Home >> Kesehatan >> 4 Manfaat Daun Pegagang Untuk Kesehatan

4 Manfaat Daun Pegagang Untuk Kesehatan

Daun Pegagang

Memang kebanyakan orang belum mengetahui, namun daun ini telah banyak digunkan sejak dulu sebagai obat tradisional. Pegagang adalah keluarga dari peterseli yang banyak tumbuh di India, Asia Tenggara dan juga Afrika. Tanaman ini akan tumbuh subur di menyebar di tepi badan air. Daun dan batang itu biasanya yang digunakan untuk di makan atau sebagai obat.

Seperti Peterseli pegagang juga di gunkan untuk menghiasi piring dan hampir tidak memiliki rasa. Pegagang juga sudah dipercaya sejak dulu untuk mengobati berbagai penyakit, pegagang digunkan untuk berbagai keadaan seperti sifilis, asma, dan juga masalah kulit seperti psoriasis. Cara menggunakan pegagang juga sama seperti ketika memasak peterseli atau selaa air.

Daun Pegagang

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun pegagang untuk kesehatan:

1.Pengobatan Tradisional dan Kontemporer

Sudah berabad-abad, dan banyak negara menggunkan pegagang sebagai obat tradisional, berbagai penyakit sudah terbukti sembuh ketika menggunakan pegagang sebagai obat, pegagang bisa menyembuhkan penyakit dan juga medis. Untuk penggunaan tradisional pegagang bisa digunkan untuk menyembuhkan penyakit seperti luka, penyakit kondisi kulit seperti lepra, psoriaris dan juga peningkatan fungsi kognitif. Banyak orang menggunkan daun ini untuk pengobatan berbagai penyakit seperti sifilis, ulkus lambung, kelelahan mental, epilepsi, asma, diare, demam dan hepatitis.

The University of Maryland Medical Center, mengatakan bahwa pegagang saat ini paling sering digunakan untuk mengobati varises, insufisiensi vena kronis dan psoriasis, namun ada juga para peneliti yang mengatakan bahwa pegagang juga membutuhkan obat tambahan.

2.Mengurangi Kecemasan

Peneliti dari India sedang melakukan penelitian tentang efrek pegagang untuk mengatasi dari depresi cemas, mereka mengumpulkan sekitar subjek tes yang diberi dua kapsul dengan 500 gram ekstrak pegagang setiap hari dalam periode 60 hari. Para peneliti mengamati peserta tes selama periode penelitian dan memberi kuiseoner untuk diisi pada awal pengujian, setelah 30 hari pada akhir pengujian.

Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa daun Pegagang dapat mengurangi kecemasan. Dalam pengungkapan lainnya tim peneliti mengemukankan bahwa penemuan mereka bahwa pegagang bisa digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan.

3.Mempercepat Penyembuhan Luka

Pada penelitian lainnya menunjukan bhawa daun pegagang sangat bermanfaat untuk mempercepat penymbuhan luka. Tim peneliti dari India menyebutkan bahwa daun pegagang sangat efektif untuk menymbuhkan luka, yang pada akhirnya mereka mengemukakan formulasi krim ataupun, gel dan salep yang di ambil dari ekstrak pegagang dan juga air untuk membuka luka pada tikus laboratorium.

Setelah 24 hari pengobatan, para peneliti menemukan bahwa pegagang yang diaplikasikan pada hewan tiga kali dalam sehari telah merangsang ploriferasi sel dan sintesis kologen pada luka yang ada di hewan tersebut, tinjauan mengenai obat herbal yang diterbitkan dalam Indian Jurnal Pharmaceutical Sciences september-oktober 2010.

4.Antioksidan

peneliti dari Brasil mengevaluasi ekstrak dari air pegagang dalam tingkat aktivitas antioksidan dan sitotoksik, mereka juga melihat kedalam isi ekstrak dari kedua fenolat dan flavonoid , sifat nabati dengan sifat obat yang signifikan, pelaporan dari penelitian itu terdapat diedisi  “International Journal of Molecular Sciences” 2009, tim peneliti mengemukakan bahwa ekstrak pegagang menunjukan sifat antioksidan yang sangat kuat selama pengujian, penemuan yang luar biasa lagi bahwa ekstrak pegagang memperlihatkan membunuh sel saat diuji pada baris sel glioma kanker payudara.

Sangat tidak di sangka bahwa daun yang biasa kita temukan secara liar ternyata banyak sekali menyimpan manfaat, untuk itu sebaiknya kita lebih memperhatikan tanaman-tanaman di sekitar kita karena tidak ada yang menyangka bahwa tanaman yang dilihat biasa saja ternyata menyimpan banyak sekali manfaat.

Incoming search terms:

  • pegagang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.