Home >> Ragam Manfaat >> Macam –Macam Buah Berry Beserta Dengan Manfaatnya
Macam - Macam Buah Berry
Macam - Macam Buah Berry

Macam –Macam Buah Berry Beserta Dengan Manfaatnya

Semua pasti sudah tau apa itu yang dimaksud dengan buah. Buah merupakan hasil dari sebuah tanaman yang dapat dipetik dan dipanen, yang kemudian buah tersebut dapat dikonsumsi oleh manusia maupun hewan. Di dunia ini banyak sekali jenis buah yang mudah di jumpai di segala daerah, namun tidak banyak juga buah yang hanya dapat di jumpai di salah satu tempat saja. Hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan kondisi iklim, keadaan sekitar dan juga karena perbedaan dari buah itu sendiri.

Dari sekian banyak jenis buah di dunia ini, kali ini saya akan membahas mengenai buah yang memiliki ukuran yang cukup kecil namun menyimpan sejuta manfaat. Buah yang saya maksud tersebut adalah buah Berry. Buah berry merupakan salah satu buah yang meiliki ukuran yang cukup kecil, namun buah berry juga memiliki daging buah yang cukup banyak. Selain itu buah berry juga memiliki berbagai macam. Berikut adalah macam – macam buah berry lengkap dengan manfaatnya.

 

Macam – macam Buah Berry dan Juga Manfaatnya :

 

1.Strawberry

Strawberry
Strawberry

Pasti sudah banyak orang yang mengenal dengan buah yang satu ini. Strawberry merupakan salah satu buah yang disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan juga memiliki rasa asam yang menyegarkan. Selain rasanya yang menyegarkan, buah strawberry sering juga diolah menjadi berbagai jenis panganan. Biasanya buah strawberry digunakan sebagai campuran pada es krim, sebagai perasa kue hingga bisa juga dijadikan jus. Selain diolah menjadi berbagai jenis panganan, tidak jarang juga bila buah yang satu ini dapat juga dijadikan sebagai hiasan pada berbagai jenis makanan seperti kue ulang tahun dan juga yang lainnya. Karena secara fisik buah Strawberry memiliki warna dan juga bentuk yang cantik dan cerah.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan dan juga bentuknya yang cantik, buah strawberry juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Berdasarkan dengan hasil penelitian, buah strawberry terbukti mengandung antioksidan yang tinggi, dan juga mengandung vitamin C, folat, kalium serta asam egallic. Maka dari itu buah strawberry mampu mencegah berbagai macam penyakit seperti Stroke hingga peradangan sendi.

2.Blackberry

Blackberry
Blackberry

Blackberry yang dimaksud disini bukan brand dari sebuah ponsel loh, Melainkan salah satu jenis buah berry. Sesuai dengan namanya, buah yang satu ini memiliki warna ungu yang agak sedikit kehitaman. Sejak dulu buah Blackberry telah dipercaya sebagai salah satu obat yang sering digunakan oleh suku Indian (Amerika). Mereka tidak hanya memanfaatkan buahnya saja untuk dijadikan obat, namun mereka juga memanfaatkan daun dan juga akarnya.

Telah terbukti bahwa buah Blackberry memiliki kandungan yang mampu mengobati diare, cystitis, dan juga dapat mencegah penyakit disentri. Dengan mengonsumsi buah blackberry yang telah dicampur dengan madu dan juga kulit akarnya, ternyata dapat melindungi anda dari berbagai macam tersebut.

3.Bilberry

Bilberry
Bilberry

Buah bilberry ini merupakan salah satu buah berry yang agak berbeda dengan buah berry yang lainnya karena bilberry memiliki rasa yang agak sedikit masam seperti buah anggur. Buah yang satu ini biasanya tumbuh liar didaerah yang memiliki iklim subtropis. Buah bilberry ini memiliki ukuran yang kecil seperti anggur, namun bilberry memiliki kulit yang tipis yang berwarna biru kehitaman.

Selain memiliki ciri yang cukup unik, buah bilberry ternyata memiliki kandungan antosianin yang membuat pigmen warna bilberry berbeda. Selain itu buah bilberry juga bermanfaat dalam mengobati penyakit kanker, mata, bahkan juga penyakit jantung. Anda dapat mengonsumsi buah tersebut secara mentah maupun membuatnya sebagai jus.

