Home >> Teknologi >> Smartphone >> Android Kamu Lemot? Nih 5 Cara Praktis Mengatasi Android Lemot
Android Lemot
Android Kamu Lemot? Nih Cara Parktis Mengatasi Android Lemot

Android Kamu Lemot? Nih 5 Cara Praktis Mengatasi Android Lemot

Smarphone Android Kamu lemot? Atau bahkan terkadang tiba-tiba langsung mati seketika? Nah, enggak perlu bingung sebenarnya seandainya aja kamu itu memahami beberapa cara praktis untuk mengatasi Android lemot. Kamu tidak perlu menjadi seorang super jenius untuk mengatasi kendala semacam itu. Smartphone Android sudah dirancang sedemikian rupa yang sehingga penggunanya tak perlu waktu lama mengerutkan kening untuk mengatasi lambannya proses yang terjadi di dalamnya sang gadget kamu. Ada beberapa cara praktis untuk mengatasi Android lemot yang bisa dilakukan sendiri. Sebab itu mari simak baik-baik  cara-cara di bawah ini, ya.

Yang pertama- Copot atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai pada smartphone kamu.

Android Lemot
Uninstall Aplikasi Android

Salah satu hal yang membuat smartphone Android itu menjadi lemot yaitu karena bejibunnya yang jumlah aplikasi yang ada. Saat keluar dari pabrikan, aplikasi yang ada itu telah cukup  banyak sebenarnya. Namun di dalam perjalanan waktu kita sering kali menambahkan aplikasi-aplikasi tertentu, bukan? Kalau kapasitas memori di dalam gawai Kamu sangat besar, kemungkinan hal itu tidak terlalu bermasalah untuk smartphone kamu. Sepertinya tidak sulit kalau kamu harus menghapus atau menguninstall smartphone kamu. Akan tetapi, bagaimana kalau smartphone kamu itu memiliki kapasitas memori yang terbatas? Tentunya tidaklah ada jalan lain. Kamu harus mencopot lebih banyak aplikasi yang ada sebeb aplikasi-aplikasi itu menguras energi dalam tubuh gadget kamu.

Kalau sudah pencopotan ternyata kamu menilai bahwa perangkat kamu tetap lambat, kamu bisa memakai cara berikut ini.

Yang Kedua- Bersihkan ruang-ruang penyimpan memori smartphone kamu.

Android Lemot
Bersihkan ruang-ruang penyimpan memori smartphone

Tak sulit untuk menduga bahwa tidaklah lama setelah sebuah perangkat smartphone Android yang berada di tangan, kamu pasti sangat menginginkan untuk membuat dan menyimpan banyak foto dan juga video, kan. Berbagai gambar dan video-video perlahan-lahan namun mulai mengisi ruang-ruang penyimpanan data kamu. Seluruh gamabar statis ataupun bergerak itu, mulai dari yang serius, sebagian atau setengah serius, maupun hanya untuk sekedar having fun, tanpa sadar yang membuat perangkat gadget kamu menjadi tambun. Sangatlah sulit bergerak dan seolah-olah tengah saat beroprasi. Untuk kamu yang merupakan pengguna dari media sosial WhatsApp contohnya. Saat kamu bergabung di sebuah grup WA dan ada dari anggota grup tersebut yang mengirimkan pesan dengan disertai gambar dan video mereka sebenarnya sedang menimbulkan data ke memori gadget kamu. Lho. Lakukan setting gambar dan video agar enggak tersimpan otomatis di memori smartphone kamu, ya.

Di dalam sebuah perangkat biasanya terdapat dua jenis penyimpanan adalah internal dan eksternal atau melalui micro SD card. Kalau kamu sayang untuk membuang data di internal, kamu bisa memindahnya ke eksternal. Kalau itu juga tak cukup, kamu harus mengganti dengan yang berkapasitas memori yang lebih besar lagi.

Yang Ketiga- Bersihkan Data Cache Pada Smartphone Kamu.

Android Lemot
Bersihkan Data Cache

Cache itu baik sebetulnya sebab ia itu mampu untuk menyimpan berbagai aplikasi ke ruang penyimpanan internal. Dengan data cache yang sudah tersimpan kamu tidak perlu waktu lama untuk membuka sebuah aplikasi. Hanya sayangnya saja pada waktu kapasitas cache telah begitu banyak yang tersimpan pada ruangan penyimpanan internal, dampaknya kinerja pada perangkat Android kamu akan melambat atau lemot. Itu karena terdapatnya banyak aplikasi yang mendukung pemberishan data cache kamu.

Akan tetapi jika tidak tersedia sebenarnya kamu masih tetap mampu untuk membersihkan data cache kamu. Adapun caranya yaitu dengan masuk ke menu setting dan lanjutkan dengan memilih Application. Seseudah itu pilihlah Aplication manager dan sari ana pilihlah aplikasi mana aja yang kamu perlu bersihkan. Apabila kamu berniatan untuk memberishkan cache pada aplikasi keyboard berbahasa Indonesia contohnya, kamu harus masuk ke menu keyboard bahasa, kemudian pilihlah storage dan tap-lah clear cache demi untuk menghapus segala data yang tidak lagi di perlu disimpan.

Yang Keempat- Cek dengan baik-baik apakah micro SD card kamu yang tersemat berfungsi baik atau tidak.

Android Lemot
micro SD card

Camkan ya, bahwa micro SD card  tersebut yang sudah tak lagi bagus kondisinya bisa, dan bisa membuat performa perangkat Android kamu melemah. Sebab itu betapa pentingnya untuk mem-back up isi micro SD card yang sebelum kemudian memformat ulang yang sehingga kartu memori kamu bisa kembali bersih seperti semula, lho. Jangan lupa juga, untuk memastikan bahwa data penting yang ada di dalamnya itu benar-benar sudah kamu backup terlebih dahulu, ya. Tidak lucu rasanya  kalau data yang hilang terformat ternyata merupakan data prestasi kamu yang sebenar lagi akan kamu pergunakan. Kamu tidak ingin kan melihat boss kamu mendelik sebab ketidak siapan berkas kamu, bukan.

Yang Kelima- Factory Reset.

Android Lemot
Factory Reset.

Ini merupakan langkah yang sangat-sangat terakhir untuk digunakan, ya. Factory reset itu akan membuat kondisi perangkat smartphone Android kamu sama seperti saat kamu pertama kali membuka kardus dan mengeluarkan gadget dari dalamnya, lho. Nah, jadi kondisi benar-benar baru lagi dan tak ada aplikasi apa pun yang selain aplikasi bawaan dari pabrik. Begitu pun tidak ada data kontak. Semua data termasuk juga catatan, video, foto, semua aplikasi lenyap tanpa tersisa.

Nah untuk itulah, berhati-hatilah kalau opsi yang kelima ini yang kamu pilih?. Sebab kesalahan yang terjadi itu bisa membuat kamu menyesal juga. Akan tetapi yang jelasnya, tujuan kamu kan untuk perangkat berfungsi optimal kembali akan tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.