Home >> Kesehatan >> BPJS Ketenagakerjaan >> Cara Mencairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mencairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan jaminan sosial khususnya kepada para pekerja yang sama halnya dengan program terdahulu yang sudah dijalankan oleh jamsostek.

Dengan dijalankan program seperti ini maka bisa bermanfaat para tenaga kerja setelah masa pensiun atau ketika pemutusan kerja dari perusaan sudah selesai. maka ketika mereka sudah tidak mempunyai pekerjaan mereka masih mempunyai jaminan hari tua (JHT).

Fasilitas JHT bisa dirasakan oleh seseorang ketika mencapai umur 55 tahun atau keluar dari perusaan dengan sesuai syarat dan ketentuan yang sudah berlaku. Sebagian besar iuran yang sudah dibayar oleh JHT yaitu (2%) dengan memotong gaji, dan sebagian lagi dibayar oleh perusaan (3,7%).

JHT BPJS Ketenagakerjaan Online

Dengan adanya program ini sangat bermanfaat ketika mereka sudah memasuki usia pensiun dan tiba-tiba mereka berhenti kerja setelah sudah memenuhi masa kepesertaan selama lima tahun dan masa tunggu selama 1 bulan. Dalam melakukan pencairan dana JHT tidak sesulit yang dipikirkan, karena banyak orang yang sudah menggap mencairkan dana JHT itu sulit, terlalu ribet.

Padahal jika mereka mengetahui prosedur yang sudah berlaku dan telah ditetapkan maka BPJS ketenagakerjaan semua akan berjalan dengan lancar dan baik. Maka dari itu saya akan memberikan informasi secara singkat dan jelas tentang cara mencairkan dana JHT BPJS ketenagakerjaan.

  • Dalam melakukan pencairan dana JHT tidak bisa diwakilkan, maka anda harus datang sendiri ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mencairkan dana JHT anda. Sebelum anda pergi kesana sebaiknya lengkapi persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan.
  • Kemudian isi formulir pencarian dana JHT yang sudah disediakan oleh petugas BPJS ketenagakerjaan, setelah sudah di isi formulirnya serahkan syarat yang sebelumnya sudah disiapkan, adapun syaratnya yaitu Kartu Jamsotek Asli, KTP asli dan Fotokopi, KK asli dan fotokopi, Buku Tabungan asli dan fotokopi, serta surat pengalaman kerja anda dari perusaan lama asli dan fotokopi.
  • Setelah semua sudah siap dan sudah terpenuhi, maka masukan kedalam map yang sudah diberikan dari petugas BPJS, dengan bersamaan memberikan formulir pencairan dana JHT.
  • Selanjutnya anda pergi keloket untuk diperiksa kelengkapan dokumen anda yang tujuannya untuk diverifikasi data-data dalam melakukan verifikasi anda membutuhkan waktu selama 5 menit.
  • Setelah berkas dan data-data sudah dberikan kepada petugas dan anda dinyatakan lulus verifikasi, maka anda akan mendapatkan secara langsung yaitu menerima pembayaran dana JHT yang sudah menjadi hak anda sebagai peserta dari BPJS ketenagakerjaan.

Bagaimana prosedur mencairkan dana JHT BPJS apakah sulit, jika semua dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku maka akan mudah dan gampang. Dan intinya sebelum pergi ke kantor BPJS untuk mencairkan dana JHT, anda perlu perhatikan benar-benar melengkapi semua berkas secara teliti yang tujuannya agar tidak bolak-balik pergi ke kantor BPJS, hanya mengurus pencairan dana BPJS saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.