Home >> Kesehatan >> Kandungan dan Juga Manfaat Buah Mengkudu
Manfaat Buah Mengkudu
Manfaat Buah Mengkudu

Kandungan dan Juga Manfaat Buah Mengkudu

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang kandungan dan juga manfaat yang terkandung dalam buah Mengkudu atau bisa juga disebut buah Pace. Tidak banyak orang yang mengira bahwa buah yang satu ini menyimpan berjuta kandungan yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki bentuk yang sedikit lonjong dan juga memiliki bitnik hitam pada permukaan buahnya. Selain itu ciri khas dari buah ini adalah aroma buahnya yang tidak terlalu sedap. Biasanya masyarakat memanfaatkan buah ini sebagai bahan campuran sperti sayur, rujak, dan juga jus. Namun juga banyak kalangan orang yang tidak terlalu menyukai buah ini karena aromanya yang tidak telalu sedap dan juga tekstur buahnya yang agak lunak.

Buah Mengkudu
Buah Mengkudu

Berdasarkan dengan hasil penelitan, dinyatakamn bahwa di dunia ini ada 80 macam buah mengkudu. Namun yang baik dikonsumsi hanyalah ada 20 buah, dan yang sisanya memiliki kandungan racun dalam buahnya.

Dari beberapa hasil penelitian laboratorium menyatakan bahwa buah mengkudu mengandung senyawa antioksidan yang dimana senyawa tersebut dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh dan juga mampu melawan tumor. Berikut kandungan yang terdapat pada buah mengkudu berdasarkan dengan hasil penelitian :

  1. Zat Terpenoid yang berguna dalam pembentukan sel – sel tubuh.
  2. Kandungan Nutrisi seperti protein, vitamin, dan juga mineral.
  3. Mengandung berbagai macam zat anti bakteri yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.
  4. Senyawa Scolopetin yang berguna untuk mencegah penyakit radang sendi dan juga alergi pada kulit.
  5. Serat, dan juga masih banyakn lagi.

Setelah mengetahui definisi dan juga kandungan yang terdapat pada buah mengkudu, selanjutnya saya akan memberikan informasi tentang beberapa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh kita.

 

Berikut 8 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh :

 

1.Meredakan Sakit Kepala

Meredakan Sakit Kepala
Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala atau pusing merupakan salah satu gangguan kepala yang sering diderita oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena adanya penegangan otot pada bagian kepala dan juga saraf pusat. Meskipun banyak orang yang beranggapan jika penyakit ini merupakan penyakit yang biasa, namun jika dibiarkan terus – menerus juga akan berdampak negative bagi kesehatan.

Jika anda menderita sakit kepala, anda bisa mengonsumsi buah mengkudu dengan cara membuatnya sebagai jus ataupun rujak. Karena berdasarkan dengan hasil penelitian, disini buah mengkudu mengandung senyawa analgesik yang cukup tinggi yaitu sebanyak 75%. Yang dimana senyawa tersebut dapat meringankan rasa sakit pada kepala, bahkan juga bisa mengurangi rasa nyeri.

2.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (hipertensi)

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berdasarkan dengan hasil penelitian, buah mengkudu terbukti mengandung senyawa xeronin yang mampu membantu untuk menurunkan tekanan darah merah. Selain itu buah mengkudu ternyata juga mengandung zat fitonutrein, yang dimana zat tersebut sangat bermanfaat untuk meringankan kinerja jantung secara maksimal. Karena kandungam zat fitonutrein pada buah mengkudu mampu memperlancarkan aliran pada darah.

3.Melancarkan Sistem Pencernaan

Jangan mengira bahwa hanya buah pepaya saja yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Ternyata disini buah mengkudu lebih banyak dan juga tinggi kandungan seratnya. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah mengkudu ini sangat bermanfaat dalam memperlancar proses pencernaan seperti melancarkan buang air besar (BAB), dan hingga mengatasi diare.

Bagi anda yang memiliki permasalahan pada sistem pencernaan, anda bisa mengonsumsi buah mengkudu ini setiap harinya sebelum anda mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

4.Anti Inflamasi

Inflamasi atau penyakit peradangan pada sendi maupun kulit ini merupakan salah satu penyakit yang juga sering di derita oleh banyak orang. Namun tenang saja, dengan mengonsumsi jus buah mengkudu cecara rutin setiap harinya dapat menghindarkan anda terkena penyakit ini. Karena disini buah mengkudu dipercaya mengandung senyawa yang bersifat anti inflamasi yang dapat mencegah dan juga mengatasi dalam masalah peradangan. Selain itu senyawa analgesik pada buah mengkudu juga mampu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan tersebut.

5.Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

Menurut para peneliti dengan mengonsumsi buah mengkudu secara rutin setiap harinya dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Mengapa demikian ?. karena disini buah mengkudu mengandung banyak mineral alami, peptide, dan juga vitamin C, E, hingga koenzim Q10. Yang dimana kandungan tersebut mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Selain itu dengan mengonsumsi buah mengkudu secara rutin, anda juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit ringan seperti flu, pusing, masuk angina, dan juga semacamnya.

6.Membunuh Kuman dan Bakteri dalam Tubuh

Tentunya anda juga tau bahwa kuman dan juga bakteri merupakan salah satu musuh terbesar bagi manusia. Karena adanya kuman dan bakteri pada tubuh dapat menimbulkan berbagai serangan penyakit luar maupun dalam.

Berdasarkan dengan hasil penelitian, buah mengkudu mengandung senyawa antrakuionon dan terpana yang bersifat antibakteri. Sehingga jika anda mengonsumsi buah mengkudu secara rutin, maka kemungkinan anda juga akan terhindar dari bakteri dan juga kuman penyebab penyakit tersebut.

7.Mencegah Kanker

Mencegah Kanker
Mencegah Kanker

Sesuai dengan yang anda tau bahwa penyakit kanker merupakan penyakit urutan nomor dua dalam hal penyebab kematian seseorang. Dan sampai saat ini obat kanker tersebut juga sulit untuk didapat. Oleh sebab itu, anda juga harus mencegah datangnya penyakit kanker yang suatu saat mungkin akan menyerang tubuh anda.

Beberapa ulasan yang dituturkan oleh para ahli pengobatan herbal, bahwa buah mengkudu mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Yang dimana senyawa antioksidan tersebut yang dapat membunuh maupun mencegah radikal bebas penyebab kanker.

8.Mengobati Asam Urat

Mengobati Asam Urat
Mengobati Asam Urat

Penyakit yang satu ini memang kelihatan sepele, namun jika dibiarkan terus – menerus akan menyebabkan hal yang fatal seperti datangnya penyakit lainnya seperti gagal ginjal bahkan juga akan menimbulkan serangan stroke. Agar anda terhindar dari berbagai penyakit tersebut, anda bisa mengonsumsi buah mengkudu yang dijadikan jus setiap harnya. Karena berdasarkan dengan hasil penelitian, kandungan iridoid yang cukup tinggi pada buah mengkudu dapat menurunkan kadar asam urat dan juga mampu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi yang ditimbulkan oleh menumpuknya asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.