  1. Raspberry

Raspberry
Raspberry

Buah yang satu ini merupakan buah yang sejenis dengan Strawberry, namun memiliki bentuk dan juga warna yang berbeda. Buah ini memiliki banyak warnayang berbeda, namun buah ini lebih dikenal dengan warna merah dan juga hitam. Selain itu, buah ini juga pupoler karena rasanya yang manis dan juga agak masam.

Sejauh ini buah raspberry terbukti mengandung flavonoid, antioksidan, dan juga asam salsilat yang dapat mencegah penyakit kanker, penuaan dini, dan juga penyakit lainnya. Selain itu buah raspberry juga sering digunakan sebagai bahan pemanis pada kue ataupun cookies. Rasa manis yang dimiliki buah raspberry juga sangat aman jika di konsumsi oleh orang yang menderita diabetes.

5.Dewberry

Dewberry
Dewberry

Buah yang masih satu keluarga dengan buah blackberry dan juga raspberry ini memiliki ukuran buah yang cukup besar, yaitu sekitar 15 – 22 mm, dan juga memiliki warna ungu kehitaman yang mirip dengan buah blackberry. Namun disini buah Dewberry merupakan buah yang tumbuh secara liar dipermukaan tanah. Dan biasanya buah ini diolah menjadi selai dan juga teh.

6.Mulberry

Mulberry
Mulberry

Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang belum banyak dikenal di Indonesia. Namun buah ini sudah cukup banyak dikonsumsi dan juga di manfaatkan di luar negeri. Buah ini merupakan buah berry dari keluarga Moraceae yang memiliki jenis dan juga daerah asal yang berbeda. Buah ini juga tergolong dalam jenis tanaman semak yang tumbuh di daerah beriklim subtropis  dan memiliki tinggi pohon hingga 15 meter.

Buah mulberry ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan juga menyimpan senyawa antioksidan yang mampu menghindarkan kuman maupun bakteri dalam tubuh. Mulberry juga mengandung restravol yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga vitalitas tubuh. Selain itu buah mulberry juga mampu mencegah tumor pada kulit, payudara, dan juga prostat. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara rutin dengan cara membuatnya sebagai selai roti.

7.Blueberry

Blueberry
Blueberry

Buah berry yang selanjutnya adalah Blueberry, buah ini merupakan buah tanaman semak yang juga masih satu keluarga dengan Bilberry. Tanaman buah Blueberry ini memiliki anak cabang yang dapat ditanam di daerah berpasir dan juga memiliki tempat lading yang luas serta dapat terpapar sinar matahari secara langsung.

Awalnya buah ini hanya tumbuh di Amerika Utara saja, namun pada saat ini buah Blueberry sudah tumbuh di negara Selandia Baru dan juga Australia. Buah ini juga merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang. Karena disini buah blueberry mengadung senyawa antioksidan yang tinggi. Selain itu Blueberry juga mengandung polifenol, Vitamin A, C, E, serta mengandung banyak serat. Biasanya buah Blueberry digunakan sebagai oabat pencegah kanker dan juga untuk kesehatan otak.

8.Lingonberry

Lingonberry
Lingonberry

Buah Lingonberry merupakan jenis buah berry yang meiliki ukuran yang cukup kecil seperti kacang kedelai dan memiliki warna seperti raspberry. Buah ini memiliki aroma yang amat kuat, dan memiliki warna merah cerah hingga merah gelap. Buah Lingonberry ini menyimpan kandungan gizi yang sama besar dengan blueberry. Namun buah lingonberry tidak mengandung pangan dan juga vitamin A di dalamnya.

9.Gooseberry

Gooseberry

Selanjutnya adalah buah Gooseberry yang biasanya disebut cermai atau Otaheite gooseberry. Berry jenis ini cukup banyak dijumpai di Indonesia. Buah berry jenis ini memiliki pohon yang mirip seperti pohon blimbing. Buah gooseberry ini memiliki ukuran buah yang cukup besar yang berwarna hijau dan memiliki daging berair berwarna putih segar. Buah ini rasanya cukup asam namun menyegarkan, tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan buah ini sebagai campuran rujak. Buah gooseberry atau buah cermai ini umumnya tumbuh di daerah subtropis.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.