Home >> Kesehatan >> Buah Buahan Penurun Kolesterol Tercepat dan Terampuh
Buah Buahan Penurun Kolesterol1
Buah Buahan Penurun Kolesterol1

Buah Buahan Penurun Kolesterol Tercepat dan Terampuh

Para pakar kesehatan telah menyaran kita supaya memakan buah buahan untuk menurunkan kolesterol yang terdapat pada darah kita. Kolesterol merupakan substansi yang terdiri dari berbagai jenis lemak, tapi pada dasarnya semua manusia membutuhkan kolesterol untuk membentuk atau penyusunan sel tubuh, tapi jika kolsterol yang terkandung dalam tubuh kita melebihi batas normal maka akan membahayakan bagi tubuh kita. Kolesterol yang telah diukur dalam laboratorium adalah sebuah gambaran dari kolesterol yang terdapat pada peredaran darah kita.

Kenapa kolesterol yang tinggi berbahaya bagi tubuh kita? karena kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah akan berkumpul pada pembulu darah yang bisa menyebabkan penyakit seperti stoke dan serangan jantung. Maka dari itu menurunkan kolesterol yang tinggi adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan terutama bagi orang yang mempunyai kolesterol yang tinggi, dan bagi anda yang sudah mempunyai kolesterol yang normal anda harus menjaganya agar tetap normal. Untuk menjaga dan menurunkan kadar kolesterol anda bisa menjadikan buah sebagai makanan tambahan anda.

Buah Buahan yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Cara sederhana yang dapat untuk menurunkan kadar kolesterol adalah memilih makanan yang tepat, banyak para pakar kesehatan yang telah meneliti makanan yang berpengaruh pada kadar kolesterol darah kita. Banyak sekali jenis makanan yang dapat menaikkan dan menurunkadar kolesterol darah. Adapun kelomok yang tergolong dalam makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah buah buahan dan sayuran. Dalam coretan kali ini kami akan membahas tentang buah buahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah kita.

1. Apel

Buah Apel
Buah Apel

Seorang pepatah pernah mengatakan “An apple a day keeps the doctor away” sepertinya kata yang dibilang oleh pepatah itu memang benar, karena serat yang terkandung dalam buah apel bisa menurunkan kadar kolesterol. Serat larut yang dimiliki oleh buah apel akan masuk kedalam pembuluh darah dan terlarut dan itu akan membantu membersihkan kolesterol yang berlebihan dan menempel pada pembuluh darah kita maka cobalah jadikan buah ini sebagai makanan tambahan sehari hari anda. Dan jangan lupaa untuk memakan kulitnya juga agar dapat menambah banyak serat kepada asupan makanan anda.

2. Pear

Buah Pear
Buah Pear

Buah pear sama halnya dengan buah apel, serat larut yang ada pada buah pear juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah, selain rasanya yang begitu enak dan manis ternyata bauh pear juga mempunyai manfaat yang lainnya yaitu memberikan antioksidan yang berguna bagi tubuh untuk membantu mencegah penumpukan kolesterol yang terlalu banyak dalam pembuluh darah.

3. Alpukat

Buah Alpukat
Buah Alpukat

Buah alpukat memang sudah terkenal dengan buah yang mengandung banyak lemak dan dapat menjadikan tubuh anda menjadi gemuk. Mitos tersebut memang sangat benar jika kita memakan buah alpukat dalam bentuk jus, es buah atau yang lainnya memang dapat menjadikan tubuh anda menjadi gemuk. Dibalik itu semua buah alpukat memiliki lemak baik yang dapat membantu tubuh anda, tidak hanya itu kandungan niasin yang terdapat dalam buah alpukat menjadikan buah ini menjadi salah satu buah yang dapat membantu untuk menurunkan kolesterol. Niasin memiliki peran sebagai alat untuk menurunkan produksi kolesterol dan membantu darah untuk membersihkan kolesterol yang terlalu banyak menumpuk dalam pembuluh darah anda. Jika anda ingin memakannya dengan menambahkan gula disarankan supaya  menambahkannya sedikit saja agar asupan kalori yang masuk kedala tubuh tidak berlebihan.

4. Strawberry

Buah Strawberry
Buah Strawberry

Selain memiliki aroma dan rasa yang begitu lezat, ternyata banyak para pakar kesehatan telah menyarankan untuk mengonsumsi buah strawberry, karna buah ini termasuk dalam golongna buah yang dapat meredahkan kandungan kolesterol.  Buah strawberry mengandung antioksidan yang dapat mencegah berkumpulnya kolesterol berlebihan yang menempel pada dinding pembuluh darah anda, tidak hanya itu buah strawberry juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mencegah terjadinya reaksi oksidasi kolesterol yang berbahaya. Konsumsilah buah ini tanpa mencampurinya dengan gula atau pemanis lainnya yang berlebihan, selain strawberry anda juga dapat memakan buah berry lainnya supaya mendapatkan manfaat yang sama seperti buah blueberry atau buah blackberry.

5. Pepaya

Buah Pepaya
Buah Pepaya

Buah Pepaya memang telah dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan karena buah ini mengandung serat tidak larut yang dapat memperlancar proses pencernaan. Tapi banyak orang yang belum mengetahui bahwa buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan, karena buah papaya juga memiliki vitamin E yang sangat terbukti bisa mencegah berkumpulnya kolesterol pada dinding pembuluh darah dan buah papaya juga bisa mencegah terjadinya oksidasi lemak berbahaya yang bisa membahayakan tubuh kita. Maka jadikanlah buah ini sebagai makanan tambahan atau makanan selingan mengingat banyaknya manfaat yang diberikan oleh buah ini untuk tubuh kita.

6. Mangga

Buah Mangga
Buah Mangga

Ternyata buah yang berwana orange yang lezat rasa dan aromanya ini juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, karena buah mangga memiliki kandungan vitamin E, vitamin C, dan serat yang bagus untuk menurunkan kadara kolesterol yang berlebihan dan juga dapat mencegah menumpuknya kadar kolesterol yang banyak didinding pembuluh darah. Selain itu mangga juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah reaksi oksidasi yang jelek dari lemak berbahaya, tapi harus diingat bahwa buah mangga memiliki kadar gula yang begitu banyak jadi supaya dicampuri dngan buah buahan yang lainnya supaya bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

7. Anggur

Buah Anggur
Buah Anggur

Jika anda suka meminum minuman semacam wine ini adalah kabar baik bagi anda, minum minuman seperti wine dalam kadar yang tepat bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan juga menjaga fungsi dan ketahanan pembuluh darah anda, kulit buah anggur merah mengandung resveratrol yang berperan penting dalam memperkecil kadar kolesterol, mencegah penumpukan kolesterol yang berlebihan didinding pembuluh darah, dan juga menjaga fungsi pembulu darah, konsumsilah buah anggur setiap hari, maka anda akan merasakan hasilnya sendiri.

8. Jambu Batu

Buah Jambu Batu
Buah Jambu Batu

Buah jambu batu ketika di jadikan minuman dalam berbentuk jus, buah ini terkenal bisa membantu para penderita demam berdarah dangue maninggikan kadar trombosit dalam darahnya. Selain menjadi obat alami untuk menyembuhkan demam berdarah ternyata buah jambu batu juga dapat menurunkan kadar kolesterol tingi, karena buah jambu batu memiliki banyak kandungan vitamin C dan vitamin E yang bisa membantu untuk mencegah penumpukan kolesterol berlebih didinding pembuluh darah dan juga dapat membersihkan diri dari kolesterol yang berlebihan. Jadikanlah jus buah jambu batu menjadi minuman tambahan dalam menu makanan anda sehari hari.

9. Jeruk

Buah Jeruk
Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung banyak vitamin C, potasium, pitosferol, dan folat. Jadi tidak perlu diragukan lagi bahwa buah jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan jahat yang berada didalam tubuh kita. GAbungan nutrisi yang terdapat pada buah jeruk dapat mencegah oksidasi lemak jahat yang membentuk kolesterol, selain itu buah jeruk juga dapat menjaga kestabilan tekanan darah agar tidak naik tinggi setelah makan makanan yang berlemak.

Untuk memperkecil kolesterol yang tinggi bukanlah hal yang cukup mudah untu dilakukan, sangat dibutuhkan kedisiplinan, komitmen, dan keinginan yang kuat untuk selalu menjaga pola makan anda. Menghindari makan makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan, daging kambing, makanan cepat saji, kripik, dan yang lainnya adalah salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol  tinggi yang harus dilakukan juga. Melihat begitu banyak manfaat dari buah buahan jadi kita bisa menggunakan cara diatas dan anda juga bisa menjadikan buah tersebut sebagai snack sehingga bisa menggantikan makanan yang mengandung banyak lemak seperti diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.