barbagai jnis kanker baik yan sudah terdapat dalam tubuuh dan cikal bakal kanker. Tidak hanya itu daun salam juga mengandung phytonutrient yang dapat Manahan proliferasi sel kankr serviks dan ini menjadi kabar baik bagi para wanita.

Sangat mudah sekali untuk mendapatkan efek yang spektakuler dari daun salam, anda hanya perlu menambahkan 2 lembar daun salam disetiap masakan anda, yang pasinya itu sesuai dengan masakan itu sendiri seperti sayur sayuran yang kering ataupun berkuah, meskipun hana 2 lembar prmasakan efeknya akaan sangat terasa bila ini dolakukan pada setiap masakan yang kita konsumsi. JIka anda ingin mencoba cara yang lebih simple anda bisa menjadikan daun salam sebaai minuman laayaknya teh, muali dari skarang cobalah untuk mengganti teh biasa dengan teh daun salam. Jika diperkirakan resep ini akan mengurangi terserang penyakit kanker sekitar 20% lebih.

7. Menangani Masalah Ginjal

Jika terjadi sesuatu pada ginjal anda seperti batu ginjal ataupun infeksi, jangan ragu ragu untuk menjadikan daun salam sebagai obat alami, karena dngan meminum rebusan air daun salam selama 2 hari sekali secara rutin dapat mengatasi msalah ginjal anda, dan untuk mendapatkan hail yang maksimal simaklah lebuh detail lagi. Berikut ini adalah cara membuat air rebusan tersebut.

Langkah pertama siapkan daun salam, daun sirsak sebanyak lima lembar, dan air matang sebanyak 500 ml. Kemudian cuci bersih kedua jenis daun tersebut sampai benar benar bersih dari kotoran, setelah itu rebus air 500 ml kedalam panci apabila air sudah mendidih masukanlah sepuluh lembar daun tadi kedalam air rebusan, stelah iu biarkan air mndidih terus sampai air tersisa sekitar 300 ml.

Ramuan matang ini bisa diminum dalam keadaan hangat, dan biasanya anda akan menghasilakan 2 gelas air rebusan daun salam, anda bisa menggunakannya diwaktu pagi hari dan sore hari. Jika anda membuatnya diwaktu pagi hari anda akan menyisakan satu gelas air sebaiknya anda menyimpannya didalam kulkas dan hangatkan kembali jika anda ingin meminumnya lagi. Mengapa di kulkas? karena ini untuk mejaga kandungan yang terdapat dalam air rebusan tersebut, jika air ini hanya dibiarkan diluar bisa menghilangkan kandungan yang terdapat didalam air tersebut begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.