Home >> Gaya Hidup >> Inilah Hal Yang Harus Orang Tua Lakukan Ketika Anak Sudah Memasuki Masa Pubertas
Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Anak Sudah Menginjak Masa Pubertas
Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Anak Sudah Menginjak Masa Pubertas

Inilah Hal Yang Harus Orang Tua Lakukan Ketika Anak Sudah Memasuki Masa Pubertas

Ketika anda memiliki anak yang sudah memasuki masa pubertas, anda memiliki tugas yang lebih penting dan menantang daripada sebelumnya. Anda dituntut untuk lebih memperhatikan anak anda yang sudah memasuki masa pubertas, karna masa pubertas adalah masa yang rawan bagi remaja. dan pada kenyataanya, tidak semua orang tua mampu untuk menghadapi dan mengatasi perubahan yang terjadi pada anaka mereka. Karna selain membutuhkan kesabaran dan pengertian yang lebih, anda para orang tua juga harus mengetahui berbagai informasi mengenai pubertas agar anda tahu cara untuk menghadapi anak yang sedang memasuki masa pubertas, serta dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang anak anda ajukan pada anda.

Inilah Hal-Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Anak Anda Sudah Memasuki Masa Pubertas:

1.Pahamilah Bahwa Pubertas Adalah Tahap alami Yang Terjadi Pada Semua Anak

Pahamilah bahwa pubertas merupakan proses dan tahapan perkembangan yang sedang dialami oleh anak anda. Dan anda tidak perlu panik jika anak anda memasuki masa pubertas dalam usia yang terlalu dini, anda hanya harus menghadapi bahwa anak anda yang dahulunya kecil sekarang sudah menjadi sedikit dewasa. Adanya penerimaan yang baik dari orang tua akan membuat anak dapat menjalani masa pubertas secara positif dan perkembangan mereka menuju kedewasaan akan semakin matang.

2.Berikan Kepercayaan Pada Anak Untuk Ikut Berperan Dalam Keluarga

Cara ini akan membantu anak untuk mengembangkan sikap tanggung jawab, dan meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman mereka bahwa mereka adalah salah satu anggota keluarga yang disayangi, dicintai dan tentunya diperlukan dalam keluarga.

3.Tetap Tenang Saat Menghadapi Perubahan Tingkah Laku Anak

Berusahalah untuk tetap tenang saat menghadapi perubahan tingkah laku anak remaja anda, karna pada masa pubertas anak-anak akan melakukan eksperimen-eksperimen baru seperti berdandan seperti tokoh idolanya dan menjadi lebih gaul karna mengikuti tren yang ada. Selama anak remaja anda melakukan hal baru yang masih dalam kategori positif, sebisa mungkin biarkanlah mereka untuk melakukan hal yang mereka suka, karna masa pubertas merupakan masa pencarian jati diri. Namun jika anak remaja anda melakukan hal-hal baru yang negatif, nasehatilah mereka dengan bahasa dan nada yang lembut, agar hati mereka tidak terluka dan tidak melakukan hal yang lebih buruk lagi.

4.Jadilah Pendengar Yang Baik Bagi Mereka

Dengarkan dan hargai pendapat mereka, karna pada masa pubertas anak akan cenderung bersikukuh terhadap pemikiran mereka sendiri. Orang tua dituntut untuk lebih bisa menyediakan dirinya untuk mendengarkan anak remajanya, namun tidak berarti harus mengikuti apa saja yang anaknya mau, selama itu masih dalam kategori positif dan anda mampu untuk mengerjakannya, lakukanlah apa yang anak anda minta. Namun jika anak anda meminta hal yang negatif, tolaklah secara baik-baik dan jelaskan pada mereka bahwa hal tersebut tidak baik untuk dilakukan.

5.Jadilah Teman Dekat Bagi Anak Anda

Jika anda menjadi teman dekat anak anda dan memiliki hubungan yang harmonis dengannya, anak anda akan lebih mudah untuk mencurahkan isi hatinya pada anda. Ketika dia sedang ada masalah, dia akan curhat pada anda, bukan pada orang lain. Tentunya itu akan lebih baik kan?

6.Berikan Privasi Untuk Mereka

Anda sebagai orang tua jangan terlalu bersikap protektif terhadap anak, karna itu akan membuat anak merasa terkekang dan tida bebas, dan anak akan menjadi semakin brutal apabila orang tua bersikap over protektif. Memang baik jika kita terus mengawasi anak kita, namun tindakan over protektif akan membuat anak merasa bahwa orang tuanya tidak percaya padanya. Jika anda sudah yakin bahwa anda sudah mendidiknya dengan baik, dan anda juga sudah menetapkan batasan-batasan yang tidak boleh ia langgar, berikanlah dia privasi, biarkanlah dia bebas di dunia yang ia sukai.

7.Memberikan Pilihan dan Dukungan Bagi Anak

Sebagai orang tua, anda tidak seharusnya mendikte anak anda mengenai apa yang harus dia lakukan setiap harinya. Berikanlah pilihan padanya, seperti memasuki jurusan yang ia minati. Selama itu positif, anda hanya harus mendukungnya agar dia bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri, dan tentunya sesuai dengan apa yang ia inginkan.

Dan Berikut Hal-Hal Yang Harus Anda Jelaskan Pada Anak Remaja Anda:

1.Jelaskan Tentang Perubahan Fisik Dan Kesehatan Reproduksi Remaja

Sebagai orang tua anda harus dapat mendampingi anak anda untuk siap menerima perubahan biologisnya. Pastikan anda sudah memberikan penyuluhan atau pemberitahuan pada anak anda bahwa saat mengalami masa pubertas akan ada bagian-bagian tubuh yang berubah dan mungkin akan menimbulkan rasa tidak nyaman, fungsi dan proses reproduksi juga akan semakin matang. Jelaskan juga pada anak anda bahwa perubahan-perubahan tersebut wajar dan dialami oleh semua orang. Beri tahu anak anda untuk selalu merawat dan menjaga organ reproduksinya.

2.Informasikan Padanya Bahwa Masa Pubertas Adalah Masa Yang Rawan

Anda sebagai orang tua adalah orang pertama yang akan dimintai informasi oleh anak anda, untuk itu siapkan diri anda mengenai masalah-masalah yang terjadi saat masa pubertas yang diperlukan anak anda seperti kehamilan, penyakit kelamin yang menular, dan hal-hal yang dianggap tabu lainnya. Anda harus bisa mewanti-wanti anak anda untuk menjaga peragulannya dan tidak melakukan hal yang dapat menyakiti dirinya sendiri seperti merokok, minum-minuman keras, dan seks bebas. Arahkan anak anda pada hal-hal positif dan jangan sampai terpengaruh dengan hal-hal yang negatif, tekankan padanya bahwa akan ada banyak resiko jika dia sampai terpengaruh dan melakukan hal-hal negatif tersebut. Beri tahu dia juga untuk bisa membedakan antara cinta dan nafsu, cinta adalah emosi yang didasari oleh rasa ketertarikan dan kasih sayang, sedangkan nafsu adalah perasaan yang menggebu-gebu untuk melakukan kontak fisik.

3.Dasari Mereka Dengan Pemahaman Agama Yang Kuat

Pendidikan agama sangat penting sehingga perlu ditanamkan sejak dini pada anak, apalagi pada anak remaja yang masih labil. Ajarakanlah pendidikan agama pada anak anda sejak usia dini, sehingga dia akan bisa menjaga dirinya dari hal-hal buruk yang dilarang oleh agama karna sudah memiliki pondasi agama yang kuat.

4.Selalu Ajari Anak Untuk Selalu Hormat Pada Orang Tua

Di masa puber, anak remaja terkadang berpikir bahwa mereka sudah dewasa dan sudah tidak memerlukan orang tua. Kebanyakan anak remaja lebih senang menghabiskan waktu di luar rumah, daripada berkumpul bersama keluarga. Anda harus selalu mengingatkan anak remaja anda untuk tetap menghormati orang tua, katakan padanya bahwa ada hak dan kewajiban seorang anak terhadap orang tua yang tidak pernah berubah meskipun dia sudah dewasa.

Mungkin hanya itu yang dapat sampaikan mengenai hal yang harus orang tua lakukan ketika memiliki anak yang memasuki masa pubertas, selalu jaga anak anda dan semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.