Home >> Teknologi >> Smartphone >> Kejayaan dari Sejarah Nokia Dan Nasibnya Kini
Seri HP Nokia
Seri HP Nokia

Kejayaan dari Sejarah Nokia Dan Nasibnya Kini

Anda pernah mendengar atau mungkin juga pernah menjadi pengguna setia handphone Nokia? Artikel yang satu ini akan membahas mengenai Sejarah Nokia yang perlu Anda ketahui agar pengetahuan Anda semakin luas. Siapa yang tidak mengenal HP yang satu ini. Memiliki nama Nokia dengan simbol dua tangan yang akan bergandeng tangan ini sangat populer dulunya sebelum datangnya Blackberry dan juga Android. Yuk langsung saja kita kupas sejarah mengenai HP Nokia yang satu ini.

Sejarah Nokia berawal dari 1,5 abad lalu dimana pabrik penggilingan kertas yang terletak di Finlandia ini sempat menjadi pemimpin dari komunikasi global serta dapat dibagi menjadi 4 jaman. Nokia pada abad pertama, dimulai dengan pabrik kertas dari Fredrik Idestam yaitu pada tahun 1865 dan juga 1967. Pabrik kertas pertama di Tammerkoski, Finlandia Selatan dan kemudian dirinya membangun pabrik kedua dan diberi nama Nokia. Secara singkat akhirnya terdapat 3 buah perusahaan yang akhirnya menciptakan sebuah Nokia Corporation. Dimana perusahaan baru ini memiliki 5 buah bisnis utama yaitu pembangkit listrik, kabel, karet, elektronik, serta kehutanan. Setelah tahun 1968 hingga 1991 akhirnya berpindahlah pada Mobile. Untuk ponsel itu sendiri, dimulai pada era 1981, yaitu dengan meluncurkan adanya layanan Nordic Mobile Telephone atau NMT.

Pada tahun 1991, akhirnya sebuah stAndar dari mobile yang baru dibuka. Perangkat Nokia ini kemudian digunakan sebagai panggilan dari GSM yang pertama di dunia. Setelah tahun itu, yaitu tepatnya pada tahun 1992 hingga 1999 terjadilah revolusi Mobile dimana Nokia akhirnya memutuskan untuk dapat fokus pada bisnis dengan arah telekomunikasi. Dengan produk pertamanya dengan GSM Handset pertama dengan seri Nokia 1011 meluncur untuk pertama kalinya. Kemudian pada tahun 1994, Nokia kembali meluncurkan ponsel pertama mereka yang memiliki fitur Tune yaitu seri Nokia 2100. Pada tahun 1998 akhirnya Nokia menjadi raja atau pemimpin di dalam dunia ponsel. Dengan menjadi produsen ponsel terbesar di dunia, Nokia semakin berkembang dalam Sejarah Nokia ini. Dalam dunia WAP, akhirnya di tahun 1999 Nokia meluncurkan seri Nokia 7110, disusul pada tahun 2000 hingga sekarang ini, Nokia akhirnya meluncurkan ponsel 3G pertama kalinya yaitu pada seri Nokia 6650.

Itulah sedikit sejarah singkat dari Nokia yang kini mulai meredup karena tidak mampu bersaing dengan smartphone masa kini. Banyak berita yang simpang siur mengenai perusahaan telekomunikasi yang satu ini. Dimana ada yang mengatakan bahwa Nokia tidak mau mengubah sistem operasi ponsel mereka menjadi Android dengan berbagai alasan. Akhirnya terdengar kabar juga bahwa akhirnya Nokia terpaksa menutup beberapa pabriknya serta memecat masal banyak karyawannya. Dimulai dari Sejarah Nokia yang sangat berjaya hingga redup ini merupakan sebuah kisah yang cukup menyedihkan dari mantan raja ponsel dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.