Home >> Sastra dan Budaya >> Unsur Instrinsik Dalam Cerpen
Unsur Instrinsik Dalam Cerpen
Unsur Instrinsik Dalam Cerpen

Unsur Instrinsik Dalam Cerpen

Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karangan atau menulis ulang sebuah peristiwa yang tidak terlalu panjang seperti novel. Cerpen di bagun oleh dua unsur yaitu unsur ekstrinsik dan unsur instrinsik. Unsur ekstrinsik adalah unsur yang dibagun dari luar cerita itu sendiri sepeti latar belakang masyarakat ataupun penulis dan nilai yang terkandung pada cerita. Sedangkan unsur instrinsik adalah unsur yang di bagun dari dalam cerita itu sendiri. Di banding dengan ekstrinsik, unsur innstrinsik ini memiliki penjabaran yang lebih banyak seperti: tema, latar belakang, tokoh serta penokohan, gaya bahasa, sudut pandang, alur dan amanat. Untuk pertemuan kali ini saya akan condong membahas unsur instrinsik, karena cerpen biasanya lebih dominan unsur instrinsik.

Unsur Instrinsik Cerpen
Unsur Instrinsik Cerpen

Dan berikut unsur instrinsik dari cerpen diantaranya:

Unsur Instrinsik Dalam Cerpen

  1. Tema

Tema adalah pokok pikiran atau ide dasar yang di gunakan dalam cerita pendek tersebut. Tema ini sangat penting dalam sebuah cerpen karena tema merupakan pokok pikiran apa nanti yang akan diceritakan. Jadi sebelum membuat cerita pendek pasti si pengarang memnentukan tema terlebih dahulu agar nanti saat proses pembuatan cerpen tidak binggung atau kehabisan apa yang lagi dibahas. Tema bisa di jadikan judul namun judul tidak bisa di jadikan tema, di karnakan judul merupakan anak dari tema. Biasanya judul dibuat lebih menarik dari tema hal tersebut bertujuan agar pembaca tertarik dan ingin tau bagaimana cerita pendek tersebut.

  1. Latar Belakang

Latar belakang adalah latar dari sebuah cerita yang tengah terjadi. Latar belakang terdiri 3 bagaian yaitu latar tempat, latar waktu dan latar suasana. Latar tempat adalah tempat terjadinya kejadian dalam cerita. Biasanya di hutan, gunung, sungai pokonya tergantung cerita tersebut terjadi di mana. Sedangkan latar waktu adalah waktu cerita pada cerpen, contohnya malam, sore, siang, pagi intinya waktu yang tengah terjadi pada cerita tersebut. Dan yang terakhir latar suasana, latar suasana adalah suasana yang tengah dialami pada cerita tersebut. Misalnya senang, sedih, ceria, bahagia dan banyak lagi.

  1. Tokoh Dan Penokohan

Perlu anda ketahui bahwa tokoh sama penokohan itu berbeda. Tokoh adalah pelaku atau orang yang terlibat pada cerita. Sedangkan penokohan merupakan pemilihan sifat atau watak yang di lakukan  dalam cerita.

Tokoh terdiri atas 4 macam antara lain

  • Protagonis : merupakan tokoh utama yang memiliki sifat baik
  • Antagonis : merupakan tokoh yang memiliki sifat jahat
  • Tritagonis : merupakan tokoh yang berperan sebegai penegah yang biasanya bersiafat bijaksana
  • Figuram : merupakan tokoh pembantu dalam cerita
  1. Gaya Bahasa

Gaya bahasa merupakan ciri khas dari si pengarang. Contohnya penggunaan majas, diksi dan pemilihan kalimat.

  1. Sudut Pandang

Sudut pandang adalah bagaimana pengarang menyampaikan ceritanya. Sudut pandang sendiri terdiri atas 2 macam

  • Sudut pandang orang pertama: sudut pandang pertama biasanya aku, saya. Sudut orang pertama ini memiliki dua macam yaitu “aku” dari si tokoh utama dan “aku” dari si tokoh pembantu.
  • Sudut pandang orang ketiga: sudut pandang orang ketiga ini terdiri atas mereka, kalian.

Tahukah anda mengapa sudut pandang orang kedua tidak di ikutkan karena sudut pandang orang kedua merupakan pembaca.

  1. Alur

Unsur instrinsik selanjutnya adalah alur. Alur merupakan  urut urutan dari cerita tersebut. Alur sendiri terdiri atas 3 macam

  • Alur Maju

Alur maju merupakan runtutan alur pada cerita yang menceritakan dari awal sampai akhir, contohnya dalam cerita tersebut pengarang menceritakan dari perkenalan, situasi dan sampai ending.

  • Alur Mundur

Alur mundur adalah pengarang menceritan ke flashback ke masa lalu.

  • Alur Campuran

Alur campuran merupakan gabungan dari alur maju dan mundur. Jadi pengarang menceritakan alur maju dan di tengah tengah cerita pengarang menyisipkan flashback dan sebaliknya.

  1. Amanat

Dan unsur instrinsik yang terakhir adalah amanat. Amanat adalah pesan pesan moral yang disampaikan penulis kepada pembaca. Dengan membaca cerpen tersebut pembaca akan menangkap pesan apa yang disampaikan dari cerita tersebut. Biasanya pesan yang disampaikan positif.

Nah itu dari macam macam dari unsur instrinsik, jadi setiap cerpen di dalamnya akan mengandung unsur istrinsik dan unsur ekstrinsik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.