Home >> Kesehatan >> Ketahui Dampak Buruk Tidur Pagi Bagi Kesehatan
Kebiasaan Tidur Pagi

Ketahui Dampak Buruk Tidur Pagi Bagi Kesehatan

Tidur memang sesuatu yang sangat diperlukan oleh tubuh, setelah beraktifitas seharian. Tidur adalah waktu dimana tubuh akan mengalami rileksasi, sel-sel dalam tubuh akan mengalami regenerasi, tidur merupakan salah satu bentuk penyembuhan yang paling efektif. Namun, tidur juga memiliki batasan-batasan, karena tubuh juga memerlukan aktifitas lain untuk membuat oto-otot tubuh tidak terus kaku dan menyehatkan organ tubuh lain.  Dan itu yang membuat tidur berlebih akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih apabila kita tidur terlalu lama pada pagi hari ataupun sore hari.

Dan kali ini kami akan membahas mengenai dampak buruk yang diakibatkan apabila kita tidur pada pagi hari berlebih.

Tidur Pagi

 

Bahaya Tidur Lebih Dari 9 Jam
Bahaya Tidur Lebih Dari 9 Jam

Tidur adaalah aktifitas yang biasa dilakukan pada malam hari, ini disebabkan karena malam adalah waktu dimana kita telah selesai dari menjalani aktifitas selama pagi hingga sore hari. Selain tidur pada malam hari terkadang ada beberapa orang yang tidur pada siang hari, biasanya adalah anak-anak dan juga balita, atau bahkan mereka yang memiliki kegiatan pada malam harinya yang membuat mereka harus beristirahat agar nantinya memiliki energy saat malam hari. Selain dua waktu tidur ini, ada juga waktu tidur lain yang kadang orang sering melakukannya yaitu tidur pagi. Walaupun dari segi agama ataupun adat, tidur pada pagi hari sangat tidak dianjurkan.

Dampak Buruk Tidur Pagi Bagi Kesehatan

Tidur pagi mungkin memberikan sedikit dampak positive bagi tubuh, akan tetapi tidu pagi memberikan banyak dampak negative bagi kesehatan tubuh kita, apa saja dampak negative tidur pagi bagi kesehatan, berikut kami sajikan beberapa dampak negative tidur pagi :

  1. Metabolisme Tubuh Menjadi Tidak seimbang

Apabila kita seriing tidur pada pagi hari, hal itu tidak baik bagi metabolism tubuh kita, karena pagi hari idealnya adalah waktu untuk sarapan mulai jam 06.00-08.00. namun apabila tubuh kita masih dalam kondisi tidur semestinya rasa lapar yang akan kita alami menjadi semakin lama, dan hal ini akan berpengaruh kepada kecepatan metabolisme pada tubuh kita. Dan tentunya itu akan berakibat pada bobot tubuh yang meningkat.

  1. Sakit Kepala Atau Pusing

Apabila kita tidur di pagi hari yang cukup lama dapat menyebabkan kepala kita menjadi sakit atau bahkan pusing. Itu diakibatkan karena saat kita tidur terdapat semacam cairan yang bernama serebrospina yang masuk ke dalam otak. Dan apabila kita terus tidur cairan tersebut akan terus mengalir ke otak kita dan akan berakibat kepala kita menjadi pusing atau nyilu. Oleh sebab itu dianjurkan untuk tidur lebih awal di saat malam hari agar anda dapat bangun lebih awal di pagi hari tanpa rasa ngantuk.

  1. Tubuh Lemas Seharian

Lemas Karena Tidur Berlebih
Lemas Karena Tidur Berlebih

 Dampak negative lainnya dari tidur di pagi hari adalah menyebabkan tubuh kita menjadi lemas yang akan berakibat bagi kegiatan lain yang kita jalani pada hari itu, kita bisa menjadi malas untuk bergerak karena masih memiliki rasa ngantuk dan merasa ingin tidur seharian. Kondisi ini disebabkan karena metabolisme pada tubuh masih dalam keadaan ‘set’ ketika malam hari. Dan nantinya ini akan berpengaruh pada system tubuh yang tidak bekerja secara normal yang akan berakibat pada tingkat energy tubuh kita ketika bangun.

  1. Rawan Terkena Penyakit Kanker Darah

Di saat kita tidur, ketika pagi hari itu akan berakibat pada kadar darah putih di dalam tubuh kita menjadi menigkat. Dan ketika hal ini terjadi, akan mengakibatkan kondisi tubuh kita menjadi rawan terserang penyakit kanker darah. Terutama ketika kita tidur pada jam 10 hingga 12 siang. Hal ini akan sangat berkibat fatal bagi system kerja metabolism tubuh.

  1. Terkena Penyakit Diabetes

 Bahaya tidur pagi yang didapat ketika anda terbiasa tidur pada pagi hari sama hal nya dengan kebiasaan tidur sehabis makan. Itu dapat mengakibatkan metabolisme dalam tubuh kita menjadi menurun. Dan ketika hal ini terjadi tentunya akan berpengaruh pada proses kinerja yang ada dalam tubuh kita, yang salah satunya adalah dalam mengatur kadar gula dalam tubuh kita. Gejala diabetes ini terjadi biasanya cenderung lebih dekat pada orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur hingga pagi hari atau lebih lama daripada waktu normalnya.

  1. Resiko Penyakit Jantung

Hasil sebuah peneilitian menunjukan bahwa ketika seorang wanita tertidur terlalu lama hingga pagi atau kurang lebih mencapai 9-11 jam. Kemungkinan sang wanita tersebut terkena penyakit jantung dapat mencapai 38% lebih tinggi dari wanita biasa. Hal lain yang dapat menyebabkan penyakit jantung ini adalah ketika kita tidur setelah makan malam, Karena waktu yang diperlukan lambung untuk mencerna makanan adalah sekitar 4 jam.

  1. Sulit berkonsentrasi

Tidur yang berlebih dapat mengakibatkan otak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Itu dikarenakan ketika kita tidur terlalu lama dan bangun pada siang hari akan membuat kita menjadi orang yang bingung dan akan mengalami kesulitan dalam menemukan jalan keluar. Kita pasti juga akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide-ide yang telah kita rancang sebelumnya. Dan bahkan dapat membuat kita menjadi orang yang pelupa.

  1. Menggangu Psikologi

Hal lain yang diakibatkan oleh kebiasaan tidur pada pagi hari adalah mengalami gangguan pada psikologi kita. Karena kebiasaan tidur pagi dapat membunuh sel-sel otak kita, yang akan berakibat kita akan merasakan malas dalam berpikir. Dan tentunya akan berpengaruh mengenai psikologi kita.

Dampak Negativ Tidur Pagi Menurut Islam

Dampak Buruk Tidur Pagi
Dampak Buruk Tidur Pagi
  1. Menghalangi Rezeki

Selain tidur pagi memiliki dampak buruk bagi kesehatan, ternyata kebiasaan tidur di pagi hari juga tidak diperbolehkan dalam islam, dan merupakan hal yang palig tidak disukai oleh Rasulullah SAW. Dan salah satu dampak buruk dari tidur pagi menurut islam adalah dapat menghalangi rezeki.

  1. Waktu Berkah Terlewatkan

Waktu pagi merupakan waktu dimana banyak berkah yang Allah berikan kepada hambanya, dan jika kita masih tertidur di waktu pagi sama saja kita melewatkan berkah di hari itu. Keberkahan di sini memilki makna yang sangat luas dan salah satunya adalah dengan bertambahnya kebaikan.

  1. Mudah Terserang Penyakit

Islam adalah ilmu yang sangat luas, dalam islam sejak dulu sebelum para ilmuwan mengatakn bahwa tidur pagi itu tidak baik bagi kesehatan, islam sudah lebih dulu menjelaskan bahwa tidur pagi itu tidak baik bagi kesehatan. Tidur di waktu pagi dapat membuat kita menjadi sangat mudah terserang berbagai penyakit dan badan menjadi lebih lemah, lemas, dan juga lesu.

Itulah sedikit info mengenai dampak buruk tidur di waktu pagi bagi kesehatan menurut ilmu kedokteran dan juga Islam. Jadi hindarilah tidur di waktu pagi, meski memiliki beberapa manfaat namun juga memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan, jadi hindarilah kebiasaan buruk agar kita bisa hidup dengan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.