Home >> Kesehatan >> BPJS Ketenagakerjaan >> Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan

Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan

Jaminan Hari Tua atau biasa disingkat JHT adalah sebuah program jaminan yang akan memberikan perlindungan para pekerja yang terkena resiko di hari tua mereka, yang mana pekerja tersebut sudah pensiun.

JHT adalah sistem tabungan untuk hari tua yang besarnya merupakan akumulasi dari iuran dan tambah dari hasil pengembangannya. JHT ini bisa dicairkan pada saat pekerja sudah mencapai umur 56 tahun sampai meninggal dunia atau terkena cacat total atau tetap.

Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan

JHT ini bisa digunakan pada saat kepesertaan mencapai 10 tahun dengan besar 10% dari persiapan mereka sebelum hari tua atau 30% dari pembiayaan perumahan. Untuk mencairkannya pada kepesertaan 10 tahun dan bisa dipilih salah satu, baik untuk persiapan hari tua atau pembiayaan rumah.

Terkait dengan aspirasi yang sudah berkembang dikalangan masyarakat tentang beredarnya mekanisme pencairan dana hari tua dari perusaan BPJS Ketenagakerjaan, lalu presiden Indonesia yang bernama pak presiden joko widodo memberi jawaban atas polemic yang sudah berkembang di Indonesia.

Jawaban dari pak presiden joko widodo yaitu supaya memerintahkan agar aspirasi masyaakat bisa diakomordir lewat mekanisme pencairan dana untuk hari tua yang sudah sesuai dengan keadaan saat ini.

Dalam hal tersebut pak presiden joko widodo memberi arahan berupa pengecualian bagi peserta yang mengalami masa kepensiunanya atau sudah berhenti berkerja. Sehingga bisa langsung mencairkan dana hari tua mereka dan tidak perlu menunggu masa kepesertaan 10  hanya perlu  tunggu 1 bulan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.