Home >> How To >> Cara Mudah Menghemat Energi Listrik di Rumah
Cara Mudah Menghemat Listrik
Cara Mudah Menghemat Listrik

Cara Mudah Menghemat Energi Listrik di Rumah

Cara Mudah Menghemat Listrik
Cara Mudah Menghemat Listrik

Di era yang modern ini listrik sudah menjadi hal yang tidak bisa di lepaskan lagi dari kehidupan kita. Untuk menunjang aktivitas sehari-hari kita sangat membutuhkan listrik. Bahkan hampir semua alat-alat yang ada di rumah membutuhkan tenaga listrik. Mulai dari lampu, TV, kulkas, AC, komputer, handphone, semua itu membutuhkan listrik agar berfungsi dengan baik.

Tagihan listrik pun menjadi hal yang wajib di keluarkan bagi setiap keluarga. Setiap bulan kita arus mengeluarkan biyaya untuk membayar tagihannya, jika tagihannya membengkak maka kita harus memutar otak untuk melunasi tagihannya. Untuk setiap bulannya kita harus mengeluarkan biyaya yang cukup banyak hanya untuk listrik saja, terlebih jika penghasilan kita pas-pasan. Di kondisi ekonomi yang sulit ini kita harus lebih cerdas dalam menggunakan apa saja yang kita miliki agar menjadi semakin hemat, tentunya kita juga harus memikirkan bagaimana cara menghemat listrik yang mudah. Tidak hanya berlaku untuk menghemat listrik saja tapi juga berlaku utnuk menghemat pengeluaran perbulan di rumah. Mulailah untuk mempraktekkan cara mudah menghemat listrik di rumah kita.

Menghemat Listrik
Menghemat Listrik

1.Nyalakan Listrik Saat Diperlukan

Cara yang pertama yang termasuk kategori sangat mudah, usahakan selalu ingat untuk mencabut stop kontak jika sudah tidak di pakai. Karena peratan elektronik yang masih dalam posisi stanby misalnya televisi, radio, kipas angin, ata perangkat audio itu masih memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup, untuk itu kewajiban kita supaya membuat ketertiban agar sesalulu mengingat matikan listrik jika sudah tidak di gunakan, caranya buatlah peraturan ini di peraturan  rumah agar selalu diingat.

2.Gunakan Lampu hemat energi

Ubtuk menghemat listrik anda gunakan saja lampu neon, karena lampu neon itu lebih hemat jika di bandingkan dengan lampu bohlam. Matikan penerangan yang sudah tidak diperlukan lagi, misalnya matikan lampu di ruangan yang tidak pernah digunakan. Usahakan mematikan lampu pada siang hari, lebih baik menggunakan penerangan alami bisa dari pantulan sinar matahari dari luar melalui jendela, matikan lampu ketika akan tidur, jika anda menghidupkan lampu luar ketika sudah pagi segeralah di matikan.

3.Lepas Charger Telepon Genggam Jika Sudah Penuh

Agar lebih hemat listrik yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah mencabut charger telepon genggam ketika sudah tidak digunakan, memang hal ini sangat sepele namun jika kebiasaan ini terus berlangsung maka anda akan selalu mengeluarkan uang lebih untuk membayar tagihan, jika charger tetap dibiarkan terpasang pada sumber listrik maka akan terbuang sia-sia, charger itu berisi kumparan, jadi jika charger tetap terpasang di sumber listrik dan memutar terus, tanpa HP pun charger yang terpasang akan menggunakan listrik sekitar 30% dari normal daya listriknya, hanya terbuang sia-sia bukan?.

4.Atur Suhu Kulkas Atau Lemari Es

Sebaiknya anda atur lagi suhu kulkas atau lemari es yang ada di rumah, jika anda tidak sedang membekukan sesuatu aturlah suhu sesuai  dengan yang ada didalamnya. Jika sesuatu yang ada didalamnya makanan atau minuman yang jumlahnya sedikit maka aturlah suhunya seperti isi minuman dan makanan, namun jika kita memerlukan membekukan sesuatu atau membutuhkan suhu yang dingin maka aturlah tombolnya di suhu yang maksimal hindari menyimpan makanan panas dalam kulkas, cara ini dijamain akan membuat tagihan listrik anda menurun.

5.Gunakan AC Seperlunya

Menghemat Listrik
Menghemat Listrik

AC adalah salah satu barang elektronik yang membuat tagihan listrik kita naik oleh karena itu kita jangan langsung menurunkan suhunya, lebih baik untuk yang pertama anda menyetel suhunya stabil. Setiap suhu AC yang diturunkan akan ada tamabahan penggunaan listrik sebanyak 6 %. Jadi misalkan suhu AC di turunkan dari 24 ke 18 langsung maka akan menggunakan 36% daya listrik sekaligus, oleh karena itu anda harus membiarkan AC di posisi yang awal terlebih dahulu untuk beberapa menit setelah suhunya menyebar keseluruh ruangan itu barulah anda menurunkan suhunya secara bertahap. Untuk itu agar taguhan listrik anda tidak semakin meninggi usahakan anda jangan menggunakan suhu AC paling kecil, dan segera matikan AC jika tidak di gunakan. Gunakanlah Timer otomatis saat suhu diruanagan sudah sejuk.

6.Jangan Melepas dan Memasang Setrika Secara Berulang

Setrika adalah barang yang kecil namun memakan listrik yang sangat besar siapa yang menyangka bahwa daya listrik setrika lebih besardari pada televisi, dan peralatan elektronik lainnya. Karena daya listrik yang digunakan setrika sangat besar oleh karena itu jangan mematikan dan menghidupkan setrika, jika pakaian yang akan di setrika banyak, jangan di cicil. Sebaiknya setrika baju sekaligus agar untuk menghindari mencabut dan memasang alat setrika. Untuk menghemat listrik sebaiknya menggunakan setrika yang memiliki suhu panas otomatis, setrika model ini akan mati dengan sendirinya jika suhu panasnya sudah cukup tinggi, selain itu gunakan suhu panas setrika yang sesuai dengan pakaian yang akan disetrika.

7.Pilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Hindari memilih mesin cuci yang mempunyai kapasitas yang terlalu besar, karena semakin besar kapasitas mesin cuci maka akan semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan, sesuaikan mesin cuci dengan pakaian yang biasa digunakan sehari-hari. Usahakan untuk mencuci pakaiana tidak melebihi kapasitas mesin karena hal itu akan membuat mesin bekerja ektra dan jika hal itu terjadi maka mesin akan membutukan daya listrik yang semakin besar, untuk itu kita juga harus bisa menyeimbangkan dari kapasitas mesin dan banyaknya pakaian kita.

8.Merawat Barang Elektronik Dengan Baik

Hal ini jug sangat berpengaruh dengan daya listrik yang digunakan, jika alat elektronik dalam keadaan yang baik maka cara kerjanya juga akan baik, namun jika sebaliknya alat dalam keadaan yang tidak baik maka beban alat elektronk ini semakin berat yang membuatnya memakan banyak sekali daya listrik.Untuk itu rawatlah brang elektronik.

Itulah cara mudah untuk menghemat listrik dirumah, sebenarnya masih banyak sekali hal sederhana yang bisa kita lakukan dirumah untuk menghemat listrik, semuanya kembali lagi pada penghuni rumahnya tugas sebagai ibu rumah tangga adalah mengajarkan keluarganya untuk hemat listrik. Gunakanlah listrik dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.