Home >> Gaya Hidup >> Waspadai Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Jantung Koroner
Hati-Hati Jantung Koroner
Hati-Hati Jantung Koroner

Waspadai Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Jantung Koroner

Jantung koroner? Tentu sebuah penyakit yang sangat membahayakan, sebuah penyakit yang menyerang organ penting dalam tubuh. Terlebih penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menyebabkan kematian baik itu pria ataupun wanita. Sebenarnya penyakit ini  terjadi karena pembuluh arteri yang bertugas memasok darah menuju jantung mengeras dan menyempit, sehingga akan menyebabkan penumpukan kolestrol dan zat lainnya. Tumpukan tersebut jika dibiarkan akan menumpuk dan menyumbat alur aliran darah. Sehingga darah, oksigen, dan pasokan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan jantung dan yang harusnya dapat dipasokkan kedalam jantung menjadi tersumbat, sehingga jantungpun tidak dapat berfungsi normal.

Waspadai Jantunng Koroner
Waspadai Jantunng Koroner

Nah, dalam kegiatan sehari-hari, kita akan banyak melakukan berbagai kegiatan. Tanpa kita sadari kegiatan tersebut bisa jadi memacu datangnya penyakit, termasuk penyakit jantung koroner yang sangat mematikan. Nah, seperti yang sudah dibahas diatas bahwa jantung koroner terjadi karena pembuluh arteri yang mengeras dan menyempit. Nah, tentunya kalian tidak mau kan jika sampai terkena penyakit yang mematikan tersebut? Maka dari itu, simak kebiasaan dibawah ini yang dapat menyebabkan penyakit jantunng koroner

  • Kebiasaan merokok

Merokok, sebuah kebiasaan yang tidak sehat. Karena apa? Mereka mau-maunya menghisap racun. Kenapa bisa racun? Karena didalam batang rokok terdapat ratusan senyawa kimia yang dapat merusak jaringan pembuluh darah, yang merupakan awal mula ldatangnya penyakit jantung koroner. Sebuah penelitian menyatakan bahwa 1 bungkus rokok perhari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung 60% dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Maka dari itu matikan rokok sebelum rokok mematikanmu.

Matikan Rokok Sebelum Rokok Mematikan Kamu
Matikan Rokok Sebelum Rokok Mematikan Kamu
  • Jarang melakukan olahraga

Olahraga adalah aktifitas yang dapat mendorong tubuh anda guna membakar banyak lemak jahat yang menyumbat arteri, sehingga peredaraan darah menuju jantungpun akan menjadi lancar. Agar terhindar dari berbagai penyakit, maka lakukanlah o

Berolahraga Buat Hidup Lebih Sehat
Berolahraga Buat Hidup Lebih Sehat

lahraga ringan setiap hari. Misalnya berjalan kaki 30 menit setiap hari ataupun bersepeda selama 1 jam perhari, dapat membuat peredaran darah tubuh anda menjadi lancar.

  • Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat dapat mengundang berbagai ppenyakit, dan salah satunya adalah jantung koroner. Gaya hidup yang tidak sehat salah satunya adalah sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat (junk food) yang banyak sekali mengandung lemkak jahat yang susah sekali dicerna oleh tubuh, sehingga lemak itu akan mengendap dan membuat peredaran darah menjadi terganggu. Dan aktifitas jantungpun secara otomatis juga akan terganggu. Maka dari itu hindari gaya hidup yang tidak sehat agar penyakit-penyakit itu tidak mudah menyerang tubuh kalian dengan mudah.

Hindari Makanan Siap Saji
Hindari Makanan Siap Saji
  • Jarang atau bahkan tidak pernah mengkonsumsi serat

Serat sangat berperan penting bagi pencernaan tubuh. Karena apa? Serat dapat mengikat lemak jahat yang hendak masuk ke lambung. Maka dari itu biasakan untuk banyak mengkonsumsi sayur maupun buah yang berserat, agar produksi lemak yang berlebihan dan mengganggu tubuhpun bisa teratasi.

Makanan Berserat Bantu Memenuhi Kebutuhan Tubuh
Makanan Berserat Bantu Memenuhi Kebutuhan Tubuh
  • Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat

Tahukah kamu bahwa mengkonsumsi karbohidrat berlebihan akan berubah menjadi lemak dan bahkan konsumsi lemak berlebihan dapat menyebabkan obesitas. Dimana secara otomatis jantungpun akan terkena dampaknya. Maka dari itu hindari mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak.

Jangan Berlebihan Makan Karbohidrat, Awas Obesitas!
Jangan Berlebihan Makan Karbohidrat, Awas Obesitas!
  • Kurang tidur

Tidur merupakan waktunya tubuh melakukan regenerasi pada sel-sel nya, sehingga bisa memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Kelebihan tidur juga tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, tidurlah dengan waktu yang normal, yaitu 7-9 jam. Jika kurang atau lebih dari waktu tersebut, metabolisme dalam tubuh akan terganggu, misalnya irama jantung akan bermasalah, juga aliran darah akan terganggu.

 Jaga Pola Tidur, Agar Hidup Lebih Sehat
Jaga Pola Tidur, Agar Hidup Lebih Sehat
  • Kurang minum air

80 % dari tubuh kita terdiri dari air. Banyak sekali manfaat air bagi kesehat, salah satunya adalah bisa menetralisir racun dalam tubuh, sehingga bisa terbuang melalui keringat ataupun air seni. Maka dari itu memperbanyak mengkonsumsi air putih dapat bermanfaat bagi kesehatan.

1000 Manfaat Air Putih
1000 Manfaat Air Putih

Nah, itulah kebiasaan yang tidak kita sadari dapat menyebabkan datangnya penyakit jantung koroner. Maka dari itu hindarilah kebiasaan tidak sehat diatas. So, mulailah hidup sehat. Karena sehat itu mahal harganya.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat untuk anda!

About Lina Istiqomah

Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *