Home >> Ragam Manfaat >> Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Buah jambu biji merah merupakan salah satu buah yang di sukai oleh banyak orang karena rasanya yang enak dan tentunya juga karena memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang memiliki nama latin Guava ini merupakan salah satu buah yang berasal dari negara Meksiko (Amerika Selatan). Namun sesuai berjalannya waktu, buah ini telah di budidayakan hampir diseluruh pelosok dunia. Buah ini hanya dapat tumbuh pada daerah yang memiliki iklim tropis dan juga subtropis. Namun buah jambu biji merah ini paling bagus jika tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Jambu Biji Merah
Jambu Biji Merah

Jambu Biji MerahSelain memiliki rasa yang nikmat, ternyata buah ini juga menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan dengan hasil penelitian, buah jambu biji merah ini memiliki kandungan serat, fitonutrein, asam folat, antioksidan, vitamin A, serta memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingan dengan buah Jeruk. Terbukti dengan mengonsumsi buah yang satu ini, anda dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Manfaat Buah Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan :

 

1.Mencegah Kanker

Manfaat buah biji merah yang pertama adalah mencegah penyakit kanker. Saat ini kanker merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Namun jika anda rutin mengonsumsi buah jambu biji merah ini, anda bisa saja terhindar dari penyakit kanker. Karena buah jambu biji merah telah teruji mengandung kalori dan juga lemak yang rendah. Selain itu, buah jambu biji merah juga mengandung vitamin yang cukup tinggi serta memiliki senyawa antioksidan yang efektif dalam mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

2.Melancarkan Pencernaan

Selain mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, buah jambu biji merah juga memiliki kandungan serat larut yang cukup banyak, yaitu 5,4 gram perbuahnya. Kandungan serat ini bermanfaat untuk melancarkanpencernaan serta juga mampu membersihkan kotoran pada usus. selain itu, peran serat dalam sistem pencernaan adalah menjaga membrane usus agar tidak menyatu dengan zat kimia berbahaya yang diperoleh dari makanan maupun miniman yang masuk.

3.Menjaga Fungsi Saraf Otak

Berdasarkan dengan hasil penelitian, buah jambu biji merah terbukti mengandung vitamin B3 dan juga B6 yang sangat baik dalam menjaga fungsi saraf pada otak. Disini vitamin B6 berguna untuk memperlancar aliran darah ke otak agar dapat memberikan asupan nutrisi serta gizi yang baik bagi otak.

4.Menangkal Radikal Bebas

Sesuai dengan yang di bahas tadi bahwa jambu biji merah mengandung vitamin yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah Jeruk. Nah, fungsi dari vitamin C disini adalah sebagai antioksidan alami yang diperoleh tubuh. Senyawa tersebut secara ampuh dapat menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

5.Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol Tekanan Darah
Mengontrol Tekanan Darah

Jambu biji merah ini sangat cocok bila dikonsumsi oleh orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi yang disebabkan oleh adanya reaksi natrium. Mengapa demikian ? karena disini buah jambu biji merah memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah yang lainya. Dan peran dari kandungan kalium tersebuat adalah sebagai pengontrol tekanan dalam darah.

6.Merelaksasi Tubuh

Merelaksasi Tubuh
Merelaksasi Tubuh

Buah jambu biji merah ini baik dikonsumsi bagi anda saat mengalami kelelahan karena keseharian dan juga kesibukan anda dalam bekerja. Anda bisa membuat jambu biji merah ini untuk dijadikan Jus. Berdasarkan dengan hasil penelitian, buah jambu biji merah terbukti mengandung magnesium yang bermanfaat untuk mengedurkan otot dan juga saraf yang tegang karena faktor kekurangan istirahat. Selain itu buah jambu biji merah juga mengandung vitamin B6 yang dapat membuat saraf tubuh lebih rileks.

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah jambu biji merah juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Dan berikut ini selengkapnya :

 

1.Merawat Kulit Wajah

Jambu biji merah mengandung banyak vitamin yang cukup tinggi yang sangat baik dalam menjaga maupun merawat kecantikan kulit wajah. Selain dikonsumsi secara langsung, anda juga bisa memanfaatkan jambu biji merah tersebut untuk dijadikan sebagai masker wajah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan buah jambu biji merah dengan blender atau apapun, kemudian agar dapat bekerja secara efektif campurlah dengan putih telur. Setelah semua tercampur, kemudian oleskan pada kulit wajah secara merata, dan biarkan hingga 20 menit setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Fungsi dari masker wajah menggunakan buah jambu biji merah ini adalah untuk mengangkat sel – sel kulit mati, sehingga wajah menjadi lebih cerah dan terawatt.

2.Melindungi Kulit dari UV

Kandungan zat likopen yang terdapat pada buah jambu biji merah ini lebih tinggi dibandingkan dengan Tomat. Zat likopen ini berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV secara langsung sehingga membuat kulit lebih sehat terlindungi.

3.Mencegah Penuaan Dini

Sesuai dengan yang telah dibahas diatas bahwa buah jambu biji merah ini memiliki berjuta kandungan vitamin dan juga antioksidan yang tinggi. Berbagai kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam kesehatan kulit, terutama pada kulit wajah. Dengan mengonsumsi buah jambu biji merah secara rutin dapat mencegah penyebab terjadinya penuaan dini.

4.Memperindah Rambut

Kandungan vitamin dalam buah jambu biji merah memang cukup banyak diantaranya meliputi vitamin C, vitamin A, serta vitamin B kompleks. Selain itu buah jambu biji merah juga mengandung magnesium, kalium, serat hingga flavonoid yang sangat cocok bila digunakan untuk merawat rambut agar tetap sehat dan indah. Buah jambu biji dapat mengurangi bahkan mencegah rambut rontok, ketombe, rabut bercabang serta permasalahan pada rambut yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.