Home >> Kesehatan >> Beberapa Jenis Jamu dan Manfaatnya Bagi Tubuh
Obat-obatan Jamu TradisionObat-obatan Jamu Tradision
Obat-obatan Jamu Tradision

Beberapa Jenis Jamu dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Indonesia memang kaya dengan tanaman tanaman herbal yang tentunya memiliki berjuta manfaat bagi kehidupan kita. Dan dari tanaman-tanaman tersebut ada yang dapat digunakan secara langsung ataupun yang memerlukan pengolahan terlebih dahulu.  Dan salah satu hasil olahan obat-obatan herbal tradisional dari tanaman-tanaman adalah jamu. Jamu adalah sejenis obat-obatan herbal yang asli berasal dari indonesia.  Jamu biasanya diracik dari bahan-bahan alami berupa rimpang, daun, batang, bunga, ataupun buah dari berbagai macam tanaman.

Jamu Tradisional
Jamu Tradisional

 Jamu adalah ramuan tradisional yang terkenal dengan rasanya yang pahit, dan itu yang membuat anak-anak kecil sering merasa takut untuk mengkonsumsi minuman obat satu ini. Padahal sebenarnya dalam penyajiannya jamu sering kali dikombinasikan dengan tambahan madu ataupun anggur sebagai pemanisnya. Dan selain itu juga buah anggur dapat membantu memberikan efek kehangatan bagi tubuh.

Jamu dapat dijadikan ke dalam bentuk serbuk, kapsul, dan ada juga yang langsung dapat diminum seperti jamu gendong atau yang lainnya. Dan di Indonesia sendiri kita telah mengtahui berbagai macam jamu yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kunyit, sirih, dan lain-lain. Dan berikut kami akan sajikan beberapa jenis jamu tradisonal yang dapat memberikan banyak sekali khasiat dan manfaat jamu tradisional bagi tubuh kita :

Jamu Beras Kencur

Jamu yang berbahan dasar beras dan juga kencur ini memang tidak asing lagi di telinga kita bukan? Karena memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang diberikan oleh jamu ini. Cara pembuatan jamu beras kencur juga cukup mudah, kita hanya perlu menyangrai beras kemudian ditumbuk hingga menjadi halus. Kemudian bahan-bahan lain juga ikut ditumbuk ke dalam alat tumbuk tradisional. Setelah menjadi halus, ramuan kita campurkan dengan beras yang sudah ditumbuk sebelumnya. Keemudian kita tambahkan dengan sedikit air yang telah mendidih. Dan setelah bercampur langkah berikutnya adalah penyaringan untuk mendapatkan sari dari ramuan jamu tersebut.

Manfaat jamu beras kencur bagi tubuh antara lain :

  1. Dapat menghilangkan pegal-pegal dan linu pada tubuh kita.
  2. Dapat meredakan batuk yang kita alami, atau meyembuhkan sakit pada tenggorokan.
  3. Dapat membantu menabah nafsu makan, terlebih bagi anak-anak yang masih kecil.
  4. Dapat menjadikan tubuh menjadi lebih segar, tubuh menjadi lebih bernergi dan sehat.
  5. Membantu meyembuhkan perut yang kembung karena masuk angina tau rasa mual.

Jamu Cabe Lempuyang

Jamu herbal yang satu ini merupakan hasil racikan dari berbagai tanaman seperti cabe paying, temulawak, temu ireng, jahe, kudu, daun adas, pulosari, kunyit, merica, keningar, kedawung, asam jawa, kunci, gula merah, dan juga gula putih. Cara membuatnya juga cukup mudah pertama kita hanya perlu menumbuk semua bahan, kemudian mencampurkan hasil tumbukan ke dalam air hangat kemudian didiamkan untuk beberapa saat, kurang lebih 5 hingga 10 menit yang kemudian air tersebtu kita saring. Hasil air yang telah disaring bias langsung kita minum atau juga bias kita simpan terlebih dahulu di dalam mesin pendingin. Dan ramuan jamu ini bias bertahan hingga seminggu lebih.

Manfaat dari jamu cabe lempuyangan adalah :

  1. Bisa menghilangkan atau meredakan pegal-pegal pada badan terlebih bagian punggung.
  2. Membantu meredakan nyeri pada bagian pinggang kita.
  3. Membantu dalam meredakan kram otot.
  4. Dapat membantu dalam mengobati kesemutan.
  5. Zat besi yang terkandung dalam jamu cabe lempuyang ini juga dapat membantu dalam mencegah timbulnya anemia serta juga dapat membantu produksi sel darah merah.
  6. Membantu dalam mengatasi demam, meriang, ataupun panas dingin.
  7. Apabila dikonsumsi oleh ibu hamil maka nantinya sang anak akan terhindar dari bau amis ketika melahirkan.

Jamu Kunyit Asam

Jamu ini adalah salah satu ramuan tradisional yang sudah diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat jamu ini adalah seperti kunyit, jawa. Dan bahan lainnya seperti sinom atau daun asam yang masih muda, temulawak, biji kedung, jeruk nipis, gula jawa, gula putih dan juga garam. Kandungan gizi yang terkandung dalam kunyit asam antara lain kurkumin, vitamin C, minyak atsiri, protein, karbohidrat, dan mineral-mineral lain seperti kalsium, fosfor, dan zat besi.

Cara pembuatan jamu kunyit asam juga cukup mudah, kita hanya perlu menghaluskan kunyit yang telah bersih, yang kemudian sarinya direbus lalu ditambahkan bahan lain. Setelah mendidih angkat airnya dan dinginkan. Kita bias menambahkan es batu pada jamu ini agar terasa lebih segar.

Jamu Kunyit Asam
Jamu Kunyit Asam

Manfaat jamu kunyit asam :

  1. Membantu dalam melangsingkan tubuh kita.
  2. Dapat digunakan dalam membantu masalah menstruasi.
  3. Dapat membantu memperlancar peredaran darah kita.
  4. Membantu menjaga proses metabolisme tubuh agar tetap terjaga dalam kondisi yang sehat.
  5. Mengandung kurkumin yang dapat membantu mengobati luka pada bagian lambung.
  6. Mengandung minyak atsiri yang dapat memberikan khasiat sebagai anti-inflamsi.
  7. Membantu dalam mengobati sariawan dan juga panas dalam.
  8. Memberikan efek rasa dingin ketika berada di dalam perut.

Namun jamu ini tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil muda, karena sifatnya yang dapat memprlancar haid, jamu ini dipercaya dapat mengakibatkan keguguran pada janin.

Jamu Pahitan

Jamu ini terbuat dari bermacam bahan tradisional seperti sambiroto. Akan tetapi ada sebagian orang yang memberikan tambahan bahan lain seperti brotowali, daun meniran, lempuyangan, lengkuas, serai, widoro laut, doro putih, temu ireng, babakan, adas, ataupun rempah-rempah lainnya. Cara pembuatannya juga tidaklah sulit, kita hanya perlu merebus semua bahan yang tersedia hingga air tersisa setengah agar semua zat-zat yang ada dalam bahan larut ke dalam air. Dan setelah itu bias disajikan dengan tambahan kunyit asam, ataupun jamu lainnya.

Khasiat Jamu Untuk Kesehatan
Khasiat Jamu Untuk Kesehatan

Manfaat dari jamu pahitan :

  1. Dapat membantu dalam meningkatkan nafsu makan.
  2. Membantu dalam mengobati perut kembung.
  3. Membantu mencegah atau menurunkan resiko terkena diabetes.
  4. Dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap.
  5. Membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam darah.
  6. Membantu mengatasi jerawat.
  7. Sebagai cara untuk terapi cuci darah.
  8. Membantu mengobati rasa pegal-pegal.
  9. Mambantu mengatasi sakit kepala atau juga pusing.
  10. Mengobati gatal-gatal.

Jamu Gepyokan

Jamu ini berasal dari rempah-rempah yang biasa digunakan dalam bumbu-bumbu dapur. Bahan-bahanya antara lain seperti kencur, jahe, lengkuas, jahe, kunyit, temulawak, temu giring, daun katu, gula jawa dan juga lempuyang.

Manfaat dari jamu gepyokan :

  1. Membantu dalam meningkatkan jumlah produksi ASI.
  2. Dapat membantu menghilangkan bau badan yang kurang sedap.
  3. Membantu memberikan efek rasa dingin di dalam perut.

Jamu Temulawak

Jamu yang sudah cukup terkenal dikalangan orang banyak adalah jamu temulawak yang berasl dari bahan baku temulawak. Temulawak selain menjadi pelepas dahaga, juga memiliki berbagai manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Manfaat temulawak :

  1. Dapat mengatasi atau mencegah terkena penyakit hepatitis.
  2. Dapat membantu memproduksi cairan empedu.
  3. Membantu dalam menghilangkan gejala masuk angin.
  4. Membantu dalam menyembuhkan sakit pada kepala.
  5. Membantu dalam mengobati jerawat.

Itulah sedikit mengenai beberapa jenis jamu dan juga manfaat yang dapat kita dapatkan darai jamu tersebut, yang tentunya sangat aman dan juga mudah untuk dibuat ataupun kita temui di sekitar kita. Tentunya ini sangat sesuai bagi anda yang menginginkan hidup yang sehat tanpa obat-obatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.