Home >> Wisata >> Yuk Ketahui Makanan Khas Dari Lamongan
Makanan khas di lamongan

Yuk Ketahui Makanan Khas Dari Lamongan

Setiap daerah pasti memiliki makanan daerah masing masing. Contohnya saja lamongan,  lamongan memiliki berbagai makanan daerah yang populer salah satunya soto khas lamongan. Soto lamongan ini sudah sangat tenar di berbagai kota dan daerah di indonesia. Biasanya jika makanan daerahnya menyebar luar dan terkenal secara langsung daerah asal makanan tersebut juga akan naik. Seperti lamongan, lamongan sangat terkenal dengan soto lamongan yang khas. Namun sebenarnya banyak sekali makanan khas di lamongan yang lezat selain soto. Dan berikut beberapa makanan dari kabupaten lamongan di antaranya:

Makanan Khas Dari Lamongan

  1. Soto Lamongan

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, makanan yang sangat terkenal dari lamongan ini sudah tidak asing lagi akan kelezatanya. Banyak sekali orang yang menilai kalau soto lamongan ini merupakan soto terenak di indonesia. Sangking terkenalnya banyak sekali orang yang menjual soto lamongan di berbagai daerah di luar lamongan.  Kuah soto yang berwarna kuning bening terbuat dari rempah rempah seperti bawang putih, merica, kemiri sangrai kunyit dan ketumbar. Dengan bumbu rempah rempah di kuahnya akan membuat rasanya menjadi lezat dan khas aromanya. Sebagai pelengkap soto di dalam kuahnya di campuri suwiran daging ayam, bawang, mie putih,setengah telur ayam, dan kol. Namun terkadang juga ada yang menambahkan ceker ayam dan sayap ayam agar memiliki kesan lebih menarik. Untuk penyajianya di campurkan bawang goreng, sambal di atasnya serta perasan jeruk nipis dan krupuk udang.  Pada soto lamongan ini memiliki ciri khas yaitu serbuk koya dari krupuk udang yang di campurkan atas kuah soto.

  1. Tahu Campur

Tahu jampur sudah jadi ikon dari jawa, jadi daerah lain juga memiliki makanan tahu campur namun memiliki versi yang berda di setiap daerah. Banyak pedagang menjajakan tahu campur di pingiran kota lamongan di waktu malam hari. Bahan bahan dari tahu campur di antaranya yang tentunya tahu, perkedel, bihun, lontong, daging sapi serta campuran sayur seperti toge dan selada.  Dan di siram kuah yang di campur dari petis udang akan membuat makanan ini menjadi tambah lezat.

  1. Sego Boranan

Makanan khas dari lamongan selanjutnya sego boranan.  Sego boranan kalau dalam bahasa indonesia artinya nasi boranan. Sego branan ini terdiri atas nasi, lauk dan krupuk peyek. Lauk dari sego boran ini sangat beragam di antaranya daging ayam, ikan bandeng, tempe, tahu, telur asin, jeroan, telur dadar dan ikan sili. Semua lauk itu tersdia tingal anda memilih lauk lengkap atau beberapa saja.  Untuk bumbu dari nasi boranan terbuat darirempah rempah dan penyajaian nasi boran ini di lapisi daun pisang tentunya akan membuat makanan menjadi lebih lezat. Biasanya pedagang nasi boran berada di pasar pasar kota lamongan dan di pingir jalanan kabupaten lamongan.

  1. Wingko Babat

wingko merupakan makanan khas dari lamongan. Wingko babat ini biasanya di buat oleh oleh saat berkunjung ke lamongan.  Wingko ini berupa jajanan trdisional yang memiliki rasa yang lengit. Wingko ini terbuat dari air kelapa, ketan dan tepung dan lainya.

  1. Badeng Colo Lamongan

Dari namanya kita sudah tahu kalau makanan ini terbuat dari ikan bandeng. Selain ikan bandeng makanan satu ini terbuat dari sayuran dan kuah sup kuning.  Bagi anda yang suka masakan pedas anda bisa mencicipi bandeng colo ini karena memiliki khas enakdan pedas. Anda bisa menjumpai makana ini di warung pingir jalan di lamongan.

  1. Es Dawet Siwalan

Es dawet ini siwalan sudah cukup populer di berbagai daerah dan di lamongan sendiri. Es yang dawet dan di campurbuah siwalan akan memberikan efeks tersendiri.  Sudah banyak sekali penjual es siwalan ini di lamongan dan daerah tetangga lamongan.

Nah itu tadi makanan khas dari lamongan sebenarnya masih banyak sekali makanan khas dari lamongan tetapi itu tadi makanan yang dari lamongan yang populer. Jadi bagi  sedang berkunjung ke lamongan silakan mampir dan menikmati makanan khas lamongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *