Home >> Kesehatan >> Inilah Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun Untuk Tubuh Kita
Manfaat Minyak Zaitun
Manfaat Minyak Zaitun

Inilah Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun Untuk Tubuh Kita

Minyak zaitun atau juga disebut Olive Oli adalah minyak yang terdapat dari proses penggilingan buah zaitun. Minyak zaitun termasuk kedalam kategori minyak sehat yang banyak mengandung kandungan lemak tak jenuh. Di dalam minyak zaitun juga terdapat kandungan vitamin E, vitamin K, dan sangat sedikit sekali zat besi. Manfaat Minyak zaitun memiliki banyak sekali kegunaan dalam berbagai bidang seperti obat-obatan, masakan, bahan bakar, sabun, bahan kosmetik, mengatasi bibir pecah-pecah dan masih banyak lagi.

Minyak zaitun termasuk minyak yang dapat dikonsumsi langsung tanpa harus melewati proses pengolahan terlebih dahulu. Manfaat dari minyak zaitun memang sudah dikenal sejak zaman dulu. Kebanyakan orang zaman dulu memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai bahan kecantikan, dan juga sebagai obat tradisional. Karena minyak zaitun juga mengandung vitamin E yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung, kanker, dan juga membantu dalam memperkuat daya tahan tubuh.

Beberapa Jenis Minyak Zaitun

Jenis-jenis Minyak Zaitun
Jenis-jenis Minyak Zaitun

Virgin Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini merupakan produk minyak zaitun yang banyak diminati dan populer di kalangan banyak orang. Minyak zaitun jenis ini dapat kita gunakan sebagai minyak goreng yang terkenal karena memiliki kandungan asam yang cukup rendah. Tentunya ini sangat sesuai untuk orang yang hendak menikmati manfaat dan khasiat dari minyak zaitun tanpa harus khawatir dengan kesehatan terhadap kandungan zat asam.

Extra Virgin Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini dibuat menggunakan melakukan pendinginan buah zaitun. Banyak orang berpendapat bahwa minyak zaitun jenis ini adalah jenis yang terbaik untuk perawatan tubuh kita. Namun banyak orang beranggapan bahwa harga minyak zaitun jenis ini sangatlah mahal padahal sebenarnya tidak.

Pure Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini memiliki kandungan asam yang tinggi karena merupakan gabungan dari minyak zaitun halus dan juga minyak zaitun original.  Oleh sebab itu tidak terlalu banyak orang menggunakannya karena dapat membahayakan kesehatan kita.

Lampante Oil

Minyak zaitun jenis ini tidak aman untuk kesehatan tubuh kita, oleh karenanya kebanyakan orang memanfaatkan minyak zaitun jenis ini hanya untuk dijadikan sebagai bahan bakar saja bukan untuk memasak.

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun
Manfaat Minyak Zaitun

Kadar lemak yang terdapat dalam minyak zaitun memanglah cukup tinggi. Namun tetap saja minyak zaitun tergolong dalam minyak yang sehat apabila dikonsumsi untuk tubuh, karena kadar minyak jenuh dalam minyak zaitun ini hanya 14% saja. Dan selebihnya adalah kandungan minyak tidak jenuh yang dapat menyehatkan bagi kesehatan tubuh manusia.

Meskipun begitu, anda harus tetap memberikan batasan dan juga control dalam pemberian asupan lemak untuk tubuh anda. Karena kadar kalori dalam per 100 gramnya adalah 8,85 kilokalori. Sebaiknya anda menggunakan minyak zaitun ini dengan baik dan juga benar agar kita tetap bias mendapatkan berbagai manfaat dari minyak zaitun bagi tubuh kita.

Berikut adalah beberapa manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun yang dapat membantu bagi kesehatan kita :

1. Membantu Memelihara Kesehatan Jantung

Seperti yang telah kita ketahui bahwa minyak zaitun mengandung lemak tidak jenuh yang sangat banyak dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun ini adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dan terlebih dapat mengendalikan kadar kolesterol jahat yang sangat membahayakan bagi tubuh dan juga dapat mempertahankan kolesterol baik dalam tubuh. Dan ini yang membuat minyak zaitun sangat bermanfaat dalam menjaga atau merawat kesehatan jantung.

2. Menurunkan Angka Kematian

Dari berbagai studi yang sudah dipublikasikan di majalah Lanst pada 20 Desember 1999. Yang menunjukan bahwa di daerah Albania yang berada di Eropa dan sangat terkenal dengan penduduknya yang mayoritas beragama islam. Yang sangat mengaggumkan dari daerah ini adalah sangat kecilnya angka kematian, perbandingannya dikalangan pria adalah 41 orang setiap 100.000 orang. Ini merupakan angka yang cukup mengaggumkan bukan. Dan itu semua mereka dapatkan karena kebiasaan mereka menggunakan minyak zaitun dalam campuran makanan mereka.

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

3. Pencegah Terjadinya Gejala Kanker

Minyak zaitun tidak hanya mengandung kandungan lemak tak jenuh yang sangat banyak dan baik untuk kesehatan, ternyata di dalam minyak zaitun juga terdapat kandungan antioksidan yang memang cukup tinggi. Dan karena adanya kandungan antioksidan dapat membantu mengurangi dan juga mencegah penyakit kanker. Terdapat senyawa hidroksitirosol didalam antioksidan yang dapat berfungsi dalam menormalkan kadar gula yang ada di dalam tubuh. Dan itulah yang membuat minyak zaitun dapat dijadikan sebagai obat dalam mencegah dan juga menurunkan resiko penyakit berbahaya ini.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi

Manfaat lain yang dapat kita dapatkan dari manfaat minyak zaitun dan sudah cukup terkenal oleh bayak orang adalah manfaatnya dalam mengurangi kadar kolesterol yang sangat tinggi. Dan dapat dipastikan kadar kolesterol anda akan turun setelah mengkonsumsi minyak zaitun ini secara teratur. Dan kadar kolesterol buruk dalam tubuh dapat berkurang setelah mengkonsumsi minyak zaitun dikarenakan campuran antioksidan yang ada dalam minyak zaitun. Meski begitu itu tidak akan berpengaruh terhadap kadar kolesterol baik yang ada dalam tubuh.

5. Kandungan Minyak yang Sama Dengan Asi

Kandungan minyak yang terdapat dalam minyak zaitun sebenarnya adalah jenis minyak yang paling baik untuk dikonsumsi oleh manusia, karena hasil penelitian mengemukakan bahwa kandungan minyak dalam minyak zaitun sama dengan kandungan minyak berantai tunggal yang ada dalam ASI pada ibu.

6. Sehat Untuk Usus

Dalam minyak zaitun terdapat kandungan senyawa Oleuropein Aglycone, peran dari senyawa ini sangatlah penting terlebih bagi kesehatan usus. Itu dikarenakan senyawa ini berfungsi dalam menjaga suplaian darah menuju usus. Selain itu senyawa ini juga berfungsi dalam mengurangi kerusakan usus yang disebabkan oleh penyakit anemia atau kekurangan darah.

7. Ampuh Menangkal Radikal Bebas

Minyak zaitun mengandung antioksidan polifenol yang dapat mengupayakan tubuh ketika dalam proses detoksifitkasi molekul yang tidak seimbang. Dan akan dapat membantu dlam menangkal serangan radikal bebas.

8. Mengurangi Peradangan Sendi

Dikutip dari sebuah majalah yang terbit pada November 1999, bahwa terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh 145 pasien yang menderita sakit pada persendian. Dan tampaknya orang-orang yang sedang menderita penyakit peradangan sendi dan mengkonsumsi minyak zaitun dapat memberikan efek yang sangat teras dalam mengurangi sakit radang pada sendi.

9. Menghilangkan Sakit Atau Nyeri

Minyak zaitun mengandung  senyawa oleokantal yang dapat menegah peradangan, ini hamper setara dengan obat penghilang rasa sakit ibuprofein atau obat-obatan lain sejenisnya. Selain dapat menghilangkan rasa nyeri minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai obat lecet, luka bakar, dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat kita dapatkan dari minyak zaitun bagi kesehatan tubuh kita, manfaat minyak zaitun antara lain :

  1. Mencegah terjadinya kanker kulit
  2. Mencegah terjadinya kanker colon
  3. Mencegah atau mengurangi diabetes
  4. Menghilangkan migrant
  5. Membantu menghilangkan prnyakit kurap
  6. Mencegah infeksi yang disebabkan oleh jamur
  7. Meredakan konstipasi
  8. Menghilangkan penyakit eksim
  9. Membantu menunda penuaan dini
  10. Membantu melembabkan kulit wajah
  11. Memanjangkan dan melebatkan rambut
  12. Melembabkan bibir
  13. Dan masih banyak lainnya.

Jadi apabila anda menginginkan pola hidup yang sehat, anda bisa untuk memulai menggunakan minyak zaitun pada berbagai aktivitas anda sehari-sehari. Demikianlah sedikit mengenai minyak zaitun dan manfaatnya. semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai untuk hidup sehat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.