Home >> Teknologi >> Komputer >> Windows XP, Bagian dari Sejarah Sistem Operasi Windows
Microsoft Windows XP

Windows XP, Bagian dari Sejarah Sistem Operasi Windows

Bagi Anda yang sudah lama bergulat dengan dunia komputer dan mengoperasikan komputer, tentunya Anda tidak akan merasa asing dengan nama Windows XP ini. Ya, nama tersebut adalah nama dari sebuah sistem operasi Windows yang memiliki basis grafis, yang memang dibuat oleh Microsoft. Biasaya, sistem opersi Windos yang satu ini lebih sering digunakan untuk komputer pribadi yang di dalamnya termasuk komputer rumah, media center dan juga laptop. Nama XP sendiri merupakan nama yang diambil dari kata Experience, dimana sistem ini merupaka sistem lanjutan dari Windows Me dan juga Windows 2000 Professional.

Bisa dikatakan bahwa sitem operasi Windows XP ini merupakan sistem operasi pertama dari Microsoft yang dibuat dengan orientasi terhadap konsumen. Selain itu, sistem Windows yang satu ini juga dibangun di atas sebuah kernel dan juga dari arsitektur Windows NT. Sebagai informasi untuk Anda, sistem windows yang satu ini pertama kali dirilis ke pasaran pada tanggal 25 Oktober 2001 yang lalu. Tentunya, sudah banyak sekali orang yang menggunakan salinan aplikasi dari Windows yang satu ini. Seperti yang sudah pernah diberitakan bahwa sistem Windows yang satu ini digunakan lebih dari 400 juta salinan instalasi pada tahun 2006 silam, tepatnya pada Januari tahun itu. Angka tersebut merupakan sebuah angka yang melampaui perkiraan dari analis IDC sebelumnya.

Ada beberapa jenis dari Windows XP yang bisa kita temukan dalam sejarah pengembangannya. Yang pertama yaitu sistem Home Edition. Dalam versi ini, targertan dari pengguna sistem yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah mereka, para pengguna komputer rumahan. Ada juga versi Professional, yang di dalamnya bisa kita temukan beberapa fitur tambahan yang berbeda dari versi Home Edition. Adanya vitur-vitur tersebut bisa membantu pengguna komputer untuk mendapatkan beberapa fitur tambahan seperti dengan adanya fitur pendukung untuk domain Windows Serve dan juga adanya dua prosesor fisik. Selain itu, XP Professional ini memang sengaja ditagetkan untuk mereka, para pebisnis dan juga klien, serta pasar power user.

Karena sistem operasi Windows yang satu ini masih dibangun dengan dasar arsitektur Windows NT, sistem operasi ini dikenal juga dengan dukungan stabilitas yang cukup baik, begitu pula dengan efisiensi penggunaannya. Apalagi, jika sistem ini dibandingkan dengan Windows 9x. Tampilan dari sistem operasi XP juga bisa dikatakan bahwa lebih baik dan lebih user-friendly, karena adanya tampilan yang lebih nyaman untuk dilihat. Seiring dengan berkembangnya jaman, penggunaan sistem Windows yang satu ini pun digantikan oleh sistem Windows yang baru, yang tidak lain dan tidak bukan adalah sistem Windows Vista. Tentunya, bagi Anda yang sudah cukup lama menggunakan komputer, Anda pernah merasakan sistem operasi Windows XP ini, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *