Home >> Teknologi >> Yuk Ketahui Apa Saja Jenis Dari Stabilizer Listrik

Yuk Ketahui Apa Saja Jenis Dari Stabilizer Listrik

Apakah anda sudah tahu apa itu stabilizer? Stabilizer merupakan Perangkat output yang berfungsi untuk menyetabilkan tegangan arus listrik yang naik turun pada perangkat elektronik, Jadi tugas dari stabilizer adalah menyetabilkan perangkat elektronik. Perangkat elektronik yang di maksud adalahh televisi, komputer, kulkas dan masih banyak lagi. Perangkat perangkat elektronik tersebut tersusun atas komponen dengan jumlah yang tidak sedikit. Komponen tersebut memilki berbagai bentuk dari yang kecil sampai yang dengan yang besar, komponen tersebut peka terhadap gangguan dari luar seperti tidak stabilnya arus listrik, apalagi pada komponen yang memiliki ukuran relative kecil akan lebih sensitive dengan gangguan gangguan pada listrik. Nah dengan menambahkanya stabilizer pada perangkat elektronik anda, arus listrik akan lebih stabil dan membuat perangkat elektronik anda menjadi lebih awet karena tidak ada gangguanya pada tegangan listrik. Gangguan pada tegangan listrik pun biasanya di sebabkan oleh pencurian listrik, terkena hambatan mendadak pada kabel listrik, perubahan cuaca dan juga petir. Jadi dengan di tambahkanya stabilizer gangguan gangguan tersebut akan teratasi dan terselesaikan. Dan bagi anda yang tertarik mau memasang stabilizer pada perangkat elektronik anda, sebaiknya memahami jenis jenis stabilizer terlebih dahulu agar tidak salah pilih pada saat membelinya. Dan berikut saya akan mengulas beberapa jenis jenis stabilizer listrik, dan berikut  macam macam stabilizer listrik, antara lain:

Jenis Jenis Stabilizer listrik

  1. Stabilizer Sarvo Motor

    Stabilizer Listrik Sarvo Motor

Untuk jenis yang pertama adalah stabilizer Sarvo/ Motor, pada stabilizer ini mudah kita jumpai di pasaran. Komponen utama dari stabilizer ini adalah gulungan dynamo (motoran),fungsi dari gulungan tersebut sebagai fungsi utama. Sehingga jika terjadi gangguan arus listrik dari sumber utama gulungan dynamo (motoran) akan bekerja menjadikan listrik seperti semula. Keunggulan dari stabilizer jenis motor ini adalah haranya yang relative murah, selain itu fluktasi dari stabilizer motor ini cukup tingi jika di bandingkan dengan tipe lainya tidak itu saja stabilizer ini di lengkapi dengan filter. Namun stabilizer jenis ini memiliki respone time yang cukup lama untuk menormalkan arus listrik sekitar 1-2 detik, dan juga membutuhkan carbon brush untuk pengerjaanya. Jadi pada stabilizer sarvo ini maintenance jika carbon brush nya habis. Pada umunya untuk pergantian carbon setelah 2-3 tahun. Jangan khawatir, carbon brush ini memiliki harga yang terjangkau dan mudah kita temukan di pasaran.

  1. Stabilizer Relay

    Stabilizer Listrik Relay

Seperti namanya stabilizer ini menggunkan Relay sebagai komponen utama dalam stabilizer. Ksetabilan dari stabilizer ini bekisar 5% dan eraksi yang di capai sangat cepat dan tinggi. Namun pada stabilizer jenis relay ini tidak di lengkapi dengan filter seperti stabilizer sarvo motor.

  1. Stabilizer Digital Control

    Stabilizer Listrik Digital Control

Stabilizer Digital Control ini merupakan  menggabungkan system kerja relay dan triac (transitor) untuk menjaga tegangan listrik.  Untuk system stabilizer jenis ini lebih baik jika di bandingkan stabilizer sebelumnya yaitu relay, karena di lengkapi filer dan juga memiliki gabungan system kerja. Dengan di lengkapinya filter membuat stabilizer ini dapat menyaring gangguan listrik.

  1. Stabilizer Ferro Resonant

    Stabilizer Listrik Ferro-Resonant

Stabilizer terakhir ini adalah jenis Stabilizer yang paling handal dan mengunkan teknologi yang paling tinggi di bandingkan semua jenis stabilizer. Stabilizer ferro ini menggunakan capacitor dan isolation transformer sebagai system kerjanya. Stabilizer ini sangat handal dalam mengatasi tegangan naik turun, selain itu stabilizer ini juga dapat melindungi  peralatan dari noise, spike, sag dan surge. Respon time yang di butuhkan stabilizer ini hanya 0,5 detik fantastis bukan?. Namun stabilizer ferro resonant ini memiliki harga yang selangit bisa jadi 2 kali lipat dari stabilizer sarvo motor. Meskipun harganya mahal namun kualitas yang di berikan sangatlah bagus.

Nah itu tadi jenis jenis stabilizer, sekarang anda memiliki wawasan lebih luas terhadap stabilizer, dan sekarang anda sdah bisa menentukan stabilizer sesuai dengan kebutuhan sebelum membeli. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *