Home >> Kesehatan >> Inilah Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Belimbing
Manfaat Buah Belimbing

Inilah Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk cukup unik yaitu seperti bentuk Bintang. Buah belimbing ini adalah buah yang tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Bagi anda yang sudah pernah memakan buah ini pasti rasanya manis dan sedikit bercampur dengan rasa asam yang membuat buah belimbing tersebut lebih segar saat di makan. Buah yang memiliki warna kuning kehijauan ini ternyata tidak hanya memiliki rasa yang segar, namun juga menyimpan segudang kandungan yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Belimbing
Belimbing

Berdasarkan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Chicago Amerika Serikat, buah belimbing terbukti mengandung kalori, karbohidrat, protein serta lemak, mineral, vitamin A serta memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi seperti buah Jeruk. Selain itu buah belimbing juga memiliki jumlah kalori lebih sedikit jika dibandingkan dengan buah yang lainnya.

 

Berikut Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan :

 

1.Menjaga Sistem Pencernaan

Buah belimbing sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Karena buah belimbing telah terbukti memiliki kandungan serat yang tinggi dan cukup untuk memenuhi asupan serat bagi sistem pencernaan. Selain untuk menjaga sistem pencernaan, buah belimbimg juga bermanfaat untuk mengobati beberapa gangguan dalam pencernaan seperti diare, disentri, sembelit, dan juga gangguan pencernaan yang lainnya. Anda bisa mengonsumsi buah belimbing ini secara rutin agar sistem pencernaan anda tetap terjaga.

2.Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit terbesar penyebab kematian seseorang di dunia ini. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dan dapat membunuh penderitanya hanya dalam waktu sekejap. Untuk mencegah kanker salah satunya anda dapat mengonsumsi buah belimbing. Karena disini buah belimbing memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan berperan sebagai antioksidan untuk membunuh maupun mencegah sel pertumbuhan kanker pada tubuh.

Selain itu, dengan mengonsumsi belimbiung anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 57% setiap harinya. Sumber vitamin C pada buah belimbing ini hamper sama dengan buah Jeruk.

3.Menyimpan Antioksidan yang Tinggi

Sesuai dengan yang telah dibahas tadi bahwa buah belimbing mengandung vitamin C cukup tinggi yang hampir setara dengan vitamin C dalam buah Jeruk. Vitamin C sendiri merupakan senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain vitamin C, buah belimbing juga mengandung flavonoid polofenol, quercetin, epicatechin dan asam galat yang juga merupakan sumber antioksidan alami yang membuat buah belimbing ini menjadi salah satu buah penghasil antioksidan alami yang cukup tinggi.

Selain sebagai antioksidan, vitamin C juga mampu meningkatkan sistem imunitas yang berguna untuk mencegah berbagai macam serangan penyakit pada tubuh.

4.Meningkatkan Kinerja Enzim Dalam Tubuh

Selain sebagai sumber antioksidan alami, buah belimbing juga dapat meningkatkan sistem kerja enzim dalam tubuh.buah belimbing mengandung vitamin B komplek yang lengkap seperti folat, riboflavin dan juga vitamin B6. Yang dimana kandungan tersebut mampu membuat kinerja enzim dalam tubuh menjadi lebih meningkat, dan sehingga dapat membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi baik.

5.Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini biasanya disebabkan menurunnya asupan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga menyebabkan adanya kandungan sodium yang berlebihan dalam tubuh. Untuk memenuhi asupan kalium pada tubuh, anda dapat mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Karena belimbing juga memiliki kandungan kalium dan juga mineral yang tinggi.

Selain dapat mengatasi hipertensi, kandungan mineral seperti zat besi dan juga magnesium pada belimbing ternyata juga dapat mencegah resiko terkena penyakit anemia.

6.Mengatasi Gangguan Ginjal

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya, karena sampai saat ini belum ada obat untuk penyakit tersebut. Tetapi tenang saja karena penyakit ini juga dapat dicegah agar tidak menyerang tubuh anda.

