Home >> Pengetahuan >> Inilah Beberapa Bangunan Khas Indonesia yang Harus Kalian Ketahui
Bangunan-Khas-Indonesia

Inilah Beberapa Bangunan Khas Indonesia yang Harus Kalian Ketahui

Negara Indonesia mempunyai banyak bangunan yang menyimpan nilai luhur, banyak orang yang sudah mengakui keindahan dan kemegahan bangunan yang ada di Negara Indonesia ini, kalau kalian sedang berlibur ke suatu daerah pastinya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melihat bangunan seperti jembatan, masjid, atau berbagai macam peninggalan yang bersejarah yang membuat kalian akan tertarik dengan bangunanya.

Meskipun banyak bangunan yang bukan hasil karya bangsa ini, tetapi tidak sedikit bangunan seperti masjid, jembatan yang mempunyai karya para arsitek negeri sendiri yang memiliki nilai arsitektur yang tinggi. Berikut ini kami akan mengajak kalian berwisata ke berbagai peninggalan bersejarah yang terbesar di beberapa daerah. Berikut ini beberapa bangunan khas yang ada di Indonesia:

Istana Maimun

Istana-Maimun-Medan-Sumatera-Utara
Istana-Maimun-Medan-Sumatera-Utara

Istana Maimun telah dijadikan sebagai bangunan terindah di kota Medan, Sematera Utara. Yang terletak di kawasan Jl. Brigjen Katamso, istana megah ini selesai dibangun sekitar tahun 1888 dan menjadi warisan dari Sultan Deli Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Istana Maimun ini memiliki arsitektur yang unik dengan perpaduan beberapa unsur kebudayaan Melayu yang bergaya Islam (Timur Tengah), Spanyol, India, dan Italia. Warna kuning yang mendominasi Istana Maimun ini melambangkan warna Melayu, sekaligus warna kebesaran Kerajaan Deli di Sumatera Utara. Sedangkan pengaruh Eropa terlihat dari ornamen lampu, kursi, meja, lemari, sampai pintu dorong. Bentuk pintu dan jendela lebar ini mirip dengan bangunan yang ada di Eropa.

Pengaruh Islam ini bisa kalian lihat dari bentuk lengkung (arcade) yang ada dibagian atap dan bentuknya menyerupai perahu terbalik (lengkung persia) yang biasanya dijumpai pada bangunan-bangunan di kawasan Timur Tengah. Sampai saat ini, Istana Maimun masih terawat dengan baik.

Bangunan Istana ini menghadap ke timur dimana terdiri dari 2 lantai dan 3 bagian yaitu bangunan induk, sayap kiri dan sayap kanan. Istana Maimun ini memiliki luas sebesar 2.772 meter persegi dan 30 ruangan.

Bagian dalam Istana Maimun ini juga menarik untuk kalian telusuri, dibalik dinding-dinding yang kokoh, terdapat puluhan kamar yang terbesar di dua lantai. Kemegahannya pun terlihat pada singgasana, lampu kristal Eropa, kursi, meja maupun lemari. Foto-foto keluarga, senjata-senjata kuno, dan juga ruang penjara juga ada di Istana ini. Walaupun masih menyimpan ebnda-benda yang bernilai sejarah, Istana Maimun ini masih memperbolehkan wisatawan untuk berkunjung dan menikmati kemegahan sekaligus mengetahui kejayaan Kesultanan Deli pada zaman dahulu.

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu Surabaya
Jembatan Suramadu Surabaya

Jembatan Nasional Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Madura, jembatan ini memudahkan kita yang berada di Jawa untuk berkunjung ke pulau Madura tanpa harus menaiki kapal penyeberangan. Selain digunakan sebagai jembatan penyeberangan, jembatan ini juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata baru di Surabaya dan Madura. Jembatan ini menjadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

Masjid Istiqlal

Masjid-Istiqlal-Jakarta
Masjid-Istiqlal-Jakarta

Masjid Istiqlal artinya yaitu Masjid Merdeka, Masjid Nasional Negara Republik Inodnesia ini terletak di pusat ibukota Jakarta.dimulai pembangunannya Masjid Istiqlal ini dilakukan oleh Ir Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951, arsitek Masjid Istiqlal yaitu Frederich Silaban yaitu seorang Kristen Protestan. Lokasi kompleks masjid ini berada di bekas Taman Wilhelmina di timur laut lapangan Medan Merdeka yang ditengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas). Disebrang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Masjid ini memiliki arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dengan dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid ini mempunyai satu kubah besar yang berdiameter 45 meter yang dipotang 12 tiang besar. Menara tunggal yang setinggi 96,66 meter ini menjulang disudut selatan masjid.

Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor dengan berbagai organisasi islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta.

Gereja Katedral

Gereja Katedral Jakarta
Gereja Katedral Jakarta

Gereja ini tidak jauh dengan masjid istiqlal, merupakan bangunan yang berdesain unik yang selalu emnajdi perhatian para wisatawan. Usia bangunan ini sudah lebih dari seabad, tidak heran kalau bangunan ini ditetapkan sebagai salah satu bangunan cagar budaya yang dilindungi kelestariannya.

Gereja ini resmi digunakan pada tahun 1901, keunikan dari gereja hasil rancangan seorang pastor yang bernama Antonius Dijkmans ini terlihat dua menara yang mengapit pintu masuk. Diatas menara ini ada dua menara kecil lain yang tersusun dari rangkaian besi. Demikian juga dengan menara ketiga, pada puncak disetiap menara terdapat lonceng kuno yang dibuat sekitar tahun 1800 sampai awal tahun 1900.

Gedung Sate

Gedung-Sate-Bandung
Gedung-Sate-Bandung

Gedung sate dikenal sejak tahun 1980 dengan sebutan Kantor Gubernur karena sebagai pusat kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang sebelumnya Pemerintahan Provinsi Jawa Barat menempati Gedung Kerta Mukti di Jalan Braga Bandung.

Nama Gedung Sate sendiri muncul karena sebuah ornamen yang terlihat seperti tusuk sate yang ada dipuncak menara utama. Gedung sate ini hasil rancangan Ir.J.Gerber yaitu arsitek lulusan Fakultas Teknik Delf Nederland dan Timnya, gedung ini selesai dibangun pada tahun 1924.

Didepan bangunan ini terdapat sebuah monumen untuk mengenang gugurnya para pejuang Jawa Barat saat mempertahankan Gedung Sate dari serangan pasukan Gurka. Setiap hari Minggu atau hari libur nasional gedung ini selalu dipenuhi para wisatawan. Selesai menikmati gedung ini dari luar, kalian bisa menuju menaranya untuk menyaksikan benda-benda yang bersejarah, atau kalian juga bisa sekedar bersantai di café yang ada digedung ini sambil menikmati suasana dan udara kota Bandung yang sejuk dan segar.

Lawang Sewu

Lawang-Sewu-Semarang
Lawang-Sewu-Semarang

Lawang sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan zaman belanda yang dibangun pada tahun 1904, Dulunya gedung ini untuk kantor pusat perusahaan kereta api penjajah Belanda. Gedung yang mempunyai 3 lantai ini hasil karya arsitek Belanda ternama yaitu Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Lawang sewu ini terletak disisi timur Tugu Muda Semarang, atau disudut Jalan Pandanaran dan Jalan Pemuda. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu) karena bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya pintu yang ada tidak sampai seribu, bangunan ini memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu.

Pemerintah Kota Semarang sendiri telah menetapkan Lawang Sewu sebagai salah satu gedung yang dilindungi. Predikat yang layak disandang oleh Lawang Sewu karena gedung ini juga merupakan saksi sejarah Indonesia saat pecahnya perang sengit selama 5 hari di Semarang, diantaranya yaitu Angkatan Muda Kereta Api melawan kompetai dan Kido Buati Jepang.

Bangunan utama Lawang Sewu berupa tiga lantai bangunan yang memiliki 2 sayap yang membentang ke bagian kanan dan kiri. Kalau pengunjung masuk ke bangunan utama, mereka akan menemukan tangga besar ke lantai 2, Diantara tangga ada kaca besar yang menunjukkan gambar 2 wanita muda Belanda yang terbuat dari gelas. Semua struktur bangunan, pintu dan jendela mengadaptasi gaya arsitektur Belanda. Dengan keindahan Lawang Sewu ini merupakan salah satu tempat yang indah untuk Prewedding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.