Home >> Info Pajak >> Cara Mengurus NPWP Langsung di Kantor Pelayanan Pajak

Cara Mengurus NPWP Langsung di Kantor Pelayanan Pajak

Mengurus npwp bukanlah hal yang rumit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sehingga anda bisa memiliki npwp. Salah satunya adalah dengan mengurus langsung npwp di kantor pelayanan pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).

Bagi yang belum pernah mengurus npwp sebelumnya, jangan khawatir sebab syarat mengurus npwp sangatlah mudah. Begitu pun pelayanan petugas di kantor pelayanan pajak. Mereka dengan sangat ramah akan membantu anda untuk mengurus npwp. Anda hanya perlu membawa berkas atau syarat mengurus npwp. Jika sudah lengkap langsung saja datang ke kantor pelayanan pajak (KPP) atau ke Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) untuk meminta dibuatkan npwp.

Cara Mengurus NPWP
Cara Mengurus NPWP

Syarat mengurus npwp

Sebenarnya ada beberapa kriteria yang dijabarkan di laman resmi direktorat jenderal pajak kementrian keuangan di antaranya adalah syarat npwp untuk wajib pajak orang pribadi, wajib pajak badan, wajib pajak bendahara dan wajib pajak dengan status cabang dan wajib pajak orang pribadi pengusaha tertentu. Namun yang akan difokuskan pada kesempatan kali ini adalah syarat mengurus npwp untuk wajib pajak orang pribadi.

Dokumen atau syarat mengurus npwp orang pribadi:

  1. Foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) bagi warga Negara Indonesia
  2. Foto kopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) bagi Warga Negara Asing.
  3. SK dari tempat bekerja.
  4. Mengisi formulir pendaftaran wajib pajak orang pribadi.

Tata cara mengurus npwp secara langsung

  1. Siapkan dokumen atau syarat npwp
  2. Datang langsung ke kantor pelayanan pajak (KPP) atau ke Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).
  3. Minta formulir pendaftaran wajib pajak orang pribadi
  4. Isi formulir pendaftaran wajib pajak orang pribadi dengan benar
  5. Setelah persyaratan permohonan pendaftaran diterima tunggu beberapa saat untuk dicetakan kartu npwp.

Dari penjabaran di atas, dapat kita ketahui bahwa bukan hanya warga Negara Indonesia saja yang termasuk menjadi wajib pajak tetapi juga warga Negara asing yang bekerja di Indonesia juga menjadi wajib pajak. Untuk proses mengurusnya sama, mereka bisa datang langsung ke kantor pelayanan pajak (KPP) atau ke Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) untuk meminta permohonan pendaftaran npwp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.