Home >> Advertisement >> Tips Menjadi Smart Traveller saat Berwisata
Traveler mandiri – sumber gambar : skycapnews.com
Traveler mandiri – sumber gambar : skycapnews.com

Tips Menjadi Smart Traveller saat Berwisata

Saat liburan tiba, berwisata adalah kegiatan paling menarik dan paling tepat untuk mengisi liburan tersebut. Apalagi jika liburan tersebut berlangsung dalam waktu yang lama. Menghibur diri dan memuaskan diri dengan mengunjungi tempat-tempat yang selama ini kamu impikan bisa menjadi pengalaman tak terlupakan yang akan membuatmu bahagia. Akan tetapi, adakalanya berwisata terasa begitu mengecewakan karena kita tidak pandai dalam memilih dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan saat liburan.

Untuk menghindari agar perjalanan wisata membosankan dan berakhir mengecewakan, ada beberapa tips menjadi smart traveler saat berwisata yang bisa kamu jadikan sebagai panduan. Berikut adalah diantaranya.

Traveler mandiri – sumber gambar : skycapnews.com
Traveler mandiri – sumber gambar : skycapnews.com

Jadilah traveler yang mandiri

Melakukan segala sesuatunya sendiri mulai dari mencari tiket pesawat, memesan kamar hotel melalui agen travel online, memilih destinasi wisata sendiri, hingga menentukan sendiri moda transportasi yang akan digunakan saat berwisata akan jauh lebih menyenangkan dibandingkan dengan apabila perjalanan wisata tersebut diatur oleh orang lain.

Yang pasti, apabila kamu rencanakan dengan matang, maka hasilnya akan sangat memuaskan dan lebih berkesan buatmu.

Jangan lupa mengecek prakiraan cuaca

Cek prakiraan cuaca – sumber gambar : tapsmart.com
Cek prakiraan cuaca – sumber gambar : tapsmart.com

Kamu pasti nggak pengen kalau liburanmu berabe hanya gara-gara cuaca tidak bersahabat, mendung, dan hujan terus-menerus saat sampai di tempat liburan. Kondisi cuaca tidak boleh dianggap remeh karena bisa membuat rencana liburan menjadi berantakan. Salah satu tips yang tidak boleh kamu lupakan sebelum memilih tanggal dan waktu untuk berlibur adalah, cek terlebih dahulu prakiraan cuaca di tujuan liburan. Dengan begitu kamu bisa memilih saat-saat dimana cuaca cerah dan menjanjikan.

Booking hotel melalui agen online

Saat ini, ada banyak agen travel online yang cukup profesional serta menawarkan berbagai kemudahan, termasuk juga menawarkan diskon dan voucher untuk perjalanan maupun hotel.

Booking hotel via online travel agen (OTA) – sumber Gambar : accomnews.com.au
Booking hotel via online travel agen (OTA) – sumber Gambar : accomnews.com.au

Tidak hanya itu, keuntungan memesan secara online terutama pada saat high season dan peak season adalah, kita tidak perlu khawatir akan tidak mendapatkan kamar. Apalagi, memesan kamar lebih awal akan memberikan kita kesempatan memilih mendapatkan kamar hotel yang sesuai dengan keinginan.

Traveling ramai-ramai

Melakukan perjalanan sendiri tanpa teman seringkali berakhir mengecewakan karena biaya yang akan kita keluarkan jauh lebih banyak terutama apabila harus menyewa kendaraan, menyewa villa, dan lain-lain.

Berbeda halnya apabila kamu pergi traveling beramai-ramai, sehingga kamu berkesempatan menyewa secara patungan baik kendaraan maupun tempat menginap.

Hunting hotel murah dengan fasilitas lengkap

Mengecek satu persatu hotel-hotel untuk menanyakan harga dan ketersediaan kamar bukanlah cara yang efektif. Sebaliknya, di zaman modern ini kita bisa memanfaatkan aplikasi di smartphone atau gadget untuk mengecek ketersediaan kamar hotel yang ditawarkan dengan harga murah sekaligus yang memiliki fasilitas lengkap.

Salah satu tempat di mana kamu bisa mengecek adalah di situs agen travel online (OTA) atau melalui aplikasi-aplikasi di Google Play (Android) atau Apps Store (iOS).

Buat jadwal kunjungan wisata

Kalau waktu liburanmu sangat singkat, membuat jadwal kunjungan wajib kamu lakukan agar tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di salah satu objek wisata yang akan membuatmu tidak sempat mengunjungi tempat-tempat yang lainnya. Dengan jadwal yang pasti dan teratur, liburanmu akan terasa lebih sempurna.

Berburu diskon dan voucher

Agen travel online seringkali menawarkan diskon dan voucher untuk hotel. Kesempatan ini jangan sampai kamu lewatkan. Karena ini merupakan salah satu cara yang bisa kita manfaatkan untuk menekan biaya dan pengeluaran perjalanan wisata.

Jangan lupa mendaftarkan email-mu di situs agen online untuk mendapatkan penawaran langsung berupa diskon maupun voucher.

Berwisatalah sebelum anak berusia 2 tahun

Kalau kamu saat ini punya keuarga baru (anak) dan ingin berwisata, cobalah merencanakan perjalanan wisata sebelum anak berusia 2 tahun. Karena anak di bawah usia 2 tahun tidak harus membayar tiket pesawat. Merupakan sebuah keuntungan untuk menekan biaya perjalanan.

Pesan hotel lebih dini saat peak season

Ketika musim liburan nasional maupun internasional tiba, kunjungan wisata akan membludak. Pada saat itu, mencari tiket pesawat maupun mencari hotel atau tempat penginapan akan menjadi sangat sulit. Jika kamu merencanakan liburan pada saat-saat tersebut, ada baiknya kamu memesan hotel beberapa minggu atau beberapa bulan sebelumnya agar tidak kehabisan.

Sama seperti beberapa tips di point-point sebelumnya, sebaiknya manfaatkan saja beberapa aplikasi yang disediakan oleh agen online karena akan sangat memudahkan, efektif, dan efisien.

Berhati-hatilah saat mendapati hotel murah

Pada saat kamu hunting hotel, yang pasti kamu akan mengecek beberapa website, atau aplikasi agen travel online. Dan jika kamu menemukan kamar hotel yang ditawarkan dengan harga murah, jangan mudah tergiur. Pastikan kamu membaca keterangannya terlebih dahulu sebelum memesan. Karena ada beberapa kamar hotel yang tampaknya lebih murah dibandingkan dengan yang lain akan tetapi belum termasuk biaya pajak dan lain-lain. Yang kadang-kadang kalau ditotal akan lebih mahal dibandingkan dengan yang memberikan harga all-in-one.

About Ali Mustika Sari

Anak Desa Yang Haus Akan Ilmu Dunia dan Akhirat. Berusaha Menjadi Anak Yang Berbakti Pada Orang Tua dan Bisa Memuliakan Dunia Akhirat. Mengais Rejeki Di Di Kota. " Anak Desa Rejeki Kota "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *