Home >> Kesehatan >> Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Apakah anda termasuk orang yang mempunyai kulit wajah kering? Kulit kering adalah keadaan umum yang sering terjadi oleh seseorang, yang mana bagian lapisan terluar dari kulit kekurangan cairan. Bagian tubuh yang terbuka, misalnya kaki, lengan, tangan, serta wajah tergolong bagian yang biasanya mengalami hal ini.

Di dalam dunia medis, kulit kering biasa dikenal dengan xeroderma atau xerosis. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi kulit wajah kering secara alami :

1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Salah satu cara mengatasi kulit wajah kering secara alami adalah dengan memakai minyak zaitun. Minyak zaitun adalah minyak alami yang memiliki manfaat untuk melembabkan kulit wajah yang kering dan dapat membantu menyegarkan serta menghaluskan kulit wajah anda. Minyak zaitun adalah pelembab alami yang tepat serta dapat membantu mencegah terjadinya kekeringan pada kulit wajah serta bagian lain tubuh anda. Minyak zaitun juga dapat membantu anda untuk melepaskan lapisan sel – sel kulit yang sudah mati.

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan menggunakan minyak zaitun :

Siapkanlah minyak zaitun secukupnya saja. Campurlah dengan sebutir kuning telur yang telah dikocok terlebih dahuluserta dicampur dengan beberapa tetes air jeruk lemon. Lalu, usapkanlah pada kulit wajah, serta oleskanlah masker tersebut di wajag serta leher. Jangan sampai mengenai mata. Biarkan sekitar beberapa menit sampai mengering. Lalu bersihkan wajah anda dengan menggunakan air dingin sampai benar – benar bersih.

2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga berguna untuk mencerahkan sekaligus membersihkan kulit. Untuk mengatasi kulit kering anda, anda hanya perlu menghaluskan jeruk nipis dengan dicampur dengan 1 sendok teh alpukat. Anda dapat menggunakan blender untuk menghaluskannya.Oleskanlah pada kulit wajah anda sampai merata, diamkan sekitar 20 menit.Lalu bilaslah dengan menggunakan air dingin.

3. Minyak Almond

Minyak Almond

Minyak almond adalah salah satu bahan alami yang sangat efektif untuk mengatasi kulit wajah kering serta pecah – pecah. Oleskanlah minyak almond secukupnya ke seluruh bagian wajah ataupun tubuh anda, sebelum mandi. Cara tersebut bisa menghilangkan kulit kering anda dalam seketika.

4. Timun

Timun

Timun sangat efektif untuk mengatasi kulit yang kering serta bersisik. Timun juga bermanfaat untuk menjadikan kulit anda lebih terlihat cantik hanya dalam hitungan menit saja. Untuk mengatasi kulit kering, parutlah timun secukupnya saja, kemudian di peras, ambillah ampasnya, oleskan pada wajah anda secara merata. Diamkan sekitar 15 menit. Lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih sampai bersih.

5. Buah Alpukat, Pepaya, dan Pisang

Buah Alpukat

Pisang, pepaya, dan buah alpukat mempunyai khasiat untuk membuat kulit sehat serta juga bisa mengatasi kulit kering. Pilihlah buah pisang, alpukat, serta pepaya yang telah matang, kemudian tumbuklah kesemua bahan tersebut secara bersamaan, kemudian oleskan pada bagian leher, wajah, serta daerah kulit anda yang kering. Diamkanlah sampai benar – benar kering kurang lebih selama 15 menit. Kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Kerjakan cara tersebut selama 2 kali dalam seminggu.

6. Apel

Apel

Apel merupakan buah yang mempunyai banyak sekali manfaat. Apel juga bermanfaat untuk meremajakan sel kulit. Kandungan tannin serta kalium yang terdapat di dalam buah apel dapat membuat kulit menjadi putih serta menjaga kulit supaya tidak kering. Untuk mengatasi kulit kering, cukup dengan memarut apel, kemudian diambil ampasnya, lalu oleskan pada bagian wajah atau kulit yang kering. Diamkan sekitar 20 menit serta bilaslah dengan menggunakan air dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.