Berdasarkan dengan hasil penelitian di Jepang pada tahun 2003, buah belimbing terbukti mengandung asam oksalat yang tinggi dan dimana senyawa tersebut dapat bekerja maksimal pada organ ginjal. Dengan mengonsumsi belimbing secara rutin dapat mencegah kerusakan ginjal, melarutkan kotoran pada ginjal dan juga yang lainnya.

7.Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Pada umumnya kolesterol ini dibagi menjadi dua yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik adalah salah satu yang dibutuhkan tubuh, sedangkan kolesterol jahat tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Menurut ilmuwan Hongkong, buah belimbing terbukti mengandung senyawa pektin yang cukup tinggi dan dimana senyawa pektintersebut bertugas untuk mengikat kolesterol jahat yang kemudian dibuang melalui sekresi empedu.

8.Mengatasi Peradangan

Peradangan merupakan jenis penyakit yang biasanya disebabkan oleh asam urat, rematik, luka, dan yang lainnya. untuk mencegah peradangan pada tubuh anda, anda dapat mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Karena menurut para ahli buah belimbing terbukting mengandung senyawa anti inflamasi yang cukup tinggi sehingga mampu mencegah peradangan serta juga dapat menetralisir rasa sakit yang timbul akibat peradangan tersebut.

9.Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengandung vitamin C yang hamper sama dengan buah Jeruk, ternyata buah belimbing juga mengandung vitamin A yang setara dengan Wortel. Kandungan vitamin A pada buah belimbing ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata.

Beberapa ahli menuturkan bahwa dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin dapat membuat daya penglihatan pada mata akan lebih tajam dari sebelumnya.

 

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kecantikan :

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kecantikan
Manfaat Buah Belimbing Untuk Kecantikan

Manfaat buah belimbing tidak hanya untuk kesehatan saja, namun ternyata buah belimbing juga bermanfaat dalam menjaga kecantikan. Berikut ini informasi selengkapnya.

 

1.Mencegah Penuaan Dini

Penuan dini merupakan salah satu proses menuju tua namun belum pada waktunya. Tanda – tanda penuaan dini biasanya ditandai oleh munculnya keriput, kusam, garis – gari pada kulit, dan juga yang lainnya. untuk mencegah penuaan dini sebelum waktunya, anda dapat memanfaatkan buah belimbing untuk dijadikan masker. Karena disini buah belimbing telah terbukti mengandung senyawa antioksidan yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini tersebut.

2.Melebatkan Rambut Secara Alami

Memiliki rambut yang lebat tentunya merupakan salah satu keinginan dari banyak orang. Untuk mendapatkan rambut lebat tersebut anda dapat mengonsumsi buah belimbing secara rutin, karena buah belimbing telah terbukti mengandung vitamin B kompleks yang cukup tinggi. Dan kandungan vitamin tersebutlah yang dapat menutrisi dan membuat rambut menjadi tumbuh lebih lebat.

Untuk melakukannya anda dapat menggunakan buah belimbing yang telah dihaluskan yang kemudian usapkan secara merata pada kulit kepala. Lakukan ini setiap harinya agar memperole hasil yang maksimal.

3.Memudarkan Bekas Luka

Manfaat buah belimbing yang terakhir adalah mampu memudarkan bekas luka pada kulit. Selain dapat menghilangkan bekas luka, buah belimbing juga mampu menghilangkan flek hitam pada wajah yang timbul karena adanya sel – sel kulit mati.

Sesuai dengan yang telah dibahas diatas, buah belimbing telah terbukti mengandung vitamin C cukup tinggi yang hamper setara dengan buah Jeruk. Dan kandungan vitamin C inilah yang mampu meregenerasi sel – sel kulit mati pada kulit yang kemudian secara perlahan akan memudar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.