Home >> How To >> Tips Merawat Furnitur Rotan Supaya Awet
Merawat Furnitur Rotan
Merawat Furnitur Rotan

Tips Merawat Furnitur Rotan Supaya Awet

Rotan adalah salah satu bahan furnitur yang menarik untuk memperindah dekorasi interior rumah. beberapa furnitur yang menggunakan bahan rotan seperti meja, kursi, pot, keranjang dan lain sebagainya.

Rotan bisa memberikan kesan yang klasik namun tetap elegan mengisi interior rumah. rotan yang bisa dibentuk sedemikan rupa banyak diminati orang sebagai furnitur utama mereka. Konsep rumah hijau hingga bahkan konsep rumah mewah modern juga bisa dipadu padankan dengan furnitur rotan untuk membuatnya semakin indah dan unik.

Furnitur rotan biasanya dibuat seperti anyaman. Yang unik dari furintur rotan ini adalah motif dari anyamanya. Semakin detail motifnya maka furnitur rotan juga akan semakin menarik.

Namun sayangnya, furnitur rotan apabila tidak dirawat dengan baik tidak akan bisa bertahan lama. Bagi anda yang sayang dengan furnitur rotan anda dan ingin furnitur rotanya awet berikut ini tips merawat furnitur rotan supaya awet:

  1. Bersihkan funitur rotan dari debu yang menempel dengan lap kering
  2. Jangan menggunakan bahan kimia yang tidak aman karena bisa merusak struktur rotan
  3. Hindari menaruh furnitur rotan dari panas matahari secara langsung. Panas matahari bisa membuat warna rotan menjadi pudar. Rotan juga akan mengering dan mudah rusak. Jika warna rotan sudah memudar bisa mengecatnya kembali agar warnanya cantik lagi.
  4. Semprotkan cairan kamper untuk menghindari rayap atau serangga lain yang bisa merusak rotan. Atau bila ditemukan lubang rayap di sekitar furnitur rotan gunakan minyak tanah untuk mengusir rayap tersebut.

Furnitur rotan sebaiknya di taruh di dalam rumah agar rotan tidak mudah rusak oleh perubahan cuaca. Perubahan cuaca baik panas ataupun hujan bisa merusak struktur rotan. Jika rotan sudah rusak, maka mau tidak mau rotan tersebut harud diganti dengan rotan yang baru.

Merawat furnitur rotan supaya awet juga tidak terlalu susah. Asalkan rutin dibersihkan, diletakan ditempat yang terlindung dari panas dan hujan dan dijauhkan dari serangga atau rayap maka furnitur rotan tersebut bisa tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *