Home >> Teknologi >> Apa Kelebihan Website yang Menggunakan Cloudflare?

Apa Kelebihan Website yang Menggunakan Cloudflare?

Bicara soal perkembangan dan inovasi teknologi memang tidak ada habisnya, salah satu layanan berbasis IT yang saat ini bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan performa website adalah cloudflare.  Apa itu cloudflare? Secara umum, cloudflare adalah sebuah website penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) yang menawarkan fitur lumayan lengkap dan powerfull meski kamu hanya menggunakan versi gratisan. Nah, untuk mengenal terkait pengertian cloudflare beserta kelebihan dan kekurangannya, kami sudah menyiapkan artikel khusus yang bisa dijadikan sebagai referensi. Simak pembahasannya sampai bagian akhir ya!

Kelebihan Website yang Menggunakan Cloudflare

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak kelebihan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan cloudflare. Manfaat ini umumnya akan berdampak pada kinerja VPS Indonesia murah yang semakin ringan, namun selain itu para pengunjung juga bisa menikmati manfaatnya secara langsung.

1.Menyembunyikan IP Address Asli Website

Setiap website yang sudah online dan bisa diakses publik pasti punya IP Address. Sesuai namanya, komponen ini sendiri ibarat alamat yang menunjukkan lokasi server atau hosting tempat website menyimpan seluruh aset dan dokumen. 

Melindungi alamat IP sendiri saat ini menjadi sebuah keharusan ditengah berbagai ancaman serangan cyber seperti DDoS Attack. Nah, dengan mendaftar cloudflare, kamu bisa menyembunyikan IP Address asli website yang kamu gunakan, dan menggantinya dengan IP Address milik cloudflare.

Tujuannya tidak lain adalah untuk menangkal serangan DDos Attack atau upaya jahat lainnya yang bisa membahayakan server website. Pasalnya, jika ada hacker yang mencoba melakukan serangan ke IP Address dari cloudflare, mereka tidak akan memberikan dampak langsung ke web hosting murah yang kamu gunakan.

2.Sebagai CDN (Content Delivery Network)

Cloudflare merupakan layanan Content Delivery Network (CDN) dimana memiliki fungsi utama untuk membagi beban server sebuah website ke beberapa server lain di lokasi berbeda. Salah satu manfaat adanya Content Delivery Network (CDN) adalah akses website yang menjadi lebih cepat karena konten akan disajikan berdasarkan lokasi terdekat dari user. Fitur Content Delivery Network (CDN) sangat cocok bagi kamu yang punya website dengan audiens atau visitor dari seluruh dunia. 

3.Mengarahkan Pengunjung ke Server Paling Dekat

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, Cloudflare bisa membantu mendistribusikan konten berdasarkan lokasi terdekat ketika user mengakses website. Menariknya, layanan Content Delivery Network (CDN) dari cloudflare sendiri saat ini bisa didapatkan secara gratis tanpa perlu membayar biaya berlangganan per bulan. Namun, jika kamu mengelola website perusahaan dan ingin mendapatkan fitur lebih lengkap, kamu bisa berlangganan paket berbayar.

4.Penyedia Cache Konten Website

Fungsi lainnya dari cloudflare adalah sebagai penyimpanan cache statis website. Layanan ini bisa membantu para blogger atau web developer untuk meningkatkan performa website dengan menyimpan cache javascript, image, atau file lain yang diakses secara rutin namun sangat jarang mengalami perubahan.

5.Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Kamu bisa mendapat banyak manfaat dari cloudflare, selain bisa memberikan fasilitas cache secara gratis, mereka juga memberikan fitur mewah seperti RailGun yang bisa terintegrasi secara langsung dengan web server yang digunakan. Namun, sayangnya tidak semua provider web hosting di Indonesia bisa mengakomodir fitur ini, jadi pastikan kamu memilih brand yang sudah kredibel dan dipercaya oleh banyak pengguna.

6.Melindungi Website dari DDoS Attack

Serangan cyber saat ini semakin masif terjadi. Tidak hanya memakan korban dari website pemerintahan dan perusahaan besar, para hacker saat ini juga banyak menargetkan website kecil sebagai ajang latihan. Nah, agar website perusahaan atau bisnis kamu bisa lebih aman dari serangan seperti DDoS attack, maka kamu bisa memanfaatkan cloudflare sebagai penangkal yang bisa membagi resource ketika ada lonjakan traffic besar-besaran. Selain itu, sistem cloudflare juga punya keamanan untuk mendeteksi berbagai ancaman. Bahkan, kamu bisa mengaktifkan sistem verifikasi atau filtering melalui captcha jika dirasa website sedang mendapat ancaman berbahaya.

7.Konten Website Tetap Bisa Diakses Ketika Server Down

Ini merupakan salah satu fitur unggulan cloudflare yang banyak disukai oleh pengguna. Sebuah website yang sudah terhubung ke internet pastinya tidak bisa dilepaskan dari potensi server down atau error akibat kesalahan konfigurasi. Ketika website down dan tidak bisa diakses, pengguna tentu akan merasa kecewa dengan brand kamu sehingga mereka tidak akan datang lagi di kemudian hari. Cloudflare bisa membantu meminimalisir hal tersebut dengan menghadirkan fitur offline mode, dimana website akan tetap bisa diakses berdasarkan cache dari konten website yang sebelumnya masih live.

8. Fitur Sertifikat SSL Gratis

Terakhir, kamu bisa mendapatkan fasilitas sertifikat SSL gratisan melalui cloudflare. Sebagai informasi, sertifikat SSL sendiri menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan ranking website di mesin pencari seperti Google. Kamu bisa memanfaatkan sertifikat SSL gratis dari cloudflare untuk menambah lapisan sistem keamanan website serta mengoptimalkan performanya di mesin pencari. Sangat menarik, bukan? Itulah beberapa kelebihan website yang menggunakan cloudflare. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.