Home >> Buah Buahan >> Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah
Menanam Buah Naga

Tips Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Buah naga merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat sehingga membuat banyak petani berisiniatif untuk menanam atau berbudidaya buah naga. Harga buah naga sekarang masih relatif mahal dan juga menjadi daya tarik tersendiri sehingga menjadi banyak orang yang ingin menanamnya.

Biasanya buah naga ini ditanam di halaman depan rumah untuk dijadikan tanaman hias mini atau juga bisa ditanam di halaman belakang rumah. Tetapi untuk para petani lebih memilih untuk menanam di lahan yang lebih luas yaitu di sawah atau pekarangan yang khusus dibuat untuk menanam buah naga agar saat penen hasilnya lebih melimpah.

Ternyata menanam buah naga ini cukup mudah karena tidak membutuhkan teknik khusus untuk menanam buah naga ini. Tanaman buah naga yang sering digunakan untuk menanam yaitu buah naga yang memiliki warna kulit merah, pada bagian dagingnya memiliki warna putih dengan biji-biji halus yang berwarna hitam.

Ada beberapa cara untuk menanam buah naga yang bisa kalian lakukan dirumah. Kalau kalian ingin menikmati buah naga gratis kalian bisa menanam sendiri di halaman rumah tanpa harus membelinya, maka kalian bisa menanam buah naga pada pot yang sekaligus bisa kalian jadikan sebagai hiasan di depan rumah. Caranya menanam buah naga yaitu:

  1. Siapkan pot terlebih dahulu, ada beberapa macam jenis pot yang tersedia di pasar mulai dari pot bahan semen, plastik, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Untuk menanam buah naga, kalian hanya membutuhkan pot yang terbuat dari tanah liat, karena buah naga ini membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang hari sampai ke malam dalam proses pembungaan. Semakin besar ukuran pot maka akan semakin baik, kalian bisa menggunakan pot yang minimal berdiameter 40 cm.
  2. Siapkan tiang panjatan, karena buah naga ini membutuhkan tiang penopang untuk menahan beberapa cabang produksi agar tidah roboh. Saat penanaman pertama membutuhkan tiang penopang yang nantinya akan dililit oleh beberapa pohon buah naga. Carilah tiang panjatan yang kuat yang terbuat dari besi atau kayu yang kokoh.
  3. Menyiapkan tempat tanam, kalian bisa menyiapkan tempat untuk menanam buah naga yaitu dengan pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Setelah semuanya siap, kalian bisa menyiramnya dengan air sampai keadaan jenuh. Biarkan kurang lebih selama sehari semalam sebelum kalian mulai menanam buah naga.
  4. Pemilihan dan penanaman bibit, kalian bisa memilih bibit dari batang yang besar dan juga yang sudah tua, pastikan bibit ini bebas dari penyakit. Pilihlah batang atau cabang tanaman yang sudah pernah berubah 3-4 kali. Agar hasil produksinya lebih cepat dan sudah ketahuan hasil buah terdahulu. Biasanya bibit buah naga ini memiliki panjang ideal 30 cm dan ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm. Setelah kalian menanam buah naga, tetekan sedikit tanah yang ada di sekitar bibit agar tidak mudah roboh. Setelah itu siram dengan air lalu letakkan pot di tempat terbuka dan juga terkena sinar matahari secara langsung.

Masalah yang Sering Terjadi Saat Menanam Buah Naga

Setiap budidaya menanam memang selalu ada hambatan atau masalah yang terjadi, baik dari proses menanam atau perawatan saat terjadi pembuahan. Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi saat menanam buah naga dan cara mengatasinya.

  • Pertumbuhan tunas atau batang buah naga terlalu lambat dan lama
  • Buah naga lama berbuah
  • Buah naga berbunga tetapi tidak pernah jadi buah
  • Saat berbuah selalu gagal karena busuk dan gugur

Cara Pemupukan Agar Tunas Buah Naga Cepat Tumbuh dan Panjang

Untuk mempercepat proses tumbuhnya tunas buah naga, kalian harus melakukan pemupukan. Kalau kalian menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang maka pupuk yang tepat yaitu pupuk dari kotoran ayam. Kalau kalian menggunakan pupuk kemasan, pilihlah pupuk yang mengandung unsur N yang lebih tinggi dari pada P dan K.

Cara Pemupukan Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Kalian bisa melakukan pemupukan buah naga ini saat sudah tumbuh dewasa. Kalau kalian menggunakan pupuk kandang, maka pupuk yang tepat yaitu pupuk dari kotoran kambing, atau kalian bisa menggunakan pupuk kemasan. Carilah pupuk yang memiliki unsur P yang lebih tinggi dari pada N.

Cara Mengatasi Buah Naga yang Gagal Berbuah

Buah naga membutuhkan penyerbukan agar bisa berubah. Kalau tidak ada lebah untuk penyerbukan bunga maka kalian harus melakukan penyerbukan manual yang harus dilakukan dengan cara mengawinkan bunga buah naga. Cara untuk mengatasi busuk dan gugur pada bunga kalian bisa memberikan KNO3 barulah mulai muncul bakal bunga.

Gunakan Pupuk Kandang yang Kering

Untuk menggunakan pupuk kandang, gunakanlah pupuk kandang yang sudah kering atau matang. Itulah yang nantinya membuat akan lebih baik lagi jika difermentasi lebih dulu.

Kini kalian sudah memiliki tanaman buah naga di halaman rumah, sekarang yang harus akalian lakukan yaitu perawatan dan pemeliharaan tanaman buah naga agar dapat berkembang dengan baik. Yang harus kalian perhatikan yaitu pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak di perlukan, pastikan juga bibit buah naga menempel pada tiang penyangga dengan cara mengikat menggunakan tali rafia atau kawat. Saat mengikat jangan terlalu kencang agar tidak berpengaruh pada pertumbuhan saat sudah menjadi besar.

Untuk menanam buah naga pada sawah atau kebun juga tidak jauh berbeda dengan cara diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *