Home >> Kesehatan >> Berikut Manfaat Teh Bagi Kesehatan
Manfaat Teh Bagi Kesehataan
Manfaat Teh Bagi Kesehataan

Berikut Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan minuman merakyat yang bernama teh. Meskipun merakyat namun tersimpan beribu ribu kasiat di dalamnya. Minuman teh ini berasal dari china yang pada abad 8 m di gunakan sebagai ramuan penawar racun. seiring berjalanya waktu minuman ini di gemari di berbagai negera, salah satunya indonesia dengan keharuman serta rasanya yang tidak membosankan membuat masyarakat indonesia dari berbagai kalangan serti dari yang kecil, remaja, dewasa, hingga sudah tua pun masih menyukai minuman teh ni.  Bukan hanya rasanya yang enak menjadikan di gemari di indonesia pohonya pun juga bisa tumbuh di negra tropis ini. Minuman dari daun teh ini enak di minum dalam keadaan hangat dan dingin jadi sangat cocok untuk iklim di indonesia yaitu tropis. Tidak itu saja teh ini sangat mudah di dapati di pasaran dan harganya relatif murah yang sangat cocok untuk negara berkembang seperti indonesia ini. Meskipun harganya murah dan mudah di dapat i tapi anda jangan meremehkan kasian dan manfaatnya berikut kandungan teh yang perlu anda ketahui:

Manfaat Teh Bagi Kesehataan
Manfaat Teh Bagi Kesehataan

Kandungan Teh

Di dalam minuman teh terdapat banyak sekali kandungan yang akan khasiat untuk kesehatan anda serperi kafein, antioksidan, vitamin B kompleks,lalu vitamin A, Vitamin, C dan Vitamin E jadi sangat cocok untuk untuk menjaga kesehatan anda. tidak itu saja di dalam teh juga terdapat polifenol yang berwujud flavanol serta katekin,  lalu zat memonocitrat  dan flouride yang berupa zinc dan manganese potassium. Jadi banyak banget kan kandungan dari teh ini,  dari banyak kandungan  tersebut teh memiliki sejuta manfaat. Berikut manfaat minuman teh bagi tubuh anda antara lain:

Manfaat  Minuman Teh bagi Tubuh

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Zat polifenol merupakan zat anti oksidan yang sangat baik untuk tubuh kita, serta senyawa epigallo catechin gallate yang berada dalam teh dapat membunuh sel sel kanker yang berada di dalam tubuh kita. sebaiknya kalau anda mengkonsumsi teh lebih baik teh pahit tanpa gula meskipun rasanya pahit tapi sangat cocok untuk kesehatan anda.

  1. Membantu Membuang Racun Didalam Tubuh

Manfaat teh yang kedua adalah dapat membuang racun yang berada dalam tubuh, hal ini terbukti jika anda menkonsumsi teh hangat  dapat melancarkan proses pencernaan serta dapat membantu mengoptimalkan peredaran darah dalam tubuh anda. Hal ini terjadi karena air hangatnya teh tersebut.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin C yang terdapat dalam minuman teh sangatlah aktif  untuk meningkatkan sistem imun yang berada dalam tubuh anda, serta juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Jadi dengan vitamin c yang ada dalam teh dapat menghindarkan penyakit dari tubuh anda.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat Teh Bagi Kesehataan
Manfaat Teh Bagi Kesehataan

Perlu anda ketahui jika anda mengalami sakit kelapa dengan minum teh satu gelas dapat menetralkan sakit kepala tersebut. Hal ini di akibatkan oleh zat kafein yang berada dalam teh dapat mengasih rasa rileks pada penderita sakit kepala. Dengan kandungan kafein inilah mengapa orang sakit setiap habis makan di kasih minum teh

  1. Menurunkan Kadar Kolestrol

Sudah terbukti kalau minum teh dapat menurunkan kolestrol dalam tubuh, hal ini sudah dilakukan penelitian dari beberbagai negara, hal tersebutlah mengapa orang tua menyukai teh.

  1. Membantu Menyehatkan Jantung

Jadi setelah kolestrol anda stabil makan jantung anda juga ikut aman. Karena di dalam teh terdapat kandungan vitamin E yang dapat  emjaga kesehatan Jantung anda dan mengurangi darah tinggi.

  1. Meningkatkan Energi

Di dalam minuman teh terdapat vitamin B yang Kompleks, jadi dengan vitamin tersebut sangat berpengaruh terhadap metabolisme tubuh anda. Jadi dengan mengonsumsi teh dapat membantu proses pembuatan dan menghasilkan energi  dengan cepat. Jadi anda anda dapat perkatekan sendiri di rumah, coba minum secangkir teh hangat di pagi hari pasti energi anda akan terisi full. Hal ini sangat cocok bagi yang mau puasa, jadi konsumsi teh saaat sahur akan menambah energi saat puasa.

  1. Meningkatkan Kesehataan Gigi

Kandungan flouride dan tennis yang terdapat dalam teh dapat membantu mengurangi pembuataan karang dalam gigi anda. Tidak itu saja teh juga dapat mengurangi resiko sakit pada gigi atau gusi anda. Jadi dengan anda mengonsumsi teh dengan teratur dapat meningkatkan kesehatan gigi anda.

  1. Dapat Memperkuat Tulang

Bagi anda atau keluarga anda yang masih tahap perkembangan dengan mengonsumsi teh hangat manis dapat memperkuat tulang karena vitamin D yang terdapat pada minuman tersebut. Tidak itu saja kandungan protein yang terdapat dalam teh dapat membantu mempecepat pembentukan tulang dan tumbuhnya.

  1. Dapat Membantu mengganti sel yang rusak

Pada tubuh manusia sangatlah rentan akan kerusakan, maka dari itu di anjurkan memakan dam minum yang mengandung protein. Seperti teh sangatlah baik untuk tubuh anda karena terdapat kandunan protein yang dapat menganti sel sel yang rusak pada kulit, rambut, tulang dan otot. Dan juga dapat membentu regenerasi sel tubuh yang rusak.

  1. Membantu program diet

Tahukah anda kandungan nutrisi di dalam teh sangatlah banyak jadi tidak menutup kemungkinan kalau teh dapat membantu diet.  Jadi nutrisi yang banyak pada teh dapat membantu memenuhi keperluan gizi pada masa diet. Namun teh yang di konsumsi tidak boleh di kasih gula, meskipun rasanya agak getir namun nutrisinya banyak dan kalorinya relatif sedikit. Jadi jika anda diet konsumsilah teh tawar sangat cocok bukan karena rendah kalori saja namun juga memberi energi dan memberi efek kenyang.

  1. Memiliki Kandungan Antioksidan

Zat antioksidan yang terdapat dalam teh selain untuk membuang racun pada tubuh juga berfungsi sebgai melawan radikal bebas. Bila anda bekerja di luar rungan pasti banyak sekali radikal bebas jadi setidaknya mengkonsumsi teh hangat manis biar perlahan radikal bebas tersebut larut di bawa teh.

  1. Menenangkan Badan dan Pikiran

Secara tidak anda sadari bahwa teh dapat berefek untuk menenangkan badan hal tersebut bisa di lakukan dengan cara psikologis. Cobak dapat anda praktekan di rumah waktu pagi hari duduk di teras sambil membaca koran dengan secangkir teh hangat dan cemilan betapa rileksnya diri anda.

  1. Melarutkan lemak

Perlu anda ketahui jika anda ingin melarutkan lemak, konsumsilah secara rutin teh hangat. Dengan anda mengkonsumsi teh hangat secara rutin akan melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan anda, karena terdapat zat essential oil yang terdapat pada racikan teh. Jadi bagi anda yang bermasalah dengan pencernaan teh dapat menjadi solusi anda.

  1. Menghilangkan Ngantuk

Manfaat Teh Bagi Kesehataan
Manfaat Teh Bagi Kesehataan

Tidak Cuma kopi saja yang bisa menghilangkan ngantuk dengan zat kafeinnya, teh pun juga bisa menghilangkan kantuk dengan zat kafein yang dimilikinya. Jadi anda jangan kebinggungan kalau malam susah tidur setelah minum teh. Nemun umumnya yang bisa menghilangkan ngantuk itu kopi, kenapa kopi karena kandungan kafeinnya banyak di kopi dari pada teh. Jadi untuk menghilangkan ngantuk lebih efektif kopi.

  1. Membantu Mencegah Dan Mengobati Tumor

Bagi anda yang mnderita tumor sering seringlah mengkonsumsi teh tawar karena di dalam minuman teh tawar terdapat kandungan polifenol dan antioksidan yang bisa mengobati dan mencegah tumor beserta kanker. Jadi mulailah rutin mengkonsumsi teh tawar secara rutin bila ingin terhindar dari tumor dan kangker.

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Di dalam kandungan teh tawar terdapat kandungan mangan (Mn) yang sangat berpengaruh pada pengubahan gula menjadi energi. Tidak itu saja kandungan mangan yang berada dalam minuman satu ini juga bisa menjaga kadar gula dalam darah. Jika anda kelebihan kadar gula pada darah akan menakbatkan muncul beberapa penyakit sperti ganguan jantung, diabetes.

  1. Mencerahkan Wajah

Kandungan anti oksidan yang berada dalam teh tidak hanya untuk radikal bebas saja namun juga bisa mencerahkan wajah. Dan mengkonsumsi teh tanpa gula tidah hanya untuk tubuh namun juga bagus untuk wajah karena terdapat rooibos dan vitamin C serta seng dan magnesium yang bisa meghilangkan bintik serta kecoklatan pada wajah.

Nah itu beberapa manfaat dari mengkonsumsi teh, jadi sering seringlah minum teh karena sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Meskipun minuman teh ini merakyat namun banyak kasiatnya dan sekarang sudah banyak warung warung yang menyediakan teh hangat ataupun es teeh. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.