Home >> Tumbuhan >> Bunga >> Macam Macam Bunga Terindah dari Seluruh Penjuru Dunia
Macam Macam Bunga
Macam Macam Bunga

Macam Macam Bunga Terindah dari Seluruh Penjuru Dunia

Bunga siapa sih yang tidak mengenal dengan tumbuhan yang satu ini? Warna kelopaknya yang indah dengan dicampuri aromanya yang begitu menyegarkan membuat berbagai tumbuhan bungan ini digemari sebagai tanaman hias. Sebenarnya bunga daun dan batang yang berada disekelilingnya yang mengalami perubahan bentuk, dan setelah menjadi bunga fungsinya juga ikut berubah yaitu menjadi organ reprokduksi pada tanaman yang melalui benang sari atau putik yang terdapat didalamnya.

Banyak bunga yang mempunyai mahkota atau kelopak yang begitu menawan dan menarik selain itu aroma yang dikeluarkan dari bunga juga bisa memanjakan orang yang menghirupnya. Tapi tidak semua jenis bunga mempunyai aroma yang segar ternyata juga terdapat bunga yang memiliki aroma yang tidak sedap seperti bunga bangkai dan Rafflesia arnoldi.

Banyak sekali jenis bunga yang tersebar dipenjuru dunia ini termasuk negara tercinta kita ini yang pastinya memiliki banyak jenis spesies tumbuhan berbunga. Nah dalam topik kali ini kami akan membahas tentang jenis jenis bunga indah yang tersebar diseluruh penjuru dunia.

1.Bunga Mawar

Bunga Mawar
Bunga Mawar

Bunga mawar adalah bunga yang indah yang sudah sangat terkenal oleh masyarakat yang ada dibelahan dunia ini. Bunga mawar juga termasuk dalam kategori tanaman semak genus rosa, jadi banyak sekali orang yang menyebut bunga mawar dengan sebutan bunga rosa atau rose, bunga mawar juga tergolong dengan tanaman hias semak yang terdapat duri disekeliling batangnya. Bungan mawar biasanya dapat tumbuh hingga ketinggian mencapai 2 hingga 5 meter, tapi beberapa spesiesnya yang lain dapat tumbuh hingga 20 meter. Didunia ini setidaknya ada kurang lebih 100 spesies bunga mawar dan banyak diantaranya yang tumbuh mekar didaerah yang cukup dikenal mempunyai suhu yang cukup sejuk.

2.Bunga Edelweis

Bunga Edelweis
Bunga Edelweis

Bunga edelweiss atau yang sering disebut dengan bunga sendure mempunyi julukan sebagai bunga abadi. Kenapa? karena bunga edelweis akan terlihat tetap segar walaupun sudah dipetik dalam jangka waktu yang lumayan lama. Meskipun bunga ini tergolong bunga yang sudah langkaa keberadaanya tapi kita masih bisa menjumpainya dibeberapa pegunungan tinggi termasuk gunung yang berada pada negara tercintai ini seperti gunung rinjani, gunung gede dan lain sebagainya.

3.Bunga Sakura

Bunga Sakura
Bunga Sakura

Bunga sakura adalah bunga yang bersal dari negara jepang, kelopak bunganya yang berwarna pink lembut akan bermekaran diakhir musim semi di negara jepang, lebih tepatnya pada awal sampai akhir bulan April. Pohon bunga sakura termasuk sebagai keluarga dari Rosaceae. Nama sakura diambil dari bahasa negaraa itu sendiri yaitu “saku” yang berarti mekar, dan “ra” hanyalah sebuah imbuhan sebagai bentuk jamaknya.

4.Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang indah dan sudah dikenal banyak orang diseluruh penjuru dunia, tumbuhan ini juga mempunyai nama latin yaitu Orchidacae. Adapun spesies dari bunga ini begitu banyak, bahkan saking banyak jenisnya bunga ini dinobatkan sebagai bunga yang mmpunai banyak jnis didunia. Meskipun bunga ini tidak termasuk dalam golongan tumbuhan parasit, tapi hidup pohon bunga ini itu menempel pada pohon lainnya seperti pohon jambu, mangga dan lain sebagainya. Meskipun begitu bunga anggrek hidupnya idak berganung pada pohon yang ditumpanginya.

5.Bunga Flamboyan

Bunga Flamboyan
Bunga Flamboyan

Bunga ini mirip seperti bunga sakura, bungan flamboyant adalah jenis tanaman bunga yang dapat tumbuh menjadi pohon yang besar, bagian atas ohon ini akan melebar layaknya seperti payung rasaksa. Adapun warna khas dari bunga flamboyant adalah warna merah, dan mahkotanya juga tumbuh mengembang dan tampak terlihat seperti cakar maka dari itu bungan flamboyant dijuluki sebagai delonix yang mempunyai arti mencolok (delos) dan cakar (onyx).

Jika tanaman hias ini ditanam di temppat yang hanya mempunyai 2 musim saja maka tanaman ini akan menggugurkan daunnya pada saat musim kemarau, dan jika ditanam ditempat yang mempunyai 4 musim maka daunnya akan terlihat tetap hijau samapai musim semi tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.