Home >> Ragam Manfaat >> Inilah Kandungan dan Manfaat Buah Kurma
Kandungan dan Manfaat Buah Kurma
Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

Inilah Kandungan dan Manfaat Buah Kurma

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang kandungan dan juga manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh kita. Buah kurma adalah buah yang berasal dari negara timur tengah yang tepatnya adalah negara Arab. Buah yang satu ini merupakan buah yang tergolong pada jenis tanaman Palma. Buah yang dominan berwarna coklat dan juga memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu panjang buah 3 – 7 cm serta berdiameter 2 – 3 cm ini ternyata menyimpan sejuta kandungan yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Buah Kurma
Buah Kurma

Kurma megandung zat gizi, mineral, vitamin, serta nutrisi yang cukup banyak mulai dari thiamin, niasin, folat dan juga riboflavin, jadi tidak heran jika banyak orang mengonsumsi buah yang satu ini sebagai salah satu makanan pola hidup sehat. Selain itu buah kurma juga mengandung hormone Oksitosin yang baik bila dikonsumsi oleh Ibu hamil maupun Ibu menyusui.

Selain buahnya yang menyimpan sejuta manfaat, ternyata biji dari buah kurma juga menyimpan banyak kandungan yang tentunya juga bermanfaat bagi tubuh kita. Beberapa kandungan yang terdapat pada biji buah kurma yaitu protein, lemak, serat, dan juga minyak kuning-hijau. Yang dimanan kandungan tersebut sangat cocok bila dipakai sebagai lulur tubuh, dan caranya adalah dengan mencampurkan biji kurma tersebut yang kemudian dicampur bersamaan dengan minyak zaitun dan juga madu.

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Setelah anda mengetahui berbagai kandungan dari buah kurma, dan berikut ini merupakan berbagai manfaat buah kurma untuk kesehatan, antara lain :

 

1.Mengobati Rematik

Mengobati Rematik
Mengobati Rematik

Kandungan mineral yang cukup banyak pada buah kurma ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan juga otot. Terbukti dengan mengonsumsi buah kurma sebanyak 15 butir setiap harinya dapat memenuhi asupan mineral diantaranya kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan juga boron. Yang dimana mineral tersebut sangat dibutuhkan dalam kesehatan tulang dan otot tubuh.

2.Mencukupi Kebutuhan Serat Usus

Serat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhka oleh usus. Karena usus terus bekerja dalam proses pencernaan, maka usus membutuhkan asupan serat yang cukup agar dapat bekerja secara masksimal. Ternyata dengan mengonsumsi kurma secara rutin dapat memberikan asupan serat yang cukup bagi usus. Karena disini buah kurma mengandung lebih banyak serat larut yang berbentuk pektin dibandingklan dengan buah – buahan yang lainnya.

3.Mencegah Kanker Otak

kandungan mineral yang cukup banyak dan tinggi pada buah kurma juga mampu mencegah peluang terkena kanker otak. Hal ini terbukti bahwa mengonsumsi buah kurma sebanyak 15 butir setiap harinya ternyata dapat memenuhi asupan mineral sebanyak 80% magnesium dan juga 70% sulfur, yang dimana kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh otak.

4.Sebagai Sumber Energi

Kurma juga merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk memenehi sumber energi pada tubuh. Hal ini terbukti bahwa mengonsumsi buah kurma segar sebanyak 100 gram dapat memenuhi kebutuhan sumber daya sebanyak 12% hingga 15% setiap harinya. Jika anda mengonsumsi buah kurma kering, maka kandungam nutrisi yang terdapat pada buah kurma tersebut akan berkurang atau menyusut. Jadi tidak heran jika buah kurma sering digunakan sebagai salah satu makanan saat berbuka puasa.

5.Sumber Antioksidan

Berdasarkan dengan hasil penelitian, buah kurma merupakan buah yang juga mengandung senyawa antioksidan yang cuckup tinggi. Dimana antioksidan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh agar terhindar dari berbagai macam radikal bebas yang dapat berpengaruh dalam bertumbuhnya kanker dalam tubuh. Berbagai kandungan yang terdapat pada buah kurma seperti polifenol, sterol, karoten dan juga tannin ini dapat menghindarkan tubuh anda dari berbagai peluang terkena penyakit kanker.

6.Mengobati Demam Berdarah

Mengobati Demam Berdarah
Mengobati Demam Berdarah

Sesuai dengan hasil studi bahwa mengonsumsi buah kurma dapat mengurangi tingkat kematian yang disebabkan oleh demam berdarah. Karena didalam buah kurma mengandung kadar trombosit yang terdiri atas krbohidrat sepertio manosa, galaktosa, arabinose, dan juga xilosa, yang dipercaya dapat mengobati pada pasien penyakit demam berdarah.

7.Melindungi Kesehatan Jantung

Melindungi Kesehatan Jantung
Melindungi Kesehatan Jantung

Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki kandugan kalium yang tinggi. Yang dimana fungsi dari kalium tersebut adalah sebagai pelindung bagi kesehatan jantung seperti untuk menyetabilkan denyut jantung, mengatur kontraksi pada otot jantung, dan juga mengontrol aliran darah.

8.Menghindar Kemungkinan Terkena Stroke

Berdasarkan dengan hasil penelitian, bahwa mengonsumsi kurma sebanyak 5 butir setiap harinya dapat memenuhi asupan kalium sejumlah 400 mg/100 gr/ harinya dapat mengurangi resiko terkena stroke hingga 40%. Jika anda menginginkan jumlah kalium yang lebih banyak, anda dapat meminum juice sari kurma setiap harinya.

9.Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat tidak larut pada buah kurma ini sangat bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat tidak larut ini berfungsi untuk mendukung perubahan prebiotik baik yang dimana senyawa tersebut sangat dibutuhkan oleh pencernaan untuk membersihkan dan juga memperlancar sistem pencernaan.

10.Mencegah Anemia

Mencegah Anemia
Mencegah Anemia

Penyakit anemia atau kekurangan darah merah ini sering diderita oleh wanita pada saat kehamilan. Kandungan zat besi dan juga kalsium dalam buah kurma ini berperan sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain itu kurma juga mengandung asam askorbat yang juga berperan sangat baik dalam melindungi cadangan zat besi tubuh sehingga dapat memperlancar dalam proses pembentuikan hemoglobin.

11.Mengobati Insomnia

Mengobati Insomnia
Mengobati Insomnia

Penyakit insomnia atau susah tidur ini sering kali diderita oleh kalangan orang yang repot pada jaman modern ini. Akibatnya, keseimbangan badan dan juga sistem metabolisme pada tubuh tidak teratur. Namun tenang saja, dengan mengonsumsi kurma secara rutin ternyata dapat mengurangi terkena Insomnia. Hal itu terbukti karena adanya kandungan vitamin B3 pada kurma mampu menghindari dari bebagai tanda – tanda terkena Insomnia.

12.Meningkatkan Sistem Kerja Otak

Meningkatkan Sistem Kerja Otak
Meningkatkan Sistem Kerja Otak

Buah kurma juga bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat otak dan juga menambah kemampuan otak. Kandungan kalium yang cukup tinggi pada kurma mampu memperlancar asupan oksigen kedalam otak dan juga menyeimbangkan cairan pada tubuh.

13.Menolong Perubahan Otot

Dengan mengonsumsi buah kurma yang masih fresh akan dapat membantu otot dalam proses perkembangannya. Karena disisni buah kurma yang masih dalam keadaan fresh memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibadingkan dengan buah kurma yang sudah kering dan juga buah – buahan yang lainya. Selain itu buah kurma juga mengandung cukup tinggi senyawa lysine dibandingkan dengan buah – buahan yang lainnya. Senyawa lysine disini berperan cukup penting dalam proses perkembangan otot tubuh. Perlu di ingat bahwa kurma fresh lebih tinggi kandungannya dibandingkan dengan kurma yang sudah kering.

14.Manfaat Kurma Lainnya

Berdasarkan dengan hasil diatas, kurma terbukti menyimpan banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kurma juga mengandung mineral fluor yang sangat baik bagi kesehatan gigi. Selain itu kandungan selenium dalam buah kurma juga mampu memberikan perlindungan bagi kekebalan tubuh. Selain kurma dapat mengobati kesehatan pada area dalam tubuh, ternyata kurma juga memiliki manfaat yang lainnya seperti untuk mengobati gatal – gatal, masuk angina, keputihan, hingga mampu memberikan rasa hangat pada badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.