Home >> Pengetahuan >> Yuk ketahui lapisan lapisan bumi
lapisan lapisan bumi

Yuk ketahui lapisan lapisan bumi

Apakah anda sudah tahu apa lapisan lapisan dari bumi,  lapisan lapisan bumi bisa kita aplikasikan dengan sebuah bawang merah yang memiliki beberapa lapisan dan bagaian bagaian.  Secara umum  bumi memiliki tiga lapisan utama yaitu kerak bumi, merupakan lapisan paling atas yang sedang anda semua injak sekarang. Lalu bawahnya selimut atau selubung bumi.  Kerak bumi merupakan lapisan kedua. Dan lapisan terakhir adalah inti bumi, inti bumi ini merupakan lapisan yang paling dalam.  Dari inti bumi sampai kerak bumi dapat diketahui bahwa lapisan tersebut tersesun dari material.  Dengan memperlajari sifat sifat fisika dan metode geofisika para ilmuan bisa tahu apa saja isi dari bumi. Dan berikut saya akan menyajikan beberapa lapisan bumi utama antara lain:

Lapisan lapisan bumi

  1. Kerak Bumi (crush)

Kerak bumi atau juga bisa disebut crush merupakan lapisan bumi paling luar yang dapat di tempat i makhluk hidup. Lapisan bumi paling atas ini tersusun dari batuan serta batuan sedimen, metamorf dan masam.  Rata rata ketebalan lapisan kerak bumi 32 km, sedangkan lapisan yang paling tebal berada di bawah benua yaitu dengan ketebalan 65 km, dan lapisan yang paling tipis berada di bawah samudra dengan ketebalan 8 km.  Lapisan kerak bumi bagaian bawah ini memiliki suhu sekitar 1.100 drajat celcius. Kerak bumi merupakan lapisan bumi yang aktif bergerak, pada awalnya lapisan bumi paling atas rata dengan daratan namun karena aktif bergerak si kerak bumi ini pecah menjadi 16 lempeng besar serta beberapa lempeng kecil. Setiap tahun lempeng tersebut bergerak kira kira 10cm per tahun. Dengan pergerakan aktif tersebut menyebabkan gunung meletus dan deretan pegunungan.

  1. Selimut Atau Selubung Bumi (mantle)

Lapisan bumi berikutnya adalah selimut atau selubung bumi. Lapisan bumi ini terletak tepat  di bawah kerak bumi. Selimut ini memiliki ketebalan yang lebih di bandingkan kerak bumi yaitu dengan ketebalan 2.900 km.  Pada bagaian atas selimut bumi merupakan batuan padat sedangkan pada bagaian bawahnya tersusun atas batuan likuid. suhu pada lapisan tersebut bisa mencapai 300 derajat celcius. Lapisan tersebutlah yang merupakan pelindung pada bagaian dalam bumi. Lapisan selimut ini memiliki 3 bagaian yaitu

  • Litosfer

Litosfer merupakan lapisan paling luar pada selimut bumi. Ketebalan litosfer ini mencapai 50-100 km. Selain itu litosfer ini tersusun atas bahan bahan padat seperti batuan. Litosfer sendiri terbagi menjadai 2 yaitu lapisan sima dan lapisan sial.

  • Astenosfer

Astenofer lapisan yang berada di bawah lapisan litosfer. Astenosfer ini memiliki keteabalan 100 sampai 400 km. Pada lapisan astenosfer ini lah di duga tempat pembentukan magma.

  • Mesosfer

Mesosfer merupakan lapisan terdalam. Mesosfer memiliki ketebalan sekitar 2.400 sampai 2.700km.  pada lapisan mesosfer  tersusun atas campuran besi dan batuan masam.

  1. Inti Bumi (core)

Lapisan bumi yang terakhir adalah inti bumi. Inti bumi ini berada tepat di tengah tengah bumi, dan lapisan ini merupakan lapisan yang paling dalam dari bumi. Inti bumi ini memiliki ketebalan sekitar 3.500 km.  Pada inti bumi ini lah grativitas serta aktivitas magnetik di bangkitkan, selain itu pada lapisan ini menjadikan pusat massa pada bumi.  Pada inti bumi ini memiliki suhu yang sangat tinggi yaitu 6000 derajat celcius. Lapisan bumi ini terdiri atas besi dan hanya nikel. Inti bumi di bedakan menjadi dua bagaian utama yaitu inti luar dan inti dalam. Pada inti luar terbentuk dari besi cair, inti luar memiliki ketebalan 2.000 km dan suhunya mencapai 3.800 derajat celcius. Sedangkan pada inti dalam merupakan pusat bumi. Pada inti dalam ini berbentuk bola dengan diameter 2.700 km.  Pada pusat bumi ini memiliki suhu sebesar 6000 derajat. Lalu inti bumi ini tersusun besi dan nikel.

Nah sekarang anda sudah tau apa saja lapisan dari bumi beserta karekter dan kandungannya. Pada sifat fisikia inilah seorang ilmuan bisa tahu kandungan dan kedalam. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *