Home >> Kesehatan >> Ketahui Manfaat Menakjubkan Dalam Gerakan Sholat!
Manfaat Gerakan Sholat
Manfaat Gerakan Sholat

Ketahui Manfaat Menakjubkan Dalam Gerakan Sholat!

Sholat merupakan kewajiban utama bagi pemeluk agama Islam. Sholat juga merupakan pembeda antara orang yang Islam dengan yang bukan Islam. Gerakan sholat dimulai dari takbiratul ikhram dan diakhiri dengan gerakan salam. Pemeluk agama Islam diwajibkan untuk mengerjakan sholat yaitu sebanyak 5 kali sehari. Selain untuk mendekakatkan diri kepada tuhan dan memenuhi kewajiban sebagai seorang hamba kepada tuhannya, ternyata sholat juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Gerakan-gerakan pada sholat telah terbukti dapat memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan setiap gerakan sholat bisadapat mengoptimalkan jaringan sel dan peredaran darah dalam tubuh, aliran darah yang lancar akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Bahkan para peneliti mancanegara pun juga telah menyatakan bahwa gerakan dalam sholat dapat berpengaruh baik pada bagian tubuh tertentu, asalkan gerakan yang dilakukan dalam sholat harus benar sesuai dengan yang diajarkan oleh nabi Mohammad SAW, dan dalam jangka waktu yang tetentu. Dan berikut beberapa manfaat dalam gerakan sholat:

1.Takbiratul Ikhram

gerakan takbiratul ikhram yang benar
Gerakan Takbhiroyul Ikhram

Gerakan pertama saat sholat adalah takbiratul ikhram, gerakannya ialah mengangkat kedua tangan (ibu jari disejajarkan dengan dada atau daun telinga) lalu tangan di sedakapkan di atas pusar (tangan kanan berada di atas tangan kiri). Saat kedua tangan diangkat, otot pada bahu akan melakukan peregangan sehingga dapat melancarkan aliran darah dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Dan saat keduan tangan disedakapkan di atas perut, aliran darah dan getah bening akan menjadi lancar, kekuatan otot lengan juga akan semakin bertambah, serta akan menghindarkan tubuh dari gangguan persendian. Posisi tegap saat sholat juga dapat membuat posisi jantung tepat berada di bawah otak sehingga darah akan dapat mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

2.Rukuk

 

Gerakan Rukuk
Gerakan Rukuk

Gerakan kedua dalam sholat adalah rukuk, gerakannya adalah punggung menunduk dengan posisi tulang belakang dan kepala yang lurus, dan bahkan saking lurusnya saat segelas air diletakkan di atas punggung, gelas itu tidak akan terjatuh. Kedua tangan bertumpu pada lutut, dan kaki berdiri dengan tulang yang lurus. Gerakan saat rukuk ini memiliki fungsi untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi dari tulang belakang yaitu sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat. Saat rukuk, posisi jantung juga akan sejajar dengan otak, sehingga darah akan mengalir secara maksimal ke tubuh bagian tengah. Dan saat tangan bertumpu pada lutut, otot-otot bahu hingga ke bawah akan rileks. Gerakan rukuk juga merupakan latihan untuk mencegah gangguan pada prostat.

3.I’tidal

Gerakan I'tidal

Gerakan ketiga dalam sholat adalah I’tidal dimana tubuh kembali tegak dengan mengangkat kedua tangan(ibu jari disejajarkan dengan bahu atau daun telinga) sama halnya dengan gerakan takbir. Gerakan I’tidal telah terbukti sangat baik untuk pencernaan karna gerakannya banyak melibatkan perut, sehingga seolah-olah perut dan organ yang ada di dalamnya mengalami pemijatan dan pelonggaran.

4.Sujud

Gerakan Sujud
Gerakan Sujud

Gerakan keempat dalam sholat adalah sujud, gerakannya adalah tubuh menyungkum pada alas dengan 7 anggota badan menyentuh alas, yaitu wajah, kedua telapak tangan (berada di samping wajah), kedua lutut, dan semua jari kedua kaki, punggung pun juga harus dalam keadaan lurus. Manfaat dari gerakan ini adalah darah yang kaya akan oksigen dapat mengalir secara optimal ke otak, dan akan memberi dampak yang baik pada daya seseorang (bisa juga dikatakan dapat menambah tingkta kecerdasan seseorang). Oleh karna itu, lakukanlah gerakan sujud secara tuma’ninah atau tenang dan tidak tergesa-gesa agar darah dan oksigen dapat mengalir ke otak secara maksimal, gerakan ini juga bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari wasir dan melancarkan getah bening.

5.Duduk

Gerakan Duduk Tahiyyat Awal
Gerakan Duduk Tahiyyat Awal

Dalam sholat ada 3 macam duduk, yaitu duduk iftirossy, duduk tahiyat awal, dan duduk tahiyat akhir. Perbedaannya adalah pada posisi telapak kaki dan jangka waktunya. Saat duduk iftirossy atau duduk di antara dua sujud dan duduk tahiyat awal, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung pada syaraf nervus ichhiadius. Posisi seperti ini mampu menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang menjadi penyebab seseorang tidak bisa berjalan dengan lancar.

Gerakan Duduk Tahiyyat Akhir
Gerakan Duduk Tahiyyat Akhir

Sedangkan gerakan duduk tahiyat akhir akan sangat berpengaruh baik pada pria jika dilakukan dengan posisi yang benar, karna saat duduk tahiyat akhir tumit akan menekan aliran kandung kemih, kelenjar prostata dan saluran vas deferens, dan akan mecegah penyakit impotensi. Posisi telapak kaki yang berbeda saat duduk tahiyat awal dan tahiyat akhir dapat meregangkan serta merilekskan seluruh otot tungkai kaki.

6.Salam

Gerakan Salam
Gerakan Salam

Gerakan salam merupakan gerakan terakhir dalam sholat, gerakannya adalah memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Manfaat gerakan tersebut adalah meregangkan dan merileksasi otot di sekitar leher dan melancarkan aliran darah menuju otak, gerakan ini juga bermanfaat untuk mencegah sakit kepala dan menjaga kulit wajah agar tetap kencang.

Setelah mengetahui manfaat yang begitu menakjubkan dalam gerakan sholat, apakah sekarang anda masih malas untuk melakukan sholat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.