Home >> Kesehatan >> Berikut Buah – Buahan Penurun Kolesterol Tinggi
Buah - Buahan Penurun Kolesterol
Buah - Buahan Penurun Kolesterol

Berikut Buah – Buahan Penurun Kolesterol Tinggi

Kolesterol atau bisa saja disebut Lemak darah ini merupakan kadar lemak darah yang diproduksi di dalam hati karena adanya pola hidup yang tidak sehat dari sang penderita. Kolesterol sendiri di bedakan menjadi dua, yang pertama yaitu kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang tentunya tidak di butuhkan oleh tubuh karena kolesterol LDL ini dapat memicu timbulnya penyakit yang berbahaya seperti jantung koroner, stroke, dan juga penyakit kronis lainnya, dan kolesterol yang ke-dua adalah kolesterol HDL atau bisa saja disebut kolesterol baik yang dimana kolesterol ini sangat di butuhkan oleh tubuh karena kolesterol HDL ini berperan untuk mengkonversi vitamin yang larut dalam lemak.

Buah Penurun Kadar Kolesterol
Buah Penurun Kadar Kolesterol

Dengan adanya penyakit kolesterol ini anda harus lebih berhati – hati lagi dalam pola hidup anda. Biasanya kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh ini timbul karena adanya lemak jenuh yang sering kali terkandung pada protein hewani. Untuk mecegah timbulnya kadar kolesterol yang tinggi, sebaiknya anda perhatikan pola hidup anda. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi makanan maupun buah – buahan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh anda. Dan pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai buah – buahan yang baik untuk mengatasi dan juga menurunkan kadar kolesterol.

Berikut Buah – Buahan Penurun Kolesterol :

 

1.Jambu Biji Merah

Jambu Biji Merah
Jambu Biji Merah

Selain memiliki warna dan juga rasa yang segar, buah ini ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah yang memiliki nama latin Guava ini memiliki kandungan yang baik dalam hal menurunkan kadar kolesterol, diantaranya adalah vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen serta selenium. Beberapa kandungan tersebut tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun yang paling baik dalam hal menurunkan kadar kolesterol adalah kandungan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Menurut beberapa ahli dengan mengonsumsi buah jambu biji merah secara rutin selama 2 bulan ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 53%.

2.Anggur

Anggur
Anggur

Buah penurun kolesterol yang berikutnya adalah Anggur. Berdasarkan dengan hasil penelitian, buah anggur ternyata juga mengandung senyawa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah dan juga menangkal penumpukan kadar kolesterol serta radikal bebas yang masuk dalam tubuh akbita adanya protein hewani yang menumpuk dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, buah anggur juga mengandung zat catechin yang baik untuk menaikan kadar kolesterol baik, serta mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

3.Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Jeruk nipis telah terbukti mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yang dimana vitamin C tersebut berguna untuk mencegah kerusakan yang muncul karena adanya kolesterol jahat (LDL). Sesuai dengan hasil penelitian Studi, anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C sebanyak 100 hingga 1000 miligram setiap harinya.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis ini ternyata juga mengadung senyawa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah serta menurunkan penumpikan kadar kolesterol LDL.

4.Delima

Delima
Delima

Kandungan oksida nitrat yang terdapat dalam buah delima ini berguna untuk menghilangkan plak yang mengalir dalam darah, yang dimana plak tersebut dapat menimbulkan adanya kadar kolesterol LDL yang tinggi. Selain itu, konon buah delima ini juga mengandung vitamin C tiga kali lebih besar jika di bandingkan dengan buah anggur merah.

5.Mangga

Mangga
Mangga

Buah yang bermanfaat dalam mengontrol kadar kolesterol selanjutnya adalah buah Mangga. Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, ternyata buah manga ini juga menjadi salah satu sumber vitamin C yang dapat mencegah timbulnya kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Selain itu, buah manga ini juga telah terbukti mengandung serat yang tinggi. Serat ini juga dapat mengurangi masuknnya kolesterol dalam darah.

6.Berry

Berry
Berry

Banyak jenis buah berry di anataranya ada strawberry, mulberry, blueberry dan juga yang lainnya. buah berry ini terkenal dengan kandungan pterostilbene yang berperan sebagai antioksidan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu senyawa antioksidan pada buah berry ini juga dapat mencegah bertumpuknya plak dalam arteri yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti serangan jantung coroner hingg stroke.

7.Alpukat

Alpukat
Alpukat

Banyak orang yang mengatakan bahwa buah alpukat ini mengandung lemak yang cukup tinggi, sehinga banyak orang juga yang beranggapan bahwa buah alpukat ini menyebabkan gemuk dan juga kolesterol tinggi. Namun semua itu salah. Meskipun mengandung lemak yang banyak, namun lemak yang terkandung dalam alpukat ini merupakan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menyehatkan tubuh. Selain itu kandungan lemak dalam buah alpukat ini mampu meningkatkan kadar kolesterol baik, serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan, buah alpukat juga mengandung beta sitosterol yang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena disini kandungan tersebut mampu mengurangi jumlah kolesterol yang terdapat dalam sebuah makanan.

8.Buah Zaitun

Buah Zaitun
Buah Zaitun

Kandungan antioksidan yaitu senyawa hydroxytyrosol dalam buah zaitun sangat bermanfat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dan selain itu, buah zaitu juga mengandung kemak tak jenuh tunggal serta vitamin E yang dapat meningkatkan jumlah kadar kolesterol baik (DHL).

9.Lemon

Lemon
Lemon

Kandungan vitamin C dalam buah lemon ini tak perlu diragukan lagi jumlahnya. Kandungan vitamin C dalam buah lemon ini berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah bertambahnya kolesterol jahat dalam darah, serta juga dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah.

10.Tomat

Tomat
Tomat

Selain terkenal akan kandungan vitamin A-nya, ternyata tomat ini juga memiliki kandungan likopen yang mampu menurunkan kadar kolesterolnjahat dalam darah. Anda bisa mengonsumsi tomat dengan cara memakannya langsung, di buat jus, atau bisa juga di buat sebagai sup. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah, tomat juga baik dikonsumsi oleh penderita maagh kronis, karena tomat mampu memberikan rasa nyaman pada lambung.

11.Semangka

Semangka
Semangka

Selain memiliki rasa yang manis dan juga memiliki sensasi yang segar saat di makan, ternyata buah semangka juga termasuk salah satu buah penurun kolesterol. Hal ini terbukti karena dalam buah semangka mengandung senyawa likopen yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

12.Apel

Apel
Apel

Buah apel ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan buah ini sangat cocok bila dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Buah apael telah terbukti mengandung zat beta glucan yang dimana senyawa tersebut dapat mengontrol produksi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, apel juga mengandung serat larut yang dapat menurunkan jumlah kadar kolesterol dalam darah.

13.Pisang

Pisang
Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin dan juga serat yang tinggi. Serat yang terkandung dalam buah pisang tersebut mampu mengontrol produksi kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, buah pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol jahat dalam darah.

 

Dan itu-lah beberapa buah – buahan yang mampu membantu anda dalam menurukan serta mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Anda bisa saja mendapatkan dari manfaat terbut dengan cara mengonsumsinya secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.