Home >> Ragam Manfaat >> Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan
Manfaat-Daun-Kelor-Tubuh
Manfaat-Daun-Kelor-Tubuh

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Kelor merupakan jenis tanaman yang mungkin bagi kalian sudah tidak asing lagi, karena tanaman yang satu ini daunnya dimanfaatkan sebagai sayuran. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui kalau daun kelor ini banyak manfaatnya, didalam daun kelor ini terdapat kandungan yang baik seperti tanaman apotik hidup. Pada tanaman herbal ini tersimpan senyawa yang menutrisi tubuh.

Para peneliti kesehatan telah memberikan julukan sebagai The Miracle Tree dan The Elixir Of Long Life, karena mengetahui kemampuan untuk kesehatan tubuh keseluruhan. Hal ini tidak berlebihan karena semua bagian tanaman termasuk kulit kayu, akar, daun, bunga, biji, getah dan polong kelor adalah gudangnya nutrisi. Dengan demikian itu kelor memiliki banyak manfaat yang tidak terhitung jumlahnya untuk kulit, rambut, kesehatan dan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Beberapa bagian dari tanaman kelor yang paling sering digunakan untuk obat yaitu daun, bunga, akar dan bijinya. Biji dan akar kelor biasanya diolah untuk diambil minyaknya, kalau daun, polong, dan bunganya biasanya dikonsumsi sabagai tambahan sayuran. Sedangkan kulit, getah, biji, minyak, daun, akar, dan bunganya juga digunakan untuk membuat obat tradisional diberbagai macam Negara.

Daun Kelor Untuk Kesehatan
Daun Kelor Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan:

  • Biji polong kelor ini mengandung 40% minyak yang dikenal sebagai minyak Ben, minyak kelor ini kaya antioksidan, dan profil nutrisinya mirip dengan minyak zaitun.
  • Daun kelor yang masih muda yaitu bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari tanaman ini. Hal ini dimanfaatkan sebagai sayuran, yang menyediakan zat besi yang berjumlah 3 kali lebih banyak dari pada sayuran daun bayam.
  • Kelor menyediakan semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino yaitu unsure protein yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh, dan juga bisa memperbaiki dan memelihara sel. Tubuh amnesia memproduksi asam amino antara 10 sampai 12 jenis, sedangkan sisanya yang 8 dikenal dengan asam amino esensial yang harus didapatkan dari makanan sehari-hari.
  • Ternyata daun kelor ini juga bisa membantu meningkatkan jumlah energi secara alami dan tahan lama, daun kelor ini juga bisa menyembuhkan bisul, menghambat tumor, mengurangi rasa sakit sendi dan mengendalikan tekanan darah.
  • Mengkonsumsi daun kelor secara rutin merupakan bagian dari diet yang meningkatkan mekanisme pertahanan alami tubuh terhadap infeksi. Hal ini adalah stimulasi untuk kekebalan tubuh, bahkan juga sering diresepkan untuk pasien AIDS.
  • Kelor bisa menyeimbangkan kadar gula, sehingga bisa membantu mengontrol kadar gula bagi penderita kencing manis.
  • Daun kelor tidak memiliki efek smaping, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Daun kelor juga bisa dibuat untuk tambahan bubur, pasta dan roti untuk meningkatkan nutrisi makanan.
  • Suplemen alami dari kelor terbuat dari daun dan polong kelor, ini merupakan sumber alami dari kalsium dan multivitamin. Hal ini sangat baik untuk menunjang vitalitas tubuh, dan ini tidak ada efek sampingnya karena terbuat dari bahan alami.
  • Bunga kelor sudah digunakan untuk pembuatan teh herbal yang mengandung flavonoid dan beberapa antioksidan.
  • Akar kelor digunakan dalam pembuatan obat tradisional untuk mengendalikan gangguan sistem peredaran darah, mencegah peradangan, dan juga bisa meningkatkan fungsi saluran pencernaan.

Ternyata didalam kandungan yang ada didalam akar kelor bisa menyembuhkan penyakit kanker ovarium, peradangan dan batu ginjal. Hal ini juga meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan karena membantu mengeluarkan kalsium dan fosfat dari dalam ginjal yang lebih efisien.

Manfaat Kelor Untuk Rambut

  1. Kelor memiliki kandungan vitamin A yang tingi, vitamin A ini berperan penting dalam perkembangan sel dan jaringan dalam tubuh yang sehat dan mengurangi potensi rambut rontok. Ternyata kekurangan vitamin A bisa menyebabkan penebalan pada kulit kepala, yang berakhir pada rambut yang kering dan berketombe.
  2. Minyak kelor yaitu suplemen alami yang bisa meningkatkan kekuatan rambut dan kesehatan kulit kepala. Dengan kalian memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak kelor ini juga bisa membantu mengurangi rambut pecah dan berketombe. Hal ini bisa membantu memberikan vitamin dan mineral untuk meremajakan folikel rambut dan jaringan kulit kepala.
  3. Kelor mengandung banyak mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan makan yang penting untuk kesehatan rambut.
  4. Kelor merupakan gudangnya semua jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Rambut rontok bisa terjadi karena kekurangan vitamin B6, biotin, inositol, dan asam folat. Sirkulasi darah yang tepat untuk kulit kepala akan memungkinkan bagi folikel rambut yang tumbuh lebih kuat dan sehat. Vitamin C secara bersama dengan vitamin E akan membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal ini sangat penting untuk memelihara kapiler yang membawa darah ke folikel rambut.
  5. Vitamin E merupakan jenis antioksidan kuat yang berperan merangsang sirkulasi darah di sekitar kulit kepala, alirah darah yang tepat ke kulit kepala akan membantu pengiriman nutrisi yang cukup ke folikel rambut.
Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kelor Untuk Kulit

  • Sama halnya dengan rambut, asupan nutrisi yang sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat. Kelor kaya dengan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E, dan juga mineral termasuk tembaga, zat besi. Tanaman ini juga memiliki sifat pelembab yang memiliki kemampuan pembersih yang sangat baik, sehingga sering digunakan untuk bahan aktif dan produk perawatan kulit.
  • Bubuk biji kelor sering digunakan sebagai bahan aktif untuk krim pembersih, yang akan memberikan perlindungan kulit dari asap dan polusi.
  • Biji bauh kelor merupakan bahan yang populer untuk industri kosmetik, karena mempunyai manfaat untuk memurnikan kulit. Didalam biji daun kelor ini mempunyai kandungan untuk menyaring kotoran dalam kulit yang akan mengingatkan warna alami kulit. Bubur yang terbuat dari daun kelor ini mampu memperindah kulit dan juga digunakan sebagai masker wajah.

Efek Samping Dari Daun Kelor

Daun kelor aman untuk diminum dan digunakan dengan tepat. Daun, buah, dan biji-bijian mungkin aman saat dimakan sebagai makanan. Tetapi penting untuk menghindari memakan akarnya. Bagian tanaman yang dapat mengandung zat beracun bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

Kelor kemungkinan tidak cocok untuk ibu hamil karena bahan kimia dalam akar, kulit kayu, dan bunganya dapat membuat kontrak rahim dan ini bisa menyebabkan keguguran. Daun kelor terkadang juga digunakan untuk meningkatkan produksi ASI, beberpa penelitian menunjukkan kemungkinan hal tersebut. Namun, belum ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah aman untuk bayi. Oleh karena itu, hal yang terbaik yaitu hindarilah daun kelor saat sedang hamil dan menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.