Home >> Buah Buahan >> Mengetahui Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan
Kandungan Buah Alpukat
Kandungan Buah Alpukat

Mengetahui Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

buah alpukat adalah buah yang berasal dari Mexico, namun dapat tumbuh dan berkembang di Indonesia dengan bagus. Buah alpukat memang menjadi primadona semua orang karena memiliki rasa yang lezat dan juga memiliki tekstur yang lembut. Akan tetapi pernahkan anda mengetahui khasiat apa yang dapat diambil dari mengkonsumsi buah alpukat untuk tubuh kita. buah alpukat tidak hanya lezat namun termasuk makanan yang sangat menyehatkan, dan bahkan karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya, buah alpukat dikategorikan sebagai Super Food oleh para pakar gizi.

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat
Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat

Di dalam buah alpukat terkandung 22.5 g lemak yang sebagiannya adalah monounsaturated fat yang sangat baik untuk tubuh dan juga sangat rendah fruktosa. Selain itu juga buah alpukat mengandung nutrisi yang sangat diperlukan tubuh seperti potassium, fiber, vitamin E, vitamin B-Complex, acid, folic, dan masih banyak lagi zat yang sangat penting dan tidak kalah penting bagi tubuh. dan kita tidak perlu khuwatir

Dan tidak hanya memiliki banyak kandungan nutrisi, buah alpukat juga dikenal sebagai makanan yang sangat baik dan tentunya aman untuk dikonsumsi. Dan kita tidak perlu khawatir apabila buah alpukat terserang insektisida dan bahan kimia karena kulitnya yang tebal sudah melindungi daging buah. Dan berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari mengkonsumsi buah alpukat setiap hari bagi tubuh kita :

Manfaat Buah Alpukat

Khasiat Buah Alpukat
Khasiat Buah Alpukat

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang menganggap dengan sering mengkonsumsi buah alpukat akan dapat membuat badan kita menjadi gemuk. Itu memang dapat terjadi dikarenakan buah alpukat mengandung banyak lemak, akan tetap lemak yang terkandung dalam buah alpukat termasuk lemak yang baik bagi tubuh. jadi bagi anda yang ingin menambah berat badan, anda dapat mengkonsumsi buah alpukat dengan tambahan gula dan juga susu. Akan tetapi buah alpukat apat menjadikan tubuh kita langsing apabila dikonsumsi dengan tepat.

Dan bagi anda yang sering ngemil, mungkin mengkonsumsi buah alpukat dapat membuat anda mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut. Hasil dari sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan menambahkan buah alpukat ke dalam menu makanan kita dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Jadi ini bisa diterapkan bagi anda yang sedang menjalani program diet dan masih sering ngemil.

Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Kita beranggapan bahwa buah alpukat merupakan buah yang memiliki banyak sekali kandungan lemaknya, dan membuat orang bayak menghindari buah ini karena takut dapat meningkatkan kolesterol. Padahal sebenarnya kandungna lemak dalam buah alpukat kaya akan monosaturated fat. Dan juga alpukat memiliki kandungan betasitosterol yang cukup tinggi.dan hal inilah yang membuat buah alpukat menjadi buah yang ideal bagi orang yang sedang memiliki kolesterol tinggi.

Hasil penelitian juga menunjukan bahwa mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sebanyak 11% dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat hingga mencapai 22%. Buah alpukat dapat membantu menurunkan kadar Trigliserida yang ada dalam tubuh hingga sebanyak 20%. Jadi apabila anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi jangan takut untuk mengkonsumsi buah alpukat, justru buah alpukatlah bias menjadi obatnya.

Mencegah Penyakit Kanker, Stroke, Dan Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kandungan oleic acid yang ada dalam buah alpukat dapat membantu mencegah kanker payudara, membantu menghambat pertumbuhan tumor yang ada pada prostat, serta juga dapat mencari dan juga menghancurkan sel-sel prakanker yang ada dalam tubuh. buah alpukat juga memiliki kandungan folate sebanyak 23%, dan juga ditambah dengan vitamin E dan Monounsaturated fat, buah alpukat juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan cuga pencegahan terhadap penyakit stroke. Dan juga selain itu buah alpukat mengandung antioksidan yang dinamai glutathione yang dapat berperan dalam mencegah penyakit pada jantung, kanker, serta membantu melawan radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Mata

Dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu anda untuk dapat meyerap carotenoids dan beta carotene sehingga menjadi lima kali lipat lebih banyak dan baik tentunya. Kandungan dari carotenoids yang ada dalam buah alpukat jauh lebih tinggi daripada jenis buah-buahan yang lain. Zat yang ada dalam buah alpukat dapat melindungi mata dari penyakit katarak, dan mencegah dari kebutaan pada usia lanjut. Dan tentunya hal ini menyebabkan buah alpukat dapat melebihi dari manfaat wortel sebagai makanan yang baik bagi mata.

Menjadikan Tampak Lebih Muda dan Kulit Menjadi Lebih Halus

Meski efeknya tidak langsung, mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dapat membuat anda menjadi tampak lebih muda, karena buah alpukat kaya akan antioksidan yang salah satunya adalah gluthatione, dan juga carotenoids, dan beberapa zat lain yang tentunya sangat bermanfaat bagi kulit wajah. Karena zat tersebut memiliki manfaat antara lain dapat memperlambat proses penuaan dan bahkan juga dapat disebut sebagai anti-aging. Hal ini tentunya membuat kulit anda, terlebih pada bagian wajah, agar terhindar dari kerutan dan juga tanda-tanda penuaan.

Kandungan Buah Alpukat
Kandungan Buah Alpukat

Selain kandungan antioksidannya, kandungan Monounsaturated Fatty Acids yang ada pada buah alpukat mempunyai manfaat dalam menjaga kelembaban pada lapisan epidermis kulit, sehingga dapat membantu kulit agar tetap tampak halus juga cukup lembab.

Membantu Penyerapan Nutrisi yang Lebih Baik

Dengan mengkonsumsi buah alpukat ternyata dapat meningkatkan jumlah karotenoid yang diserap dari makanan hingga mencapai lima kali lipat. Kandungan karotenoid yang adalah termasuk ke dalam beta karoten dan juga likopen, adalah merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan agar menjadi lebih baik. Hal ini terjadi karena nutrisi dan juga enzim yang ada dalam buah alpukat dapat bekerja secara langsung dalam mengurangi peradangan pada lambung dan juga peradangan pada bagian lapisan mukosa di usus halus. Dan itulah yang menyebabkan kita tidak hanya mendapat tenaga listrik dari nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat, tetapi anda juga mendapat manfaat yang lebih besar dari makanan yang gunakan sebagai campuran dari buah alpukat.

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah alpukat, alangkah lebih baiknya apabila anda bias mengkonsumsi buah  ini secara rutin dan teratur. Dan normalnya dalam sehari anda bis mengkonsumsi setengah hingga satu buah alpukat. Dan sama halnya dengan sebuah makanan, apabila mengkonsumsi buah alpukat terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Dan bagi anda yang menghendaki tubuh langsing tidak gemuk sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah alpukat dengan banyak gula dan susu.

Jus Alpukat Untuk Diet
Jus Alpukat Untuk Diet

Meski kita telah mengetahui sendiri berbagai manfaat yang terkandung dalam buah alpukat, tetap saja mengkonsumsi buah alpukat saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan tubuh kita. kita perlu mencampurkan jenis-jenis lain makanan yang memiliki nutrisi dalam menu makanan kita sehari-hari. Dan juga kita perlu mengadakan pengecekan terhadap kondisi tubuh kita secara rutin agar memiliki tubuh yang sehat.

Itulah sedikit mengenai beberapa manfaat yang tekandung dalam buah alpukat yang dapat kita dapatkan hanya dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin. Semoga bermanfaat bagi anda yang menginginkan tubuh yang sehat dengan cara alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.