Home >> Tumbuhan >> Bunga >> Yuk Ketahui Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Bunga Melati

Yuk Ketahui Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa sih yang tidak tau dengan bunga melati ini, bunga yang mempunyai aroma yang harum ini berasal dari Negara Miditerania yang mempunyai bentuk indah dan cantik membuat semua orang tertarik dengan bunga ini. Tumbuhan yang mempunyai mahkota yang bercabang dari sudut ranting hijau dan juga panjang. Bunga ini tumbuh dengan cepat kalau berada di tempat yang sangat teduh dan berangin. Ternyata dibalik aroma yang harum ini juga mempunyai banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, bunga ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini beberapa manfaat dari bunga melati untuk kesehatan tubuh manusia:

Mengobati Stress

Kalian pernah merasakan stress yang begitu lama? Bingung menyembuhkan dengan obat apa, kalian bisa meringankan rasa stress ini menggunakan bunga melati. Dengan aroma melati yang sangat bermanfaat bisa membantu untuk mengurangi kecemasan dan ketegangan, selain itu rasa nyeri yang ada di tubuh kalian juga akan terasa berkurang.

Menjauhkan Diri Dari Kanker

Saat kalian mengkonsumsi bunga melati ini menjadi teh, bunga ini akan mengeluarkan antioksidan yang sangat tinggi dan juga memerangi radikal bebas di tubuh. Radikal bebas terkaitan dengan perkembangan kanker yang ada di dalam tubuh, jadi kalian bisa mengurangi radikal bebas di tubuh kalian itu juga akan mengurangi kemungkinan kanker yang menyerang di tubuh kalian. Selain itu antioksidan ini juga memberikan peraan yang sangat penting untuk memperlambat proses penuaan.

Mengurangi Kemungkinan Stroke

Dengan kalian mengkonsumsi bunga melati ini menjadi teh, bisa mengurangi akumulasi kolestrol dan juga lemak yang ada di tubuh kalian. Teh ini terbukti ampuh untuk mencegah pembentukan kolestrol yang bersifat jahat. Pencegahan kolestrol jahat ini juga bisa mengurangi adanya kemungkinan penyakit stroke bahkan jantung.

Selain dijadikan teh, masih ada cara lain untuk  mendapatkan khasiat dari bunga melati ini, yaitu bisa membuat ramuan untuk jamu tradisional, baik untuk obat luar maupun obat dalam.

Mengobati Flu

Di dalam bunga melati ini terdapat antivirus dan anti bakteri yang sangat membantu untuk meringankan influenza dan pilek. Saat kalian terserang pilek dan batuk, kalian bisa menggunakan bunga melati ini sebagai obat pereda batuk dan pilek, bisa kalian konsumsi untuk dijadikan teh dan seduh dengan sedikit gula.

Sesak Nafas

Bukan hanya bunga melati saja yang bisa digunakan sebagai obat herbal, daunnya juga bermanfaat sebagai obat asmaatau sesak nafas. Kalau ada keluarga kalian yang menderita asma, siapkan 20 lembar daun melati dan garam secukupnya, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas, lalu saring. Minumlah ramuan daun melati ini selama 2 kali sehari sebanyak 1 gelas setiap kali minum.

Mengobati Radang Usus

Di dalam bunga melati terdapat kandungan yang sangat bagus digunakan untuk mengatasi peradangan terutama pada saluran pencernaan seperti usus. Caranya yaitu: ambil segenggam daun melati, cuci bersih kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas. Setelah air rebusan ini sudah dingin lalu saring setelah disaring minumlah, lakukan ini secara rutin.

Sebagai tanaman hias yang banyak manfaat untuk manusia, selain untuk kesehatan bunga yang mempunyai aroma harum ini juga bisa untuk kecantikan.

Mengatasi Jerawat

Bunga melati ini bisa mengatasi jerawat, cewek mana yang suka kalau diwajahnya ada jerawat pasti tidak sukalah ya dengan timbulnya jerawat diwajah. Berikut ini cara untuk mengatasi jerawat dengan bunga melati: ambil bunga melati secukupnya lalu cuci sampai bersih kemudian tumbuk sampai halus lalu tambahkan jeruk nipis. Kalian bisa mengoleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat, diamkan selama 10 hingga 20 menit setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin sehari 2 kali.

Mencegah Penuaan Dini

Kalian mengkonsumsi satu cangkir teh bunga melati setiap hari ini dipercaya bisa membuat kulit awet muda. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada teh bunga melati yang mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit rusak. Jadi kalau kalian ingin selalu terlihat awet muda brolahragalah secara teratur barengi dengan minum secangkir teh bunga melati setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *