Home >> Kesehatan >> Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Alami, Cepat, dan Aman

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Alami, Cepat, dan Aman

Menurunkan kolestrol dapat anda lakukan dengan mudah melalui pembahasan dalam beberapa artikel. Banyak orang yang meninggal karena ancaman kolestrol tinggi dalam darah. Kolestrol adalah sebuah metabolit yang mempunyai kandungan lemak sterol yang bisa ditemukan dalam membran sel.

Sebenarnya, kolestrol tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dinding sel, serta berperan dalam pembuatan hormon. Namun, yang menjadi permasalahannya merupakan kadar kolestrol yang melebihi batas normal bisa menyebabkan beberapa macam penyakit kronis.

1. Kecambah

Kecambah

Sebagian penelitian yang sudah membuktikkan jika kecambah mempunyai kandungan yang bisa membantu proses peninggian badan secara alami. Antara lain mengandung kalsium, mineral, serta protein. Agar memperoleh hasil yang memuaskan, lebih baik mengonsumsi kecambah dalam keadaan setengah mentah atau mentah, karena kandungan yang terdapat di dalam kecambah masih murni.

2. Bok Chocy (Kubis Cina)

Bok Chocy (Kubis Cina)

Pernahkah anda mendengar nama makanan yang satu ini? Mungkin, untuk mereka yang hidup di negara Cina sudah tidak asing lagi mendengar nama makanan ini. Bok chocy merupakan makanan yang berasal dari jenis sayuran brokoli Cina. Sayuran ini juga sangat ampuh untuk meninggikan badan seseorang.

3. Tidur atau Istirahat yang Cukup

Tidur atau Istirahat yang Cukup

Salah satu cara yang alami untuk menambah tinggi badan adalah dengan meluangkan waktu sebanyak 8 jam sehari di atas tempat tidur. Kurang istirahat dan tidur dapat membuat tubuh minim dalam menghasilkan hormon pertumbuhan. Untuk balita, usahakanlah memperoleh waktu tidur dan istirahat yang cukup, yaitu selama 9 jam, sedangkan untuk remaja serta dewasa tidurlah selama 7 sampai 8 jam sehari.

4. Olahraga yang Teratur

Olahraga yang Teratur

Olahraga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh, supaya terhindar dari segala macam penyakit, dan siapa saja dapat mengalaminya dari mulai anak – anak sampai orang dewasa. Tapi, ada juga sebagian orang yang tidak rajin bahkan tidak pernah melakukannya. Akibatnya, tubuh gampang sekali mengalami sakit serta kekakuan. Banyak sekali manfaat dari berolahraga. Cara menurunkan kolestrol adalah dengan berolahraga secara teratur. Jenis olahraga yang sering dilakukan yaitu lari atau jogging, karena olahraga ini tidak perlu memerlukan tempat yang khusus. Memperkuat sendi dan tulang, supaya tidak terjadi penyakit osteoporosis ataupun nyeri sendi yang berhubungan dengan tulang. Melakukan olahraga tentu mengeluarkan keringat. Keringat itulah yang mengandung kuman atau bakteri yang perlu dibuang dari dalam tubuh.

5. Mengubah Pola Makan

Mengubah Pola Makan

Pola makan yang tidak baik harus segera dibenahi. Menerapkan pola makan yang sehat itu sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh. Konsumsilah makanan yang mempunyai banyak gizi, misalnya yang di dalamnya terdapat vitamin, kalsium, protein, mineral, karbohidrat, serta serat. Biasanya makanan ini sering disebut dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Cara ini sangat mudah untuk anda terapkan, karena praktis, sangat sederhana, serta sangat mudah.

6. Kacang Kedelai

Kacang Kedelai

Kacang kedelai yang telah dijadikan sebagai makanan, misalnya tahu dan tempe, dapat anda jadikan sebagai cara menurunkan kolestrol. Kacang kedelai tersebut sangat mudah sekali untuk di dapatkan dan dicari di pasar – pasar dengan harga yang terjangkau. Kacang kedelai ini juga dapat anda konsumsi sebagai susu yang dingin dan hangat. Vitamin yang terkandung di dalam kacang kedelai sangat baik untuk dicerna oleh tubuh.

7. Buah Melon

Buah Melon

Melon yang mempunyai warna hijau serta di dalamnya terdapat biji tipis berwarna kuning. Buah ini sangat mudah untuk ditemukan dan banyak cara untuk mengolahnya. Buah melon dapat anda jadikan sebagai jus ataupun langsung dimakan, tergantung dari selera masing2 orang. Anda dapat mengonsumsi buah melon setiap harinya untuk menurunkan kolestrol jahat.

8. Alpukat

Alpukat

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Buah yang memiliki rasa yang enak ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yang terdapat di dalam tubuh. Alpukat adalah buah yang mengandung lemak tak jenuh yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Itulah beberapa cara cepat menurunkan kolestrol dalam darah yang mudah, efektif, dan alami